Simak Nih, Cara Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

dailyxpressnews.com – Sebelum mengalami masa pandemi seperti ini, mungkin kamu tidak terlalu untuk memikirkan upaya untuk jaga kesehatan mental lantaran kamu sudah melakukannya secara tidak sadar. Namun, saat situasi seperti ini bukan hanya fisik saja yang perlu tetapi mental juga perlu dijaga kesehatannya. Suasana yang selalu mengkhawatirkan ini memang serba tidak pasti dan membuat kamu dan beberapa orang terisolasi.

Tidak bisa lagi melakukan cengkraman dengan teman dan melakukan aktivitas yang menimbulkan kerumunan setiap aktivitas. Tidak heran kalau semakin hari semakin banyak saja orang yang merasakan seakan dirinya sedang kehilangan sebuah kewarasan. Untuk kamu yang ingin sehat fisik dan mental sudah seharusnya cari tahu cara sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang banyak atau melakukannya ke luar rumah. Langsung saja untuk kamu yang ingin tau caranya, bisa dengan menyimak penjelasan dibawah ini mengenai langkah sederhana.

Langkah Sederhana Jaga Kesehatan Mental yang Perlu Kamu Ketahui

1. Mengucapkan Kata Positif Ke Diri Sendiri
Cara pertama yang paling sederhana untuk jaga kesehatan mental yakni dengan melakukan pengucapan secara positif ke diri sendiri. Pemikiran yang positif ini ternyata bisa menjaga kesehatan pada mental seseorang. Ini tampak dari penelitian terhadap sejumlah penderita gangguan kecemasan yang diberikan latihan berpikir positif. Hasilnya akan berefek ke tingkat kecemasan yang menurun. Pastinya dengan adanya kata positif yang terdengar oleh diri kamu sendiri pasti akan berdampak baik juga kedepannya.

2. Fokus Pada Satu Waktu
Pernah melakukan kegiatan yang membuat kamu jadi multitasking? Ternyata multitasking sendiri akan memberikan tekanan yang berlebihan. Ada baiknya hindari dan mulailah untuk fokus pada satu hal dan satu waktu saja. Sebagai informasi ketika jenis media yang digunakan secara bersamaan atau ketika satu jenis media layar digunakan saat melakukan tugas lain. Pelaku multitasking media berat ini kinerjanya bakal lebih buruk untuk tas kemampuan pengalihan tugas. Kemungkinan media akan kesulitan dalam menyaring informasi yang tidak relevan. Fokus pada satu waktu rupanya sangat penting untuk kamu miliki demi menjaga mental kamu dengan baik.

3. Terbuka
Selama masa pandemi ini, kita memang tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas diluar rumah, jka bukan urusan esensi, apa lagi kumpul-kumpul. Akan tetapi mengobrol dengan teman atau keluarga melalui jaringan Internet juga sangat bagus untuk melakukan cara terbaik seperti ini. Kamu bisa melakukan saling kirim pesan, telepon atau panggilan Video. Banyak studi yang menunjukkan pembicaraan soal masalah dan berbagai emosi negatif kepada orang yang kamu percayai. Bahkankan hal ini sering dipercaya sebagai cara ampuh untuk menyembuhkan stress. Siapa nih yang masih terus memendam obrolan dalam hati saja? Bagaimana bisa menyelesaikan masalahnya jika kamu sendiri belum bisa untuk melakukan cara sederhana seperti terbuka seperti ini?

4. Lakukan Kegiatan Hobi
Penelitian di tahun 2009 yang dilakukan oleh University of Sussex yakni dengan membaca saja stress bisa berkurang sebanyak 68 persen. Tentu saja hal ini bisa membuat datanya menjadi menarik setelah dipaparkan oleh World Literacy Foundation. Sedangkan dengan membaca selama 6 menit tingkat detak jantung bakal berkurang secara drastis. Jika kamu membaca saja bisa memunculkan efek tersebut hobi lainnya uga bisa berikan efek yang serupa. Sam halnya jika kamu melakukan kegiatan yang bisa dibilang sebagai hobi untuk kamu coba. Pastinya mental kamu akal terjaga dengan baik.

5. Berolahraga
Nah, terakhir cara sederhana jaga kesehatan mental yakni bisa dilakukan dengan cara melakukan aerobik. Kegiatan ini akan membawa perubahan luar biasa pada tubuh, metabolisme, semangat dan jantung. Olahraga juga memiliki cara unik untuk rileks dan bisa memunculkan perasaan senang. Manfaat latihan aerobik untuk kesehatan menta memiliki dasar Neurokimia. Olahraga dapat mengurangi kadar hormon stress tubuh. Faktor perilaku untuk berkontribusi pada manfaat emosional dari olahraga. Sabar lingkar pinggang menyusut dan kekuatan stamina semakin meningkat, Citra diri juga semakin bertambah. Kalau kamu ingin jaga kesehatan pada mental dengan cara seperti apa? Cara sederhana satu sampai lima ini sudah sangat mudah untuk kamu terapkan.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Alasan Wajib Nonton Film Zombie Kingdom: Ashin Of The North

Dailyxpressnews.com - Setelah Drama Korsel yang terpopuler rupanya banyak episode spesial ketika nonton film zombie Kingdom: Ashun Of The North, ini alasannya! Ternyata drama...

Makanan Mengganggu Sistem Pencernaan Anak, Jangan Konsumsi Berlebihan

dailyxpressnews.com - Ada beberapa jenis makanan mengganggu sistem pencernaan anak yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Pada masa pertumbuhan atau yang biasa di sebut dengan...

Cemilan Manis Khas Medan Paling Enak, Cocok Untuk Oleh-Oleh

dailyxpressnews.com - Cemilan manis khas Medan bisa menjadi salah satu teman saat bersantai  ataupun dijadikan oleh-oleh. Medan  sendiri merupakan salah satu kota terbesar ketiga...