Tips Hadapi Orang Tua yang Alami Post Power Syndrome dengan Mudah

dailyxpressnews.com – Masa pensiun dini ternyata bisa saja menjadi sebuah momen yang menakutkan untuk sebagian orang. Hal ini bukanlah sebuah momen untuk menikmati masa tua dan beristirahat, melainkan mereka akan rentan stres lantaran sudah tidak bisa bekerja. Sebagai anak, kamu perlu terapkan tips hadapi orang tua yang alami post power syndrome karena mereka ini akan lebih emosional.

Post power syndrome ini merupakan sindrom yang bisa saja dialami seseorang saat kehilangan kedudukan dari pekerjaanya seperti merasa menurunya harga diri. Orang tua yang alami sindrom nya tentu saja mudah tersinggung dan pemurung jadinya sehingga sulit sekali mengerti akan keinginan. Perubahan sikap ini bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi oleh orang disekitar terutama untuk anak-anaknya.

Tipsnya ini tidak jauh-jauh untuk buat kamu sabar dan jangan sampai ikutan emosi dan bisa berikan waktu untuk kamu sendiri mengerti akan perubahan sikap dan emosi mereka. Kamu perlu dampingi mereka dalam menghadapinya!

Tips Hadapi Orang Tua yang Sedang Mengalami Post Power Syndrome yang Bisa Kamu Terapkan

Tips-Hadapi-Orang-Tua

  • Mengerti Sebagai Situasi yang Tidak Bisa Disepelekan

Seperti yang kita tahu selama ini, semakin bertambahnya usia maka sikap mereka akan semakin mirip dengan anak-anak. Maka dari itu, kebanyakan orang pasti mikirnya mengalami post power syndrome ini merupakan sikap berlebihan supaya di perhatikan orang sekitar.

Padahal maksud mereka itu tidak seperti itu! Kita ini perlu memiliki rasa empati dan mengerti alai situasi ni bukan hal yang bisa kamu sepelekan. Maka tips hadapi orang tua yang alami sindrom ini mengharuskan kamu untuk mengerti situasi dan tidak meremehkan keadaanya. Perbesarlah rasa empatimu, karena bisa saja mereka merasa kesepian dan seperti tidak berguna lantaran tidak bisa untuk produktif lagi.

  • Jangan Tunjukkan Rasa Kasihan

Salah satu rasa ketakutan dari orang tua yang sedang mengalami post power syndrome adalah ketika dikasihani anak dan orang sekitarnya. Mereka tidak ingin seperti orang yang tidak berguna atau menjadi beban untuk anak. Bukannya tidak boleh berikan rasa empati, tetapi jangan sampai perlakukan mereka seperti orang yang tidak berguna.

Pujilah akan kehebatan mereka di masa lalu supaya mereka senang, jangan lupa untuk katakan kepada mereka masih tetap jadi orang tua yang hebat meskipun sudah tidak bekerja lagi. Dimana momen ini juga bisa buat kamu ungkapkan rasa senang sudah bisa menikmati banyak waktu dengan mereka setelah mereka pensiun.

  • Berikan Pengertian dan Tidak Terpancing Emosi

Jagalah komunikasi yang baik dan ini merupakan hal tidak kalah penting juga sebagai tips hadapi mereka yang mengalami post power syndrome. Jangan sampai kaget kalau mereka malah jadi sering marah secara tidak jelas, mereka akan sangat kesal ternyata jika keinginannya tidak dituruti.

Kalau mereka tidak mengerti maksud dari mereka, coba lah tanya dengan baik-baik. Bicaralah dengan intonasi yang lembut dan tidak sampai memancing emosi. Karena biasanya mereka sebagai orang tua akan merasa tidak ada orang yang bisa mengerti mereka lagi, apalagi kalau kamu tidak memberikan komunikasi dengan baik dan berusaha untuk ingin mengerti maksud dari perkataan.

  • Lakukan Kegiatan Produktif Bersama

Tips menghadapi orang tua yang alami post power syndrome yang terakhir yakni tetap ajak kegiatan produktif. Meski orang tuamu tidak bekerja lagi, kita tetap perlu ajak mereka untuk melakukan kegiatan yang produktif. Tidak perlu dengan kegiatan yang bisa hasilkan uang, cobalah kegiatan yang berguna untuk kesehatan fisik dan mental orang tua. Berkebun misalnya, kegiatan ini bisa menjadi kegiatan produktif dan memang paling pas dilakukan ketika di masa tua.

Melihat tanaman yang cantik hasil berkebunnya bisa saja turunkan stress mereka. Tidak itu saja, merawat tanaman itu bisa menjadi sebuah pelatihan kemandirian mereka dan adanya latihan dari rasa tanggung jawab mereka yang sejak dulu sudah mereka lakukan terus menerus saat bekerja. Kalau orang tuamu mengalami keadaan sindromnya, kamu perlu dampingi saja merek dengan baik tanpa merasa emosi dan tetap berikan empati sebagai anak yang baik.

Itulah ulasan lengkap mengenai tips hadapi orang tua. Sebagai anak, tentu penting sekali menghormati orang tua dan menjaga kesopanan didepannya.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tips Tepat Hadapi Quarter Life Crisis, Yuk Bangkit!

dailyxpressnews.com - Tumbuh menjadi dewasa memang bukan hal yang mudah, gak jarang kita menemukan kenyataan yang tidak sejalan dan terkadang baru disadari ketika menginjak...

Wajib Terapkan! Inilah Berbagai Hal Etika Baik Gunakan Toilet Umum!

dailyxpressnews.com - Kamu yang suka berpergian atau melakukan travelling ke manapun pasti selalu membawa etika yang baik dimanapun kamu berada sebagai basic menor sekalipun...

Manfaat Mengkonsumsi Teratai Untuk Tubuh, Sudah Tahu Belum?

dailyxpressnews.com - Siapa yang tidak tahu teratai, teratai merupakan tanaman akuatik yang biasa tumbuh di kolan atau danau, tanaman ini dikenal karena memiliki bunga...