Trik Mendidik Anak Jadi Humoris Dan Supel, Terapkan Hal Ini!

Dailyxpressnews.com – Memiliki sikap yang baik dan bisa disukai oleh semua orang tentunya jadi harapan bagi semua orangtua untuk para anaknya. Hal ini tentunya membuat para orangtua turut mendidik anak-anak secara maksimal agar bisa tumbuh jadi pribadi yang lebih baik, untuk bisa disukai oleh banyak orang salah satu sifat yang harus dimiliki adalah humoris. Untuk mendapatkan sifat ini tentunya harus mengajarkan anak sejak kecil melalui pola didik yang diajarkan oleh orangtua, jika ingin memiliki anak yang humoris dan supel berikut ini beberapa trik mendidik anak agar jadi pribadi yang humoris.

Trik Mendidik Anak Jadi Humoris, Wajib TerapkanTrik-Mendidik-Anak

  1. Memperbanyak Komunikasi Dengan Anak
    Komunikasi dengan anak menjadi bagian paling penting, terlebih lagi ketika anak sedang masa pertumbuhan. Anak memerlukan banyak komunikasi yang terjalin secara cukup dan hal tersebut tentunya termasuk juga dengan orangtuanya, membentuk karakter anak yang humoris wajib melibatkan komunikasi yang berkualitas. Jadi gak heran jika komunikasi perlu dipupuk oleh orang tua sejak anak masih kecil atau sejak anak dalam masa perkembangan, nantinya anak akan memiliki kualitas komunikasi baik karena rutinnya bertukar cerita dengan orangtua maupun curhatan kehidupan sehari-harinya. Sebagai orangtua pun harus sering-sering  dan merasa excited saat mendengarkan anak bercerita.

  2. Menyisipkan Banyak Candaan Santai Pada Anak Yang Sesuai Dengan Usianya
    Trik mendidik anak jadi humoris yang selanjutnya yaitu sering menyisipkan beberapa candaan santai pada anak yang sesuai dengan usianya. Sifat humoris tentunya identik dengan karakter yang lucu dan bisa menghidupkan suasana, biasanya orang tua juga harus memiliki sifat tersebut terlebih dahulu jika ingin anaknya bersikap humoris. Menciptakan suasana yang seru dan candaan yang menyenangkan tentunya akan memberikan stimulasi tersendiri, jika ingin memberikan candaan untuk anak pastikan orangtua melontarkan candaan yang sesuai dengan usia sang anak.

  3. Menciptakan Suasana Yang Santai Dan Nyaman Untuk Anak
    Orangtua biasanya memiliki cara tersendiri dalam menciptakan suasana bagi anak-anaknya, ada orangtua yang cenderung bersikap lembut ataupun kasar sehingga membuat suasananya jadi tidak nyaman. Hal ini yang kemudian juga harus diperhatikan oleh para orangtua agar senantiasa menciptakan suasana yang nyaman dan santai, dengan cara seperti itu maka anak tidak akan merasa terbebani dengan suasana di rumah. Dengan menciptakan suasana yang santai dan nyaman anak jadi merasa betah di rumah bersama orangtuanya, untuk menciptakan suasana santai dan nyaman, orang tua bisa mengajak anak menonton bersama, bermain bersama, membuat kue bersama dan melakukan berbagai kegiatan bersama, walaupun hanya kegiatan kecil tapi jika anak nyaman dan sering tertawa dengan orang tua, bisa menciptakan sidat humoris pada anak.

  4. Menatap Mata Anak Ketika Berbicara
    Trik mendidik anak jadi humoris yang selanjutnya yaitu orang tua harus menatap mata anak ketika berbicara, anak-anak dengan sifat humoris biasanya sangat mampu dalam berkomunikasi dengan orang lain. Tidak hanya melalui teknik komunikasi verbal saja, tapi juga melalui gesture dan tatapan mata, hal seperti ini bisa diajarkan pada anak sejak kecil, misalnya dengan membiasakan diri menatap mata anak selama berbicara. Melalui cara seperti ini maka anak akan memiliki kepercayaan diri dan keberanian untuk berkomunikasi sambil melihat mata lawan bicaranya. Selain dengan menatap mata saat berbicara, untuk menambah kepercayaan diri juga bisa dengan mendukung apa yang anak sukai dan membiarkan anak untuk berkomunikasi dengan banyak orang.

  5. Tidak Mengekang Anak Saat Bermain
    Namanya anak-anak pastinya masih sangat suka bermain, oleh karena itu orang tua tidak boleh terlalu mengekang anak ketika bermain. Anak dengan sifat humoris cenderung bersikap ekstrovert dan mudah dalam bersosialisai dengan orang lain, tentunya anak dengan tipe seperti ini tidak akan merasak kesulitan dalam menjalin suatu pertemanan. Hal yang paling penting dan harus diperhatikan oleh orang tua yaitu tidak mengekang anak sejak kecil, mengekang pertemanan anak akan membuatnya menjadi tertutup dan lebih tidak percaya diri. Anak juga jadi pemalu dan akan sulit untuk bersosialisasi dengan banyak orang, orang tua hanya perlu mengawasi anak ketika sedang bermain dan biarkan ia bebas mengeksplor  sekelilingnya namun tetap dengan pengawasa orang tua. 

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...