Tips Hilangkan Bau Amis Ikan Dengan Bahan Alami Di Dapur

dailyxpressnews.com – Ikan memang pada dasarnya memiliki bau amis, berikut ini tips hilangkan bau amis ikan dengan bahan alami yang ada di dapur. Ikan sebagai bahan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan memang banyak digemari oleh banyak orang, bahkan bagi sebagian orang mengkonsumsi ikan dinilai lebih baik dibandingkan daging ayam. Ikan juga menjadi salah satu bahan makanan yang sangat mudah diolah menjadi berbagai olahan makanan, sayangnya memasak ikan gampang-gampang susah karena memiliki bau amis. Tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan bau amis dengan mudah.

Tips Hilangkan Bau Amis Ikan Menggunakan Bahan AlamiHilangkan Bau Amis Ikan

  1. Campurkan Jeruk Lemon Atau Jeruk Nipis Dan Garam
    Tidak hanya bau amis, beberapa jenis ikan memiliki lendir yang licin sehingga menyulitkan ketika akan dipotong. Kamu dapat menggunakan perasaan jeruk lemon atau nipis yang dicampurkan dengan garam kasar untuk melumuri ikan yang sudah dicuci bersih sebelumnya, kemudian kamu bisa gosok bagian kulit ikan dengan garam tersebut. Cara yang satu ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis dan lendir pada ikan lele, gabus dan patin, hal ini karena kandungan asam pada jeruk dan yodium pada garam cukup ampuh untuk menetralisir bau amis pada ikan.

  2. Rendam Ikan Di Dalam Air Cuka Untuk Hilangkan Bau Amis
    Tips hilangkan bau amis ikan kemudian kamu bisa rendam ikan di dalam air cuka, cara menghilangkan bau amis pada ikan selain menggunakan jeruk nipis kamu juga bisa menggunakan larutan air cuka. Terlebih lagi ikan memiliki tekstur daging yang mudah lunak jika dimasak, sehingga terkadang ikan mudah hancur, agar bau amis ikan hilang dan dagingnya tidak mudah hancur kamu bisa rendam ikan dengan air cuka sebelum kamu masak. Zat asam yang tersedia pada cuka mampu menetralisir bau amis dan bisa menjaga tekstur dagingnya, caranya kamu hanya perlu rendam ikan yang sudah dicuci menggunakan cuka selama 15 menit kemudian kamu bisa langsung mencuci ikan dengan air hangat.

  3. Larutan Air Asam Jawa
    Yang selanjutnya kamu bisa merendam ikan dilarutan air asam jawa, kalau kamu ingin mengolah ikan kuah dan khawatir dengan bau amisnya, kamu bisa coba gunakan asam jawa sebagai bumbu tambahannya. Tidak hanya bisa menambah kelezatan masakan kamu, asam jawa juga bisa menjadi bahan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan larutan air asam jawa pada kuah ikan, atau jika kamu suka dengan rasa asam jawa kamu bisa rendam ikan di air asam jawa selama 15 menit kemudian dicuci bersih dahulu baru bisa kamu masak.

  4. Gunakan Parutan Jahe
    Tips hilangkan bau amis ikan kemudian kamu bisa gunakan parutan jahe, bau amis pada ikan laut terkadang membuat sebagian orang merasa kesulitan mengolahnya menjadi masakan yang lezat. Tapi untuk mengatasi bau amis ini kamu bisa menggunakan jahe, namun jika kamu tidak terlalu suka dengan aroma yang kuat pada jahe, kamu bia gunakan untuk melumuri ikan sebelum kamu masak. Caranya cuci ikan dahulu hingga bersih, parut jahe, kemudian kamu lumuri ke seluruh bagian ikan, dan tunggu hingga 15 menit, kemudian cuci lagi ikan untuk menghilangkan bau amis dan bau jahe yang menyengat, setelah itu barulah kamu bisa menggorengnya.

  5. Rendam Ikan Dengan Susu UHT
    Kemudian yang selanjutnya yaitu bisa menggunakan dengan susu UHT, kalau kamu khawatir dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya karena akan mengubah rasa dan aroma. Kamu bisa coba menggunakan susu UHT yang memiliki rasa plain atau susu segar, kandungan kasein yang terdapat pada susu mampu meningkatkan trimetalamin yang menjadi penyebab bau amis pada ikan. Tidak hanya itu saja, susu juga tidak mengandung asam yang tinggi dan bau yang menyengat sehingga sangat cocok dijadikan cara menghilangkan bau amis pada ikan untuk MPASI. Caranya kamu bisa mencuci ikan hingga bersih terlebih dahulu, kemudian kamu rendam dengan susu, tidak perlu terendam sepenuhnya, kamu hanya perlu membolak balik ikan saja selama 15 hingga 30 menit kemudian tiriskan dan bisa langsung kamu masak.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Resiko Ikut Campur Urusan Orang Lain, Ingat Aibmu!

Dailyxpressnews.com - Ibarat kata kalau kamu malah ikut campur urusan orang lain, seperti gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut di ujung sebrang...

Artis Cantik Hollywood Paling Tidak Suka Pakai Bra Saat Beraktivitas

Dailyxpressnews.com - Kemarin tanggal 13 oktober merupakan hari peringatan sehari tidak gunakan bra, dimana hal ini mengingatkan akan dampak negatif dan juga positif ketika...

Rekomendasi Fashion Pria Untuk Date, Pasti Bikin Doi Meleleh!

Dailyxpressnews.com - Ingin kencan bareng doi? Berikut ini rekomendasi fashion pria untuk date agar penampilanmu semakin terlihat kece. Dalam kencan pertama pastinya kamu ingin...