Tips Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Makin Cantik

Dailyxpressnews.com – Suka dengan keindahan ikan cupang? Berikut ini ada beberapa tips merawat ikan cupang yang bisa kamu lakukan dirumah, ikan dengan ekor mengembang bagaikan kipas ini terkenal sebagai ikan aduan yang dapat bertahan hidup cukup lama di habitat yang sesuai. Di kalangan penggemarnya, ikan cupang ada tiga golongan yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar, untuk merawat ikan cupang sendiri butuh perawatan khusus agar bisa berkembang biak dengan baik. Mengingat harga ikan cupang yang lumayan melambung belakangan ini, metode perawatannya juga harus tepat.

Tips Merawat Ikan Cupang Dengan Mudah, Lakukan Ini

Tips-merawat-ikan-cupang

  1. Letakan Di Wadah Yang Sesuai
    Ikan cupang hias sebenarnya bisa di tempatkan di mana saja, seperti akuarium, stoples, ataupun botol tanpa tutup. Wadah ikan memang tidak begitu penting, justru yang harus diperhatikan yaitu ukurannya, sebaiknya cupang kecil seperti ikan cupang koi ditempatkan pada wadah yang diameternya 20x15x15 cm dan bisa juga kamu tempatkan di area yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Pastikan juga wadah berada di area yang tidak pengap dan minim cahaya yang bersuhu sekitar 23 hingga 28 Celcius.

  2. Gunakan Jenis Air Yang Sesuai Dan Jaga Kualitas Airnya
    Tips merawat ikan cupang yang selanjutnya kamu juga harus menggunakan jenis air yang sesuai dan menjaga kualitas airnya. Jika memiliki ikan cupang sebaiknya memilih air sumur untuk mengisi akurium, karena pada dasarnya ikan cupang akan merasa lebih nyaman dan seolah tinggal di habitat aslinya. Kalau memang tidak ada air sumur, kamu juga bisa menggunakan air PDAM yang sudah diendapkan semalamaan dang anti minimal 3 hari sekali agar kualitas air terjaga dan kualitas ikan cupang juga lebih terjaga.

  3. Tambahkan Daun Ketapan Di Akuarium
    Seperti yang diketahui banyak orang yang pernah merawat ikan cupang, daun ketapan memang di percaya bisa mempercantik ekor ikan cupang. Namun kebanyakan pemula masih sering mengabaikan hal ini, padahal penambahan daun ketapang justru bisa membuat pH air jadi normal dan membuat betah ikan cupangnya. Tidak hanya itu saja, daun ketapang juga bisa digunakan sebagai antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan luka pada ikan cupang, termasuk juga ketika ekornya robek atau patah. Jenis daun ketapang yang bagus yaitu yang berasal dari daerah pesisir pantai.

  4. Rajin Membersihkan Wadah Akuariumnya
    Tips merawat ikan cupang yang selanjutnya yaitu rajin membersihkan wadah akuariumnya, jenis ikan cupang yang mahal sekalipun juga akan tetap mati jika wadah tempat dia berada kotor dan jarang dibersihkan. Oleh karena itu agar tetap maksimal dalamĀ  merawat ikan cupang, maka cara terbaiknya yaitu harus rajin membersihkannya maksimal seminggu sekali, selain mengganti setiap dua hari sekali, sebaiknya akuarium untuk ikan cupang juga harus dicuci atau setidaknya disikat agar tidak berlumut. Selain itu hindari penggunaan sabun atau detergen karena bisa meracuni ikan cupang, jadi kalau ikan cupang sering mati, coba ingat lagi apa pernah membersihkan akuarium dengan sabun?

  5. Beri Makan Ikan Cupang Hias Konten Dua Hari Sekali
    Jika ingin ikan semakin sehat, pemberian makan juga penting, untuk ikan cupang berikan makan dilakukan secukupnya dan tidak perlu berlebihan. Justru kalau terlalu banyak, sisa pakan justru akan mengotori akuarium dan keindahannya juga akan berkurang, untuk antisipasi kamu dapat memberi makan secara bertahap. Jika sudah habis baru diberi lagi dengan jumlah yang lebih sedikit, untuk metodenya cukup dengan ditaburi saja karena ikan cupang sendiri memang lebih tertarik mengkonsumsi makanan yang mengambang di atas permukaan air.

  6. Jemur Ikan Secara Rutin Di Tempat Bersuhu Stabil
    Tips merawat ikan cupang yang selanjutnya kamu bisa menjemur ikan secara rutin, menjemur ikan cupang bisa membuatnya lebih segar sekaligus membunuh bakteri dan jamut yang ada di kulit maupun akuarium. Sebaiknya cara ini kamu lakukan secara rutin dalam merawat ikan cupang, dapat dilakukan setiap hari selama cupang tidak ditempatkan di area yang kena paparan sinar matahari langsung. Tapi ada juga jenis ikan cupang yang justru tidak boleh dijemur, seperti ikan cupang giant berwarna hitam, proses penjemuran ini akan membuat ikan cupang akan panik dan stress karena mereka peka pada sinar matahari.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...