Suka Jamur? Berikut Ini Manfaat Jamur Shiitake Untuk Kesehatan

Dailyxpressnews.com РJamur shiitake merupakan salah satu jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia dan banyak juga yang menyukai jamur ini. Jamur shiitake sendiri berasa dari Asia Timur sekitar Cina, Jepang, dan Korea, jamur ini bisa tumbuh di lingkungan yang panas dan lembab, secara tradisional mereka dibudidayakan di atas kayu gelondongan namun belakangan ini banyak orang yang menggunakan media beras, bubur kayu alami atau substrat buatan.  Jamur ini biasanya jadi hidangan di negara Asia Timur, dan digunakan dalam sup dan sebagian besar jadi makanan sehari-hari, tahukah kamu manfaat jamur shiitake sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Jamur Shiitake Untuk Kesehatan, Konsumsi Secara Rutin

Manfaat-Jamur-Shiitake

  1. Mendukung Kesehatan Tulang
    Manfaat pertama dari jamur shiitake yaitu mendukung kesehatan tulang agar lebih kuah, hal ini membuat kamu terlindung dari penyakit radang sendi dan osteoporosis. Tulang sendiri merupakan gudang dari semua kalsium, kapanpun tubuh kamu membutuhkannya, kalsium merembes ke aliran darah, maka dari itu sangat penting sekali untuk menjaga pasokan tetap kuat dan konstan. Jamur shiitake sendiri memiiki kandungan kalsium yang cukup banyak dan tembaga yang membantu sistem untuk mempertahankan struktur tulang yang sehat dan tepat, zat besi juga dapat membantu dalam membangun sel darah dan bisa mencegah anemia. Zat kalsium dan tembaga bersama-sama menjaga tulang dan sendi akan menjadi semakin kuat. 
  2. Melindungi Jantung
    Manfaat jamur shiitake yang selanjutnya yaitu melindungi jantung, jantung sendiri merupakan bagian paling kuat dan paling sensitive juga dari bagian tubuh yang lainnya. Sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat, jamur shiitake mengandung cukup banyak zat besi yang sangat penting untuk sirkulasi darah sehat dalam tubuh. Jamur ini juga memiliki kandungan enzim unik yang disebut dengan eritadenine untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dengan cara menurunkan tekanan darah. Sirkulasi yang mudah dan pembuluh yang tidak tersumbat artinya tekanan yang lebih rendah pada jantung akan menjaga kesehatan dan kinerja jantung dengan optimal. 
  3. Mendukung Pencernaan
    Siapa yang sering mengalami masalah pencernaan wajib sekali mengkonsumsi jamur ini secara rutin. Pada 100 gram jamur shiitake sendiri memiliki kandungan 2,5 gram serat makanan, serat tersebut bisa membersihkan sebagian besar sistem pencernaan kita dari racun dan bisa menghilangkan sembelit. Jamur yang satu ini juga memiliki kandungan 8 asam amino esensial dan asam linoleat, yang merupakan asam lemak esensial untuk meningkatkan pencernaan dan bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Gak heran kalau orang yang sedang berdiet pastinya akan sering mengkonsumsi jamur karena selain memang kandungannya nutrsinya yang banyak, jamur ini juga termasuk jenis yang mudah didapatkan. 
  4. Sumber Energi Yang Baik
    Manfaat jamur shiitake yang selanjutnya yaitu menjadi sumber energi yang baik, untuk mengimbangi kehidupan yang bergerak cepat tentunya setiap manusia membutuhkan energi yang cukup besar. Jamur shiitake ini dikemas dengan beberapa vitamin maupun mineral yang sangat penting untuk metabolisme dan produksi energi, jamur ini sendiri mengandung vitamin folat dan vitamin B seperti vitamin B2, vitamin B6, dan juga B3 bersama dengan asam pantotenat. Kemudia ada juga kansudngan zat tembaga, semua nutrisi yang terkandung di dalam jamur ini bisa meningkatkan laju metabolisme dan menghasilkan energi yang cukup banyak. 
  5. Membantu Mengatasi Kanker Payudara
    Manfaat yang selanjutnya yaitu dapat membantu mengatasi kanker payudara, jamur shiitake sendiri kaya dengan kandungan antioksidan dan menyingkirkan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kanker. Jamur ini mengandung asam loneleat yang dapat mengatur kadar estrogen dan mengurangi bahaya kanker payudara, jadi jika kamu memiliki¬† resiko penyakit kanker payudara bisa memasukan jamur ini ke dalam makanan sehari-hari untuk menghindari penyakit kanker payudara. 
  6. Mengelola Diabetes
    Manfaat jamur shiitake yang selanjutnya yaitu dapat mengelola diabetes, penyakit yang satu ini memang diketahui dialami oleh banyak orang, para peneliti sendiri sudah menunjukan kalau pati dalam jamu shiitake dapat memecah gula dari makanan yang kita konsumsi. Jamur ini juga memiliki kandungan sekitar nol persen lemak dan kolesterol, selain itu jamur ini juga tidak memiliki banyak karbohidrat yang menjadikannya elemen makanan sempurna bagi para penderita diabetes. Mengkonsumsi setiap hari jamur shiitake dapat mengatur kadar gula darah kiita dan membawanya ke titik yang lebih sehat, jadi jangan lupa untuk memasukan jamur dalam makanan sehari-hari.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...