Tips Menabung Untuk Pelajar, Yuk Konsisten Nabungnya!

dailyxpressnews.com – Menabung merupakan kegiatan yang wajib dilakukan, bahkan lebih baik dilakukan sejak masih kecil, bagi para pelajar yang baru ingin menabung juga tidak ada salahnya. Walaupun kamu belum memiliki penghasilan sendiri, namun tetap bisa menabung dari uang saku dan tentunya harus diiringi niat dan ketelatenan. Apa yang harus kamu lakukan agar dapat menabung dan mengumpulkan banyak uang walaupun belum memiliki penghasilan sendiri dan hanya bisa mengandalkan uang yang diberikan orang tua? Berikut ini tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu lakukan.

Tips Menabung Untuk Pelajar, Wajib Terapkan Cara Ini

 

Tips-Menabung-Untuk-Pelajar

  • Sisihkan Uang Saku Lebih Dulu Sebelum Digunakan

Kebanyakan orang tua akan memberikan uang saku bulanan, mingguan atau harian pada anak, saat diberikan uang saku oleh orang tua jangan langsung menggunakan uang tersebut. Ada baiknya sisihkan terlebih dahulu bagian untuk ditabung.

Kamu dapat mulai mengambil 10 hingga 20 persen dari uang saku yang diapat agar tabungan cepat terkumpul, misalnya sebelum berangkat sekolah, kamu sisihkan terlebih dahulu uang sebesar Rp 5 ribu setiap hari atau Rp 20 ribu per minggu. Jika menyisihkan uang untuk menabung lebih awal,maka kamu akan lebih leluasa untuk menggunakan uang yang tersisa.

  • Membuat Tabel Tabungan Harian

Kamu juga bisa menggunakan tabel tabungan harian, dengan cara ini akan membantu kedisiplinan dalam menabung. Tips menabung ini cukup efektif karena kamu dapat melacak progres tabungan secara tertulis, tidak harus selalu dimulai dengan nominal yang besar, kamu bisa memulainya dari jumlah kecil.

Seperti pada minggu pertama, kamu harus mulai menabung sebesar Rp 5 ribu setiap hari, setelah itu kamu bisa menambah nominal menabung perlahan, menjadi Rp 7 ribu pada minggu ketiga hingga seterusnya, atau bisa kamu mix jumlah nominal menabungnya. Tidak harus memaksakan diri dalam menentukan berapa jumlah yang akan kamu tabung, cukup sesuaikan dengan kemampuan, perlahan tapi pasti uang kamu akan terkumpul juga nantinya.

  • Memiliki Target Dan Tujuan Menabung

Saat ingin memulai menabung kamu harus menentukan target dan tujuan menabung mu. Kami sarankan agar kamu mulai menyiapkan apa target dan tujuan yang ingin kamu capai. Ketika kamu memiliki sebuah target yang ingin dicapai, maka sangat besar kemungkinan untuk malas melakukannya.

Misalnya kamu ingin menabung untuk membeli laptop baru, handphone, tas atau yang lainnya. Jika kamu memiliki tujuan yang kuat untuk dicapai, kamu tidak akan mudah tergoda untuk menggunakan uang tabungan agar target yang kamu miliki bisa tercapai.

  • Pikirkan Dengan Matang Sebelum Membeli Sesuatu

Sebagai seorang pelajar, kamu seharusnya sudah bisa menilai mana barang yang kamu harus beli karena butuh dan mana yang sebenarnya tidak atau belum kamu perlukan. Jika ingin sukses dalam menabung, coba untuk tidak memberli barang yang sekiranya belum kamu perlukan.

Jangan lupa untuk pertimbangkan kembali dengan sungguh-sungguh sebelum kamu memutuskan untuk membeli sesuatu. Jangan sampai setelah membeli barang tersebut kamu baru menyesal telah menghabiskan uang untuk hal yang sebenarnya tidak bermanfaat.

  • Kurangi Waktu Nongkrong

Nongkrong atau hangout sudah menjadi hal lumrah bagi anak pelajar, seakan menjadi suatu keharusan, memang tidak ada salahnya kamu pergi bersama teman untuk sekedar nongkrong, kamu juga tentunya membutuhkan refreshing dari kegiatan belajar yang menyita waktumu.

Namun pastikan kembali bahwa kamu dapat membatasi diri agar tidak terlalu boros saat nongkrong dengan teman, ada baiknya kamu melakukan kegiatan nongkrong 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dapat mengumpulkan uang atau menabung.

  • Bawa Bekal Makan Dan Minum Dari Rumah

Untuk menghemat dan menabung pengeluaran sebagai pelajar yang bisa kamu lakukan, adalah dengan membawa bekal makan dan minum dari rumah. Jangan malu untuk membawa bekal dari rumah ketika sekolah, dengan membawa bekal sendiri, kamu tidak perlu lagi untuk membeli makanan dari luar sehingga kamu dapat mengalokasikan uang saku sepenuhnya untuk di tabung.

Tidak hanya harus membawa bekal dari rumah, kamu juga harus mengurangi uang jajanmu, lebih baik bawa makanan dari rumah. Itulah beberapa tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu lakukan.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tips Tepat Hadapi Quarter Life Crisis, Yuk Bangkit!

dailyxpressnews.com - Tumbuh menjadi dewasa memang bukan hal yang mudah, gak jarang kita menemukan kenyataan yang tidak sejalan dan terkadang baru disadari ketika menginjak...

Wajib Terapkan! Inilah Berbagai Hal Etika Baik Gunakan Toilet Umum!

dailyxpressnews.com - Kamu yang suka berpergian atau melakukan travelling ke manapun pasti selalu membawa etika yang baik dimanapun kamu berada sebagai basic menor sekalipun...

Manfaat Mengkonsumsi Teratai Untuk Tubuh, Sudah Tahu Belum?

dailyxpressnews.com - Siapa yang tidak tahu teratai, teratai merupakan tanaman akuatik yang biasa tumbuh di kolan atau danau, tanaman ini dikenal karena memiliki bunga...