Tradisi Perayaan Idul Fitri Unik Berbagai Negara, Indonesia Termasuk!

Dailyxpressnews.com – Saat menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia disibukkan dengan berbagai persiapan untuk menyambut Idul Fitri sebagai hari yang istimewa. Kemeriahan Idul Fitri ini biasanya dirasakan di berbagai negara, orang-orang akan menggunakan pakaian baru, mengunjungi keluarganya, memberikan hadiah hingga menikmati hidangan lezat dengan keluarga mereka. Setiap negara muslim tentunya memiliki tradisi perayaan Idul Fitri dengan cara yang unik, di Indonesia pun memiliki tradisi uniknya tersendiri, lalu bagaimana dengan negara lain? Berikut tradisi perayaan Hari Idul Fitri dari berbagai negara.

Tradisi Perayaan Idul Fitri yang Unik, Indonesia Salah Satunya!

Tradisi-Perayaan-Idul-Fitri

     1. Indonesia

Memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam, hari istimewa yang biasa disebut lebaran ini disambut meriah oleh warga muslim di Indonesia. Beberapa hari menjelang lebaran pemudik mulai memadati jalan untuk pulang ke kampung halaman mereka, pada beberapa daerah malam Idul Fitri umumnya dirayakan dengan takbir keliling diiringi dengan anak-anak pembawa obor lengkap dengan suara tabuhan beduk.

Para ibu di dapur juga akan disibukkan dengan membuat hidangan khas lebaran dan makanan tradisional untuk santapan bersama dengan keluarga di hari raya. Tidak hanya itu saja, mengunjungi makam keluarga ketika lebaran adalah salah satu tradisi yang tidak terpisahkan dari masyarakat muslim di Indonesia.

     2. Turki

Sedangkan di Turki, Idul Fitri dikenal dengan Seker Baryami, biasanya kantor dan sekolah akan mendapat tiga hari untuk libur selama hari perayaan. Masyarakat di sana sangat menghormati orang yang lanjut usia dengan mencium tangannya kemudian meletakkannya di dahi mereka sambil menyampaikan salam Baryam.

Tidak hanya itu saja, anak-anak Turki juga memiliki tradisi mengunjungi rumah-rumah di lingkungan mereka dan nantinya akan diberikan hadiah permen, manisan tradisional baklava, coklat, atau sejumlah uang oleh para pemilik rumah.

     3. Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini juga memiliki mayoritas penduduknya yang beragama Islam, sama seperti di Indonesia. Penduduk Malaysia juga mengenal tradisi pulang kampung halaman untuk berkumpul bersama dengan keluarga mereka, momen bahagia yang dikenal dengan sebutan Hari Raya Aidilfitri oleh masyarakat lokal ini biasanya dirayakan dengan cara menghias rumah mereka dengan sebuah lampu minyak yang disebut pelita.

Tidak hanya itu saja, namun setiap keluarga di sana juga akan bergantian membuka rumah mereka untuk menyambut semua orang yang datang ke rumah mereka seperti melakukan open house. Setiap orang boleh datang untuk makan dan bersenang-senang tanpa memandang kasta, status ekonomi, dan agama, hampir sama seperti di Indonesia.

     4. Afrika

Sebagai informasi, beberapa Negara di Afrika juga merayakan Idul Fitri dengan cara yang sama yaitu memulai dengan sholat subuh dan sholat Ied di masjid sebelum akhirnya berkumpul dengan keluarga. Orang-orang Maroko akan menggunakan baju tradisional dan menyantap panekuk dengan teh mint mereka yang sangat terkenal.

Sedangkan di Mombasa, sebuah kota besar yang ada di Kenya, muslim di sana sudah memulai festival jalanan sejak sepuluh hari terakhir Ramadhan. Festival yang dibuka setiap malam hari ini menawarkan berbagai barang untuk hadiah keluarga dan teman, tidak hanya itu saja, para pendongeng juga berkeliaran di jalan untuk menghibur anak-anak dengan cerita rakyat, seru banget ya!

     5. Iceland

Warga muslim di negeri matahari tengah malam ini melakukan puasa selama 22 jam selama puncak musim panas karena matahari di sana tetap bersinar lebih lama dari biasanya.

Walaupun begitu, para pakar Islam memberikan alternatif bagi warga untuk berpuasa mengikuti waktu matahari terbit dan terbenam dari negara terdekat atau mengamati zona waktu Arab Saudi. Hari Idul Fitri di Islandia dirayakan di masjid di ibu kota Reyjavik, mereka membawa hidangan lezat dari berbagai negara, termasuk Indonesia dan Mesir.

     6. Saudi Arabia

Momen Idul Fitri di Saudi Arabia dirayakan dengan megah dan dekorasi yang mewah, seperti di Indonesia, anak-anak di sana akan mengantri untuk pembagian mata uang Saudi dari orang dewasa.

Namun ada satu tradisi unik di Negara tersebut dalam hal berbagi, masyarakat setempat akan meninggalkan berasa dan barang lain secara anonim di pintu rumah keluarga yang berkekurangan. Itulah tradisi perayaan Idul Fitri dari berbagai negara yang unik dan menarik.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Rekomendasi Sunscreen Paling Laris, Nyaman Dan Ringan Di Wajah!

Dailyxpressnews.com - Ingin menggunakan sunscreen yang nyaman dan ringan di wajah? Berikut ini rekomendasi sunscreen paling laris yang wajib kamu miliki. Sunscreen merupakan produk...

Destinasi Wisata Petik Apel di Kota Batu, Paling Seru Bareng Keluarga!

Dailyxpressnews.com - Sebagian orang pasti tidak asing dengan sebutan kota Batu, betul? dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Kota Batu bukan? Kota...

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Dailyxpressnews.com - Manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga adalah salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan...