Wisata Menarik Desa Pentingsari, Yogyakarta Yang Sangat Populer

dailyxpressnews.com – Berkunjung ke Yogyakarta tidak jauh-jauh dari hutan pinus, pantai atau Malioboro, buat kamu yang bosan berkunjung ke tempat-tempat tersebut bisa berkunjung ke tempat wisata lain di Yogyakarta yang tidak kalah menarik. Salah satunya yaitu Desa Pentingsari, di sini kamu tidak hanya menikmati keindahan desanya saja, namun ada banyak hal menarik menarik yang bisa kamu temukan di desa ini. Jika sedang berkunjung ke Yogyakarta, coba rasakan wisata menarik desa Pentingsari, tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja, desa ini juga populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Wisata Menarik Desa Pentingsari Yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata-Menarik-Desa-Pentingsari

  1. Pemandangan Indah Khas Lereng Gunung Merapi
    Yang pertama kamu bisa menikmati pemandangan indah dari Lereng Gunung Merapi, desa wisata Pentingsari sendiri terletak sekitar 11 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Kamu harus menempuh jarak sejauh 22,5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, sesuai dengan letaknya kamu bisa membayangkan pemandangan hijau yang indah khas pegunungan, desa ini memiliki perjalanan cukup panjang sebelum berkembang seperti sekarang ini. Masyarakat setempat ini masih mempertahankan kearifan lokal dan gotong royong, desa ini dirintis sejak tahun 2008 dan mampu memberdayakan masyarakat dalam kurn waktu enam tahun. Tidak hanya mengandalkan pemandangan yang indah, tapi juga banyak aktivitas menarik yang wajib kamu coba, rasakan keseruan kehidupan di pedesaan.
  2. Bisa Menikmati Kehidupan Pedesaan Ala Yogyakarta
    Wisata menarik desa Pentingsari yang selanjutnya kamu bisa menikmati kehidupan pedesaan ala Yogyakarta. Desa Pentingsari mengangkat tema Desa Wisata, budaya dan Pertanian yang Berwawasan Lingkungan, sesuai dengan tema tersebut, pengunjung akan mendapatkan pengalaman mengesankan. Karena bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat, alam hingga seni budaya, selain itu ada sejumlah kegiatan yang ditawarkan dan sudah difasilitasi dengan lengkap. Kamu bisa menginap sehari semalam hingga mengambil paket kegiatan selama 4 hari 3 malam, yang pasti dijamin akan membuat kamu makin puas merasakan suasana pedesaan ala Yogyakarta yang menarik. Tidak perlu khawatir karena di sini sudah ada homestay yang bikin kamu semakin dekat dengan warga lokal, makanan khasnya juga lezat-lezat.
  3. Pengunjung Akan Disambut Dengan Tari Tradisional Jawa
    Hal menarik yang selanjutnya yaitu pengunjung akan disambut dengan tari tradisional Jawa, kekayaan seni budaya dapat kamu rasakan pertama kali datang ke Desa Wisata Pentingsari ini. Jika berkunjung kamu akan disambut dengan Tari Punakawan, dalam budaya Jawa, Punakawan merupakan pengikut ksatrian dalam tokoh pewayangan, penarinya ada empat orang sesuai dengan tokoh punakawan. Para penari akan memiliki perawakan seperti Gareng, Petruk, Semar dan Bagong, jika tertarik kamu juga bisa ikut menari.
  4. Belajar Ternak Hingga Membajak Sawah
    Wisata menarik desa Pentingsari yang selanjutnya kamu bisa belajar teknik hingga membajak sawah di sini bisa jadi aktivitas seru dan menarik. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam dari desa Pentingsari ini, kamu juga dapat menjelajah desa dengan mengendarai Jeep. Jika tertarik ingin mencobanya kamu dapat mengikuti workshop pertanian dan perkebunan, buat kamu yang tertarik ingin meraskan keseruan ternak hewan dan membajak sawah wajib bekunjung ke desa ini. Di sini kamu akan menangkap ikan, membajak sawah, hingga menanam pagi, pastinya akan menambah pengalaman dan sebagai sarana belajar terutama untuk anak-anak, penasaran? Kamu wajib berkunjung ke sini!
  5. Eksplor Seni Budaya Yang Tidak Kalah Menarik
    Selanjutnya di sini kamu bisa eksplor seni budaya yang tidak kalah menarik, setelah puas mengeksplor keindahan alam dan keliling desa, kamu bisa mengenal seni budayanya yang ada di Desa ini. Kamu dapat mencoba gamelan, menari, maupun membatik, kebudayaan tersebut memang sangat lekat dengan masyarakat Jawa, buat kamu yang tertarik ingin mencoba membuat wayang suket, bisa kamu lakukan di sini. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan bersama yaitu kenduri, acara perjamuan makan untuk memperingati peristiwa tertentu, ada juga yang tujuannya untuk meminta berkah, kegiatan seperti ini tentunya sangat menarik jika kamu belum pernah mencobanya. Namun biasanya desa wisata ini akan melakukan kenduri tanpa menunggu peringatan peristiwa tertentu, karena kenduri dimaksudkan untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan Jawa, ada banyak hidangan lezat yang disajikan.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tips Tepat Hadapi Quarter Life Crisis, Yuk Bangkit!

dailyxpressnews.com - Tumbuh menjadi dewasa memang bukan hal yang mudah, gak jarang kita menemukan kenyataan yang tidak sejalan dan terkadang baru disadari ketika menginjak...

Wajib Terapkan! Inilah Berbagai Hal Etika Baik Gunakan Toilet Umum!

dailyxpressnews.com - Kamu yang suka berpergian atau melakukan travelling ke manapun pasti selalu membawa etika yang baik dimanapun kamu berada sebagai basic menor sekalipun...

Manfaat Mengkonsumsi Teratai Untuk Tubuh, Sudah Tahu Belum?

dailyxpressnews.com - Siapa yang tidak tahu teratai, teratai merupakan tanaman akuatik yang biasa tumbuh di kolan atau danau, tanaman ini dikenal karena memiliki bunga...