Wisata Di Blitar Terpopuler, Ada Makam Bung Karno

dailyxpressnews.com – Sedang berkunjung ke Blitar? Jangan lupa mampir ke beberapa wisata di Blitar terpopuler, Blitar memang memiliki destinasi yang cukup lengkap. Mulai dari wisata alam seperti pantai, dataran tinggi hingga wisata sejarah seperti candi hingga monumen dan bangunan bersejarah yang bisa kamu kunjungi saat ke Kota Proklamator ini. Blitar sendiri merupakan kota dimana tempat dimakamkannya tokoh proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia yaitu Bung Karno, jadi tak heran kalau di kota ini memiliki banyak monumen dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Blitar.

Wisata Di Blitar Terpopuler Yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Di Blitar Terpopuler
Makam Bung Karno

Wisata di Blitar pertama yaitu Makam Bung Karno yang menjadi wisata sejarah, kota Blitar ini dikenal dengan tempat dimakamkannya presiden pertama di Republik Indonesia, Soekarno. Makam Soekarno ini berlokasi di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, kompleks makam seluas lebih dari 1,8 hektare ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah bagi masyarakat sekitar dan sudah cukup populer di kalangan masyarakat luar Blitar.

Di sini pengunjung bisa berziarah langsung ke makan presiden RI pertama, Soekarno, tidak hanya berziarah di kompleks pemakaman ini juga berdiri museum dan perpustakan. Museum ini berisi koleksi baju, potret Bung Karno dari masa kecil hingga tua, dan ada juga lukisan Bung Karno yang konon katanya bisa berdetak sendiri seperti jantung manusia.

Wisata Di Blitar Terpopuler
Situs Umpak Balekambang

Wisata di Blitar terpopuler yang satu ini berlokasi di Desa Penataran, Kec. Nglegok, Kabupaten Blitar, berdasarkan dari sejarah, dahulunya Situs Umpak Balekambang merupakan tempat bersemedi para raja dari kerajaan Kediri hingga Majapahit. Situs ini terdiri dari umpak batu yang berjumlah 36 buah, dahulunya situs ini merupakan sebuah balai atau pendopo, ada bebatuan berjajar pada gundukan tanah yang lebih tinggi dengan orientasi ke arah utara. Penasaran bagaimana situs ini? Kamu bisa kunjungi saat liburan nanti.

Wisata Di Blitar Terpopuler
Pantai Tambakrejo

Wisata Blitar juga dihiasi oleh banyak pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya yaitu pantai Tambakrejo yang merupakan salah satu destinasi wisata populer. Letaknya hanya berjarak kurang dari 30 km dari Kota Blitar, ada tiga area utama di pantai ini, yaitu area timur yang memiliki banyak pasir, area tengah yang memiliki banyak batu dan area barat yang merupakan dermaga dari kapal nelayan.

Wisata Di Blitar Terpopuler
Pantai Pasetran Gondo Mayit

Wisata di Blitar terpopuler yang satu ini berlokasi di Gondomayit yang berada di sebelah timur Pantai Tambakrejo, Pantai Pasetran Gondo Mayit ini memiliki panorama yang tidak kalah indah dari pantai yang lainnya. Air laut pantai ini sangat  jernih dan memiliki warna biru yang segar, serta dipercantik dengan pasir putih dan bebatuan karang yang berada di sekitarnya, cocok banget buat kamu yang ingin cuci mata sambil menikmati pantai indah karena pemandangannya yang sangat menakjubkan.

Wisata Di Blitar Terpopuler
Candi Penataran

Wisata Blitar juga memiliki banyak candi yang penuh dengan nilai sejarah, salah satu candi paling megah di Jawa Timur berada di Blitar yaitu Candi Penataran yang lokasinya di lereng barat daya Gunung Kelud, sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Blitar. Candi ini merupakan sekumpulan bangunan kuno yang berjajar dari barat-laut ke timur kemudian berlanjut ke tenggara, candi yang satu ini sengaja dibangun di kawasan dengan latar belakang Gunung Kelud karena memang yang dimaksudkan sebagai tempat untuk menuju gunung. Penasaran dengan kemegahan di candi ini? Jangan lupa mampir kalau lagi di Blitar.

Wisata di Blitar terpopuler
Candi Selotumpuk

Wisata di Blitar terpopuler selanjutnya candi selotumpuk yang lokasinya di Puncak Gunung Batok, Desa Pagerwojo, Kesamben, Blitar. Bentuk bangunan candi ini sudah tidak beraturan seperti tumpukan reruntuhan batu yang mana bebatuan tersusun rapi namun tidak dalam bentuk aslinya. Ini mengapa masyarakat disekitarnya memberikan sebutan Candi Selo Tumpuk yang artinya batu bertumpuk, candi Selotumpuk ini diketahui merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit dan juga candi ini diyakini menjadi salah satu tempat beribadah umat Hindu pada masanya. Kamu sudah pernah berkunjung? Kalau belum wajib kunjungi candi yang satu ini.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Deretan Destinasi Epik Di Wina Untuk Para Fotografer

dailyxpressnews.com - Profesi fotografer ini merupakan hobi yang banyak diminati seseorang dan dituntut untuk mendapatkan gambar bagus. Tidak ada salahnya kalau Destinasi Epik di...

Lamaran Lesti Dan Billar Digelar Secara Mewah Hingga Mobil Plat Keren

Lamaran Lesti dan Billar nampak mewah di Bandung bahkan ada hadiah mobil milyaran yang hadir jelang lamaran. Acara lamaran diselenggarakan di Bandung tepatnya di...

5 Oleh Oleh Dari Wonosobo Terunik Dan Murah Yang Bisa Dicoba

dailyxpressnews.com - Wonosobo adalah kabupaten yang memiliki julukkan kota Bunga dan Wonosobo ini menjadi kabupaten di Jawa Tengah yang sangat populer dengan banyaknya destinasi...