Tips Tepat Hadapi Quarter Life Crisis, Yuk Bangkit!

dailyxpressnews.com – Tumbuh menjadi dewasa memang bukan hal yang mudah, gak jarang kita menemukan kenyataan yang tidak sejalan dan terkadang baru disadari ketika menginjak dewasa. Tidak hanya itu saja, di usia dua puluhan juga rentan sekali untuk mengalami quarter life crisis, alasannya tidak lain karena pada fase dewasa awal ini kamu mulai memikirkan ke mana arah hidupmu. Gak jarang juga ketakutan untuk menghadapi masa depan yang berlebihan akan menyebabkan kamu merasa insecure dan membayangkan hal yang belum terjadi. Oleh karena itu tetap kuasai diri dengan tips hadapi quarter life crisis di bawah ini.

Tips Hadapi Quarter Life Crisis, Cukup Berat Tapi Harus Bangkit

 

Hadapi-Quarter-Life-Crisis

  • Fokuskan Diri Pada Komitmen, Bukan Hanya Motivasi

Kebanyakan orang hanya fokus dengan motivasi dalam meraih apa yang mereka inginkan, termasuk pada pencarian jati dirinya dalam fase quarter life. Namun yang tidak kalah penting sebenarnya yaitu ada pada komitmen kamu dalam menjalankan sesuatu. Kamu juga harus mengetahui seberapa penting tujuan yang kamu miliki agar komitmen untuk mencapainya selalu terjaga.

Ketika sudah kamu lakukan, maka motivasi akan hadir untuk mengiringi langkah dan selalu menguatkanmu, karena gak jarang kesalahan yang terjadi disebabkan karena semangat berjuang yang besar saat awal saja. Namun akan menurun perlahan seiring berjalannya waktu, mindset seperti ini yang harus kamu rubah.

  • Fokuskan Diri Pada Proses, Bukan Hasil

Saat berada di fase ini semua orang tentunya berusahha untuk lebih megenal diri mereka sendiri, salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan menggali potensi diri dan berusaha untuk meningkatkan kualitas dirinya. Satu yang harus kamu ingat dalam upaya ini yaitu dengan mencari tahu esensi dari setiap hal yang kamu kerjakan.

Jadi jangan selalu fokus dari hasil saja tapi hargai dan nikmati juga proses dari apa yang sedang kamu lakukan. Bukan tanpa alasan karena ketika fokusmu hanya pada hasil, kamu tidak akan sadar esensi dari usaha yang kamu kerjakan, padahal saat kamu fokus pada prosesnya, pengetahuanmu akan semakin bertambah dan akan lebih peka juga dengan diri sendiri.

  • Hindari Kebiasaan yang Fokus Dengan Emosi Negatif

Di awal fase quarter life ini, kamu akan menyadari bahwa lebih banyak lagi tugas dan tanggung jawab yang akan berpindah pada dirimu. Seperti mulai dari pekerjaan, hingga urusan keluarga. Namun ketika kamu merasa semuanya terasa berat untuk dilalui, sebaiknya gunakan imajinasimu dalam membayangkan hal yang baik saja.

Karena jika yang terjadi adalah hal yang sebaliknya, dengan kamu hanya fokus pada hal buruk saja tentunya akan memperburuk keadaan kamu. Kamu juga akan sering merasakan burnout dan dampak negatifnya akan menghambat perkembangan karena membuatmu stagnan dan dipenuhi dengan hal negatif saja, jadi mulai hindari hal negatif yang sekiranya akan mengganggu perkembanganmu.

  • Tingkatkan Disiplin Pada Diri Sendiri

Salah satu kesalahan yang sering dialami oleh banyak orang dalam fase ini yaitu karena mereka terlalu memanjakan diri. Salah satu indikasinya, kamu selalu menunggu hingga datangnya waktu yang tepat atau kesempatan yang tepat. Padahal tanpa kamu sadari, dengan seperti itu akan membuatmu jadi malah meletakkan diri pada kesulitan tertentu.

Karena kamu tidak menantang dirimu, tapi kamu justru terlalu banyak menunggu, maka dari itu jangan pernah ragu untuk mengubah hal tersebut. Karena di luar sana ada banyak kesempatan yang sedang menanti dirimu. Pada dasarnya, menunggu tidak akan membuahkan hasil apapun. Mulailah disiplin pada diri sendiri.

  • Fokus Pada Apa Yang Jadi Tujuan Hidupmu

Dalam hidup tentunya kamu memiliki tujuan, dalam menghadapi fase quarter life ini penting untuk memastikan kamu sudah mengetahui tujuan kehidupan yang ingin kamu raih di usia saat ini. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus untuk melakukan hal yang berhubungan dengan cara meraih tujuan dalam hidup.

Hal ini dilakukan untuk menghindari banyaknya distraksi yang kemungkinan bisa saja datang dan membuat kamu jadi lupa dengan tujuan hidupmu. Pastikan juga kamu bertanggung jawab atas apa yang kamu kerjakan, semakin kamu tidak fokus, maka akan semakin banyak waktu yang terbuang percuma. Berikut tips hadapi quarter life crisis bagi kamu yang saat ini sedang merasakannya.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Cara Mudah & Efektif untuk Selesaikan Konflik dengan Tim Kerja

Dailyxpressnews.com - Didalam dunia pekerjaan, ternyata salah paham pasti akan timbul dan hal ini merupakan masalah yang kerap kali terjadi. Perbedaan pendapat terkadang menyebabkan...

Tips Memiliki Prasangka Baik Sama Orang Lain, Cobalah Empati!

Dailyxpressnews.com - Kamu yang ingin sekali memiliki hubungan baik dengan banyak orang, tentu saja perlu memiliki prasangka baik ke orang lain dulu. Jangan buang...

Agar Hasil Optimal, Ini Dia Cara Benar Menggunakan Masker Spirulina!

Dailyxpressnews.com - Adakah dari anda yang gemar menggunakan masker untuk menghasilkan wajah yang cerah dan terawat? Jika ya, pastinya sudah tidak asing lagi apabila...