Tips Membersihkan Sayuran Agar Bersih Dari Ulat, Wajib Diterapkan Nih!

dailyxpressnews.com – Ada beberapa tips membersihkan sayuran yang bisa kamu terapkan, sayuran merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin untuk tubuh. Tapi bagaimana jika sayuran yang kamu konsumsi tidak dicuci dengan bersih dan masih ada ulat atau kotoran lainnya? Pastinya bikin kamu tidak berselera untuk mengkonsumsinya. Sayuran yang segar biasanya dihasilkan di daerah dataran tinggi, sehingga saat kamu membelinya pasti sering sekali melihat ulat yang masih menempel pada sayuran tersebut.

Ulat dan kotoran yang mengganggu ini perlu kamu bersihkan dengan benar agar tidak tertelan ke dalam perut. Biasanya ulat ulat yang ada pada sayuran terdapat di sela sela atau rongga sayuran yang menjadi tempat favorit mereka untuk berkembang biak, maka dari itu membersihkannya dengan air saja tidak cukup, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan sayuran.

Tips Membersihkan Sayuran Agar Bebas Ulat, Wajib Kamu Coba!

Tips Membersihkan Sayuran

  1. Mencuci Dengan Air Mengalir
    Mencuci sayuran yang paling ampuh yaitu dengan air mengalir, usahakan saat kamu mencuci sayuran harus dibawah air mengalir dibanding kamu merendamnya ke dalam wadah yang sudah di isi air. Dengan kamu membersihkannya di bawah aliran air bisa membilas ulat dan kotoran lainnya dengan sempurna, untuk sayuran yang memiliki rongga seperti kangkung atau brokoli kamu harus lebih teliti saat membersihkannya agar ulat ulat yang hinggap di sayuran bisa hilang. Terlebih lagi saat kamu membersihkan sayuran yang akan kamu konsumsi mentah.
  2. Rendam Sayuran Dengan Air Garam Beberapa Menit
    Tips membersihkan sayuran selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu merendam sayuran dengan air garam, cara ini cukup ampuh untuk mengeluarkan ulat yang ada di dalam sayuran. Hal ini karena garam memiliki tingkat kepekatan yang jauh lebih tinggi daripada cairan di tubuh ulat.

    Sehingga akan mengganggu metabolisme ulat yang akan membuatnya mati, kamu hanya perlu mencampurkan air dengan garam dan rendam sayuran dalam beberapa menit, nantinya akan muncul ulat dan kotoran yang keluar dari sayuran tersebut. Setelah itu kamu bersihkan kembali di air mengalir untuk menghilangkan sisa kotorannya, cara ini bisa kamu gunakan untuk sayuran berongga terutama brokoli.

  3. Cek Sela Atau Rongga Tempat Ulat Bersembunyi
    Cara selanjutnya yaitu dengan mengecek sela sela sayuran dan rongga tempat ulat biasanya bersembunyi, kalau kamu masih merasa belum yakin dengan kebersihan sayuran setelah dicuci dengan air mengalir, sebaiknya kamu membersihkan sela sela sayuran juga.

    Karena ulat biasanya akan bersembunyi di sela sela batang maupun daun yang jadi tempat ideal untuk mereka berkembang biak, saat mencuci sayuran kamu harus bisa lebih teliti memperhatikan dan membersihkan sayuran sampai bagian sela sela dan batangnya. Biasanya kedua bagian tersebut menjadi sarang ulat dan telurnya, jadi hati hati ya!

  4. Gunakan Air Cuka Untuk Menghilangkan Pestisida
    Tips membersihkan sayuran selanjutnya yaitu kamu bisa menggunakan air cuka untuk membersihkan ulat dan kotoran yang ada pada sayuran, menggunakan air cuka ini dipercaya sangat ampuh untuk membersihkan ulat dan residu pestisida yang ada terdapat pada sayur sayuran.

    Namun ada kekurangan setelah kamu membersihkan sayuran menggunakan air cuka yaitu bekas aromanya yang kurang sedap, cara menggunakannya cukup. Pertama kamu campurkan 2 sendok makan cuka pada satu baskom air kemudian rendam sayuran dalam beberapa menit, jika sudah kemudian bilas sayuran menggunakan air bersih yang mengalir.

  5. Gunakan Baking Soda
    Yang terakhir kamu bisa menggunakan baking soda yang memang sudah terbukti ampuh untuk melarutkan kotoran atau residu residu yang menempel pada sayuran, termasuk juga ulat. Bahkan dengan menggunakan baking soda kamu bisa membersihkan kotoran baik yang ada di permukaan kulit atau lapisan yang lebih dalamnya lagi.

    Takaran yang efektif jika ingin menggunakan baking soda untuk mencuci sayuran adalah dua sendok makan, caranya cukup mudah. Pertama kamu masukkan dua sendok makan baking soda ini dalam segelas air, kemudian rendam sayuran selama beberapa menit, setelah itu pastikan kembali kalau semua kotoran sudah benar benar luruh. Setelah itu barulah kamu bisa membilas dengan air yang mengalir.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Deretan Destinasi Epik Di Wina Untuk Para Fotografer

dailyxpressnews.com - Profesi fotografer ini merupakan hobi yang banyak diminati seseorang dan dituntut untuk mendapatkan gambar bagus. Tidak ada salahnya kalau Destinasi Epik di...

Lamaran Lesti Dan Billar Digelar Secara Mewah Hingga Mobil Plat Keren

Lamaran Lesti dan Billar nampak mewah di Bandung bahkan ada hadiah mobil milyaran yang hadir jelang lamaran. Acara lamaran diselenggarakan di Bandung tepatnya di...

5 Oleh Oleh Dari Wonosobo Terunik Dan Murah Yang Bisa Dicoba

dailyxpressnews.com - Wonosobo adalah kabupaten yang memiliki julukkan kota Bunga dan Wonosobo ini menjadi kabupaten di Jawa Tengah yang sangat populer dengan banyaknya destinasi...