Tips Mudah Menjadi Pribadi Baik di Masa Muda, Hindarkan Hal Buruk!

Dailyxpressnews.com – Menjadi pribadi yang baik memang tidak mudah dilakukan, hal ini karena menyangkut tingkat kedewasaan seseorang. Maka dari itu, kamu harus menerapkan berbagai tips menjadi pribadi baik yang mudah diterapkan. Karena pada dasarnya seseorang yang sudah mempunyai jiwa kepribadian yang baik maka dapat dikatakan sudah dewasa. Kepribadian tidak hanya soal tentang bagaimana dia berperilaku, tetapi juga bagaimana cara dia berpikir.

Tips menjadi pribadi yang baik sangat penting, karena tidak sedikit para orang-orang yang sudah terlihat tua tapi kepribadiannya sangat tertinggal jauh oleh usianya. Menjadi pribadi yang baik juga perlu kita ajarkan kepada orang-orang terdekat yang usianya masih muda, karena tidak salahnya mengajarkan kepada mereka suatu hal yang dapat merubah diri mereka untuk masa depannya. Maka dari itu, langsung saja simak baik-baik tips berikut.

Berbagai Tips Menjadi Pribadi Baik yang Mudah Kamu Ikuti di Masa Muda

Tips-Menjadi-Pribadi-Baik

     1. Sopan Dalam Bersikap

Tips menjadi pribadi baik itu pertama, harus sopan dalam bersikap. Jika kita sedang berada di lingkungan sosial seperti dilingkungan kerja maka soal sikap adalah hal yang sudah biasa diperhatikan dari seseorang.

Yang harus kita lakukan adalah menjaga sikap agar selalu ternilai sopan dan santun, contohnya jika kita kebetulan akan melewati orang sekitar yang sedang duduk di sekitar jalan tempat kita akan lewat maka bungkukkan lah badan sembari ucapkan maaf atau permisi.

     2. Mengatur Nada Bicara

Ketika sedang bercengkrama kita sangat perlu mengatur nada lontaran kata yang keluar dari mulut kita, karena orang hanya perlu menilai siapa kita sebenarnya hanya dari bagaimana kita mengatur nada bicara. Terlepas dari kondisi yang sedang terjadi ketika kita ngobrol, atau terlepas dengan siapa kita berbicara.

     3. Tidak Cepat Mengambil Keputusan

Apapun hasil atau resiko dari suatu keputusan, maka unsur positif atau negatifnya akan kembali kepada siapa yang membuat keputusan tersebut. Hal itulah yang memaksa kita untuk tidak serta merta membuat keputusan dengan tidak memikirkan hal-hal yang akan terjadi setelah membuat keputusan.

Seseorang akan menjadi dewasa atau berkepribadian baik ketika dia memikirkan hal negatif terlebih dahulu yang akan terjadi jika membuat keputusan, kemudian barulah dia memikirkan hal positifnya.

Memikirkan hal negatif terlebih dahulu dari sebab keputusan yang dibuat adalah langkah yang baik ketika akan memutuskan sesuatu, karena kadangkala ketika kita sudah menemukan hal positif dalam pola pikir maka hal negatifnya yang kemungkinan terjadi akan terabaikan. Jadi tips yang satu ini akan memaksa kita untuk berpikir lagi dan lagi sebelum mengambil satu keputusan yang tepat.

     4. Membuang Rasa Ego

Tips berikutnya adalah tentang bagaimana membuang rasa egois yang ada dalam diri kita. Orang egois biasanya memang pintar dalam berkomunikasi dan pintar ketika memberikan saran dan masukan pada orang lain tapi dia sendiri selalu menutup pintu saran yang ditujukan padanya.

Ego adalah sombong, merasa paling yakin dan benar pada pendirian dan pendapatnya sendiri, rasa itulah yang harus kita buang jauh-jauh. Kita tidak akan rugi jika selalu menampung semua masukan dan saran yang orang lain tujukan pada kita, toh kita juga akan otomatis mempunya cermin dan bisa memperbaiki hal-hal yang memang perlu kita perbaiki.

     5. Sabar dan Ikhlas

Tips menjadi pribadi lebih baik yang satu ini adalah tips yang memang sulit dan berat dilakukan. Rasa sabar dan ikhlas sangat tidak mudah tapi sesulit apapun itu jika kita terus dan terus melatihnya maka rasa dan kebiasaan itu akan tertanam dalam diri kita. Kembali kepada poin 3 tentang membuat keputusan, ketika memang pilihan kita ketika memutuskan sesuatu bernilai salah maka sabar dan ikhlas sangat diperlukan.

Kenapa rasa sabar dan ikhlas sangat penting untuk menjadi bagian dari diri kita, karena sabar dan ikhlas sebagai kunci atau pembatas area dari hal-hal yang mungkin bisa membuat kita lebih terjerumus menjadi pribadi ke arah negatif.

Contoh kecil saja, jika kita tidak bisa sabar ketika akan menyebrang jalan kemungkinan kita akan mendapatkan bahaya, atau jika kita tidak ikhlas ketika seseorang memandang kita buruk bahkan kita membalasnya dengan hal serupa maka tidak menutup kemungkinan perselisihan akan berlanjut dan akan lebih runyam urusan kedepannya, toh semua sebab ada akibatnya, semua hal yang dilakukan ada balasannya. Itulah sederet tips menjadi pribadi baik yang harus diketahui sekarang juga.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Cara Mudah & Efektif untuk Selesaikan Konflik dengan Tim Kerja

Dailyxpressnews.com - Didalam dunia pekerjaan, ternyata salah paham pasti akan timbul dan hal ini merupakan masalah yang kerap kali terjadi. Perbedaan pendapat terkadang menyebabkan...

Tips Memiliki Prasangka Baik Sama Orang Lain, Cobalah Empati!

Dailyxpressnews.com - Kamu yang ingin sekali memiliki hubungan baik dengan banyak orang, tentu saja perlu memiliki prasangka baik ke orang lain dulu. Jangan buang...

Agar Hasil Optimal, Ini Dia Cara Benar Menggunakan Masker Spirulina!

Dailyxpressnews.com - Adakah dari anda yang gemar menggunakan masker untuk menghasilkan wajah yang cerah dan terawat? Jika ya, pastinya sudah tidak asing lagi apabila...