Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam, mulai dari rasa hingga teksturnya beragam, gak heran kalau banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk mencicipi makanan khas Indonesia karena kelezatannya. Terlebih lagi setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya tersendiri dengan keunikannya yang menjadi daya tarik banyak orang untuk mencicipinya. Salah satu daerah dengan kuliner beragam dan cita rasa lezat yang sulit dilupakan yaitu Bali.

Siapa yang tidak kangen dengan kuliner khas Bali, tidak hanya nasi jinggo dan nasi tepeng saja, ada juga nasi campur ayam khas Bali yang selalu jadi incaran wisatawan yang berkunjung ke kota wisata yang satu ini. Rasanya yang khas dengan berbagai lauk pauk, seperti sate lilit, ayam betutu dan sambal matah, dijamin akan semakin menambah kenikmatan dan mengugah selera untuk menyantapnya. Untuk merasakan kelezatan nasi campur khas Bali ini tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, ingin mencoba masak sendiri di rumah? Berikut ini ada beberapa tips masak nasi campur ayam Bali.

Tips Masak Nasi Campur Ayam Khas Bali, Dijamin Enak Banget

Tips-Masak-Nasi-Campur

  1. Buat Bumbu Rajang Agar Lebih Bertekstur
    Yang pertama harus kamu lakukan yaitu membuat bumbu Rajang terlebih dahulu, dalam membuat hidangan khas Bali kamu tidak disarankan untuk menghaluskan seluruh bahan yang akan dijadikan bumbu. Bumbu pada masakan khas Bali biasanya memiliki tekstur kasar dan memiliki rasa yang tetap nikmat, bumbu Rajang dapat dibuat menggunakan blender atau food processor asal teksturnya tidak sampai halus. Kemudian Rajang bawnag merah, lengkuas, serai, kencur, temulawak, kunyit dan jahe agar hidanganmu memiliki rasa yang autentik. 
  2. Tumis Bumbu Dengan Api Sedang
    Tips masak nasi campur ayam khas Bali yang selanjutnya kamu bisa tumis bumbu dengan api sedang, setelah menghaluskan bumbu dan memabuat Rajang, tumis bumbu menggunakan api sedang saja agar aromanya keluar. Tahap inilah yang dapat membuat hidangan menjadi wangi sehingga sangat menggugah selera, setelah itu kamu bisa menambahkan daun salam dan daun jeruk. Kemudian masak hingga wangi dan matang, bumbu ini bisa kamu gunakan untuk membuat lawar, sate lilit, dan ayam betutu agar nasi sampur lebih lengkap dan semakin istimewa. 
  3. Potong Ayam Kecil-Kecil Agar Bumbu Mudah Meresap
    Nasi campur khas Bali sendiri biasanya disajikan dengan ayam atau daging yang lainnya, namun agar lebih sempurna kamu wajib menambahkan ayam betutu dalam sajian ini. Kamu juga bisa membuat hidangan pelengkap tersebut hanya dengan menggunakan satu bumbu bersamaan dengan bumbu lawar dan sate lilit, untuk memasak ayam betutu pastikan juga kamu memotong ayam kecil-kecil saja. Hal ini ditujukan agar bumbu lebih mudah meresap ke dalam daging sekaligus cepat matang. 
  4. Masak Ayam Betutu Di Api Kecil
    Tips masak nasi campur ayam khas Bali yang selanjutnya masak ayam betutu di api kecil, setelah menumis sambal hingga matang, kamu dapat menyisihkan terlebih dahulu untuk kemudian membuat sate lilit dan lawar. Pada wajan yang berisi setengah bumbu Bali, kamu bisa masukkan ayam dan bumbui dengan gula, garam, penyedap dan merica, kemudian kamu bisa masak hingga warnanya berubah kecoklatan kemudian tambahkan sedikit air. Kemudian masak ayam hingga air mendidih, lalu tutup panci dan masak dengan api kecil selama 30 hingga 40 menit atau sampai ayam tersebut benar-benar matang, mengapa harus api kecil? Menggunakan api kecil agar ayam benar-benar matang secara menyata. 
  5. Goreng Sayuran Rebus Agar Lebih Tahan Lama
    Saat kamu membuat lawar ada beberapa tips lawar menjadi tahan lama sehingga bisa disimpan lebih lama. Caranya dengan menggoreng sebentar sayuran yang sudah kamu rebus sebelumnya, walaupun mengandung minyak, lawar atau urap akan lebih tahan lama sehingga awet untuk dikonsumsi. Berikut beberapa tips untuk memasak nasi campur khas Bali yang simpel, lezat dan tahan lama serta sangat mudah untuk diterapkan, kamu wajib  mengikuti beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...