Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Tidak Mudah Busuk

dailyxpressnews.com – Kebanyakan orang pasti sering membuang bahan makanannya karena busuk, bahan makanan mentah terutama sayur dan buah-buahan cenderung sangat cepat busuk jika tidak segera diolah atau tidak disimpan dengan cara yang benar. Hal ini tentunya akan membuat sampah makanan jadi menumpuk, untuk mengurangi terjadinya hal tersebut, ada beberapa tips menyimpan bahan makanan yang bisa kamu coba di rumah. Mencoba tips di bawah ini tentunya akan mengurangi terbuahnya bahan makanan terbuang sia-sia, jadi kamu juga bisa lebih hemat uang karena bahan tidak mudah busuk dan bisa digunakan lebih lama.

Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet, Jadi Gak Mubazir!

 

Tips-Menyimpan-Bahan-Makanan

  • Air Lemon Untuk Alpukat

Kamu pasti sering menjumpai buah alpukat yang saat dibelah jadi akan sangat cepat berubah warna, pada awalnya berwarna kuning kehijauan yang tampak terlihat segar, kemudian setelah beberapa menit kemudian berubah menjadi kecoklatan dan tidak lagi terlihat menarik untuk disantap.

Tahukah kamu mengapa hal ini bisa terjadi? Buah alpukat yang sudah dibelah atau dikupas mengalami oksidasi yang sangat cepat, hal ini terjadi karena oksigen bertemu dengan zat polifenol yang ada di dalam buah alpukat. Oleh karena itu untuk menghindarinya, kamu bisa memberikan air lemon pada permukaan buah alpukat sudah dibuat, air lemon yang akan kamu gunakan ini dapat menghambat oksidasi selama beberapa jam.

  • Menyimpan Bawang Merah Dalam Toples

Biasanya menyimpan bawang merah yang disimpan pada suhu udara yang lembab akan lebih mudah busuk dan berakhir pada tempat sampah. Untuk mengurangi hal ini terjadi kamu bisa memotong atau mengiris bawang merah yang sudah dikuliti dan memasukkanya dalam toples atau wadah yang berisi air dingin dan simpan dalam kulkas agar lebih awet.

Air dingin yang digunakan ini dapat membantu menghambat membusuknya bawang yang sudah diiris atau dipotong, jika dirasa tips ini lebih ribet kamu bisa mengakalinya dengan menyimpan bawang langsung di dalam kulkas atau freezer. Namun bawang yang sudah disimpan dalam kulkas saat dimasak nanti akan cenderung lebih lembut dibandingkan dengan bawang yang dipotong dan direndam dalam air.

  • Lemon Yang Disimpan Dalam Air Dapat Bertahan Hingga Tiga Bulan

Dalam masakan western, buah lemon memiliki peran penting dalam membuat rasa makanan yang sempurna. Kalau di Indonesia buah lemon kebanyakan digunakan untuk bahan minuman, mulai dari lemon hangat yang dikonsumsi saat kurang enak badan, lemon tea, hingga bahan perasa utama cake lemon.

Akibat dari seringnya penggunaan buah lemon, sering sekali membuat buah ini jadi keriput dan airnya hilang, sehingga tidak bisa digunakan lagi. Nah mulai sekarang kamu bisa menggunakan cara lain untuk membuat lemon tetap awet, bahkan hingga tiga bulan, caranya yaitu simpan ke dalam sebuah wadah yang berisi air. Sebisa mungkin usahakan keseluruhan lemon terendam air, hal ini tentunya membuat lemon yang biasanya hanya bertahan 3 hari, bahkan hingga berbulan-bulan.

  • Merendam Wortel Agar Awet Satu Bulan

Wortel juga jadi salah satu sayuran yang paling sering cepat busuk hanya dalam beberapa hari saja. Wortel akan berubah jadi keriput dan terutama pada bagian pangkal wortel akan lebih mudah menghitam, cara untuk menyiasati hal ini dengan mengupas wortel dari kulitnya, kemudian cuci bersih.

Untuk mencucinya kamu hanya perlu menggunakan air saja, setelah bersih barulah kamu potong memanjang dan masukkan ke dalam toples yang berisi air. Dengan cara menyimpan yang terbaik ini, tentunya bahan makanan seperti wortel kamu bisa lebih awet hingga sebulan.

  • Merendam Stroberi Dengan Es Batu

Saat membeli stroberi, kamu pasti sering menjumpai bagian buah stroberi yang tampak kecoklatan seperti akan membusuk. Jika kamu langsung buang, kali ini kamu bisa menyimpannya dengan cara lain yang lebih awet tentunya, cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu rendam stroberi di dalam air dingin dan berikan es batu secukupnya.

Cara sederhana ini dapat membuat stroberi kembali segar dan warna kulitnya akan jadi lebih bersinar, sehingga kamu bisa mengkonsumsinya lebih lama, berikut tips menyimpan bahan makanan agar lebih awet.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tips Tepat Hadapi Quarter Life Crisis, Yuk Bangkit!

dailyxpressnews.com - Tumbuh menjadi dewasa memang bukan hal yang mudah, gak jarang kita menemukan kenyataan yang tidak sejalan dan terkadang baru disadari ketika menginjak...

Wajib Terapkan! Inilah Berbagai Hal Etika Baik Gunakan Toilet Umum!

dailyxpressnews.com - Kamu yang suka berpergian atau melakukan travelling ke manapun pasti selalu membawa etika yang baik dimanapun kamu berada sebagai basic menor sekalipun...

Manfaat Mengkonsumsi Teratai Untuk Tubuh, Sudah Tahu Belum?

dailyxpressnews.com - Siapa yang tidak tahu teratai, teratai merupakan tanaman akuatik yang biasa tumbuh di kolan atau danau, tanaman ini dikenal karena memiliki bunga...