Tips Merawat Kucing Persia Agar Bulunya Makin Lebat Dan Bebas Kutu

Dailyxpressnews.com – Punya kucing Persia di rumah? Berikut ini beberapa tips merawat kucing Persia yang bisa kamu lakukan dirumah. Kucing menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, kucing Persia sendiri memiliki ciri khas yaitu bulunya lebat dibandingkan dengan kucing yang lainnya, semakin lebat bulunya dan semakin gemuk kucing akan terlihat menggemaskan. Kucing Persia juga dikenal manja, lembut dan tenang, tidak hanya itu mereka juga termasuk kucing yang penuh dengan kasih sayang dan mudah sekali untuk beradaptasi dilingkungan baru, namun perlu diperhatikan kalau kucing Persia membutuhkan perawatan khusus.

Tips Merawat Kucing Persia Agar Sehat Dan Makin Cantik

Tips-merawat-kucing-Persia

  1. Pastikan Kandang Selalu Bersih
    Yang pertama yaitu kebersihan nomor satu, baik cara merawat kucing Persia Himalaya hingga kucing Persia medium, kandang yang bersih merupakan kebutuhan wajib. Intinya segala jenis kucing memerlukan kandang yang besih dan nyaman agar kucing tetap bisa sehat dan tidak stress. Pastikan juga membersihkan kandang secara rutin, termasuk juga membersihkan sisa makanan yang berjatuhan, jika memiliki kucing Persia sebaiknya tempatkan kandang di ruangan agar terbuka, cara ini agar sirkulasi udara dalam kandang juga lancar dan sinar matahari bsia tetap masuk ke dalam kandang. Kandang yang kotor dan tidak terawat dapat menjadi sarang penyakit, terlebih lagi kucing Persia juga lebih mudah karena penyakit dibandingkan kucing domestic.

  2. Sediakan Pasir Khusus Untuk Buang Air
    Tips merawat kucing Persia yang selanjutnya yaitu menyediakan pasir khusus untuk buang air, memelihara kucing Persia tentunya kamu harus menyiapkan bak pasir yang bermanfaat sebagai tempat untuk kucing agar bisa melakukan defekasi dan urinasi. Pasir ini berfungsi sebagai media untuk mengurangi bau dan mengeringkan kotoran kucing, sebaiknya pilihlah pasir yang nyaman untuk kucing dan mudah juga untuk dibersihkan, seperti pasir berjenis zeolite. Tidak hanya itu saja, pemilih juga harus melakukan toilet training agar kucing data membuang air di bak pasir yang sudah kamu sediakan, untuk anak kucing sendiri biasanya sudah bisa melakukan toilet training di minggu ke empat.

  3. Sediakan Tempat Makan Dan Minum Khusus
    Perlu kamu ketahui kalau lidah kucing Persia cenderung pendek, oleh karena itu pastikan memilih tempat makan yang tidak begitu panjang. Letakan tempat makan di posisi yang sama agar kucing dapat mengenal di mana ia dapat mencari makanannya, memberikan tempat makan khusus kucing menjadi salah satu dasar dari cara memelihara kucing Persia untuk para pemula. Tidak hanya itu saja, kucing juga bisa makan tanpa berantakan atau tercecer ke mana-mana, jadi pastikan hal ini tidak terlewatkan ya!

  4. Memberikan Makanan Sehat Dan Bergizi Pada Kucing
    Tips merawat kucing Persia yang selanjutnya yaitu memberikan makanan sehat dan bergizi pada kucing. Bagi pemilik kucing pastinya harus menjaga asupan makanan bergizi untuk kucing, tidak harus selalu membeli makanan mahal, kamu bisa membuatkan makanan kucing sendiri sebagai cara merawat kucing Persia dengan biaya murah dan pastikan juga komposisinya seimbang. Sesekali kamu juga bisa memberikan suplemen tambahan seperti minyak ikan, minyak ikan mengandung omega 3 yang baik untuk kulit dan bulu kucing Persia. Minyak ikan juga bisa kamu gunakan untuk obat berbagai penyakit seperti ginjal, mengurangi kolesterol, dan masih banyak yang lainnya, penggunaan minyak ikan secara keseluruhan merupakan cara yang baik untuk merawat kucing, termasuk juga kucing jenis lainnya yang bukan Persia.

  5. Merawat Kucing Persia Dengan Rutin Memandikannya
    Jika memiliki kucing Persia sangat direkomendasikan untuk memandikan kucing 4-6 minggu sekali, hal ini harus dilakukan agar bulunya tidak kusut dan tetap sehat. Tapi jika kucing kamu terpapar kotoran atau zat berbahaya, sebaiknya langsung memandikan kucing. Kamu juga harus menggunakan shampo khusus untuk kucing yang memiliki manfaat untuk menghilangkan kutu, setelah mandi jangan lupa untuk mengeringkan dan sisir bulu kucing. Dengan menyisir bulu kucing Persia bertujuan untuk menghindar bulu yang bisa saja menggumpal dan membuat kucing terlihat detail, menyisir bulu kucing ini bisa kamu lakukan setiap hari, jadi jangan sampai lewatkan hal ini!

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...