Review Film Keramat 2: Caruban Larang, Tanpa Skrip Tapi Keren!

Dailyxpressnews.com – Film Keramat 2: Caruban Larang belum lama ini resmi tayang di bioskop sejak tanggal 24 November 2022 ini. Film ini merupakan film horor yang dibuat dengan pendekatan dokumenter dan digarap oleh Monty Tiwa yang juga menjadi sutradara di Keramat pertama yang sudah rilis pada tahun 2009 lalu. Film ini memiliki jalan cerita yang cukup menarik, terlebih lagi di sekuel keduanya ini film direkam tanpa skenario dan hanya mengandalkan tiga kamera saja, para karakter di film ini diteror hantu dan misteri. Walaupun tidak menggunakan skrip, justru membuat film ini terasa natural. Berikut review filmnya buat kamu yang belum nonton.

Review Film Keramat 2: Caruban Larang, Keseramannya Terasa Natural

Film-Keramat-2

     1. Sinopsis Keramat 2: Caruban Larang

Keramat 2: Caruban Larang ini menceritakan tentang sekumpulan anak muda dari Jakarta yang berangkat menuju ke Cirebon, dengan berbagai tujuan yang berbeda. Arla, Jojo, Maura, yang ingin melakukan riset tugas akhir dibantu dengan Umay yang sedang membuat film dokumenter.

Mereka juga bertemu dengan Ajil dan Keanu yang berperan sebagai youtuber mistis, di mana keduanya ingin membuat konten untuk mempertahankan eksistensi mereka. Namun keadaan mulai tidak terkendali ketika seorang sahabat lama Keanu dan Ajil, yaitu Lutesha secara tiba-tiba muncul dan memperingatkan bahwa semuanya harus segera pulang ke Jakarta.

Karena jika mereka melanjutkan tujuan masing-masing akan ada bahaya yang mengancam mereka semua, tanpa menghiraukan ancaman dari Lutesha, mereka justru tetap menyelesaikan apa yang sudah mereka mulai.

     2. Cukup Beda Dari Film Pertamanya

Kalau dibandingkan dengan film sebelumnya, film ini mengikuti zaman yang lebih modern dibanding Keramat versi pertama. Karena memang terlihat dari perbedaan tahun, gak heran kalau versi yang sekarang lebih modern, walaupun berbeda kesan mistis dan menyeramkan film tersebut masih sangat terasa.

Kalau pada film pertamanya pembawaan alur ceritanya terkesan serius, maka sangat berbanding terbalik dengan Keramat 2. Pada sekuel keduanya ini ada sentuhan baru yang lebih segar dan dapat diterima oleh masyarakat kini, kesan seram tidak selalu ditampilkan, tapi tetap menawarkan kisah yang tidak kalah mencekam.

Hal ini tentunya karena kehadiran dari dua bintang menonjol, seperti Keanu dan Lutesha, humor yang dilontarkan oleh Keanu dapat menyaingi akting luar biasa yang ditampilkan oleh karakter Lutesha. Keberadaan mereka juga memberikan nilai lebih dari Keramat 2.

     3. Berbagai Aspek Terlihat Lebih Baik

Mulai dari sinematografi hingga jalan cerita nya berkembang luas, film Keramat 2 ini tidak mengecewakan untuk dinikmati. Monty Tiwa membuat film sekuel ini lebih matang dan lebih mudah untuk dinikmati, alih-alih seluruh adegan direkam apa adanya, film ini diatur sebaik mungkin agar menjadi sebuah film ala found footage yang sangat nyaman di lihat.

Film ini juga memiliki banyak kepetingan tidak hanya bertahan hidup saja, walaupun tidak ingin mati, tapi mereka juga bersedia mengorbankan nyawa untuk menemukan jiwa yang hilang. Tiga mahasiswa tari yang ingin menyelesaikan tugas, dua youtuber mistis yang mendongkrak popularitas dan seorang kameramen baik hati, yang membuat jalan cerita dari film ini dibangun dengan solid.

Yang menarik dari film ini para karakter akting tanpa skrip, walaupun tanpa naskah, tapi dialog sepanjang film justru terasa sangat natural dan tidak kaku. Penonton ikut merasakan emosi, ketawa, hingga ketakutannya, terlebih lagi ketika mereka sudah mulai mendapatkan teror mistis, ketakutan dan tangis terasa apa adanya.

     4. Akhir yang Masih Penuh Misteri Dan Plot yang Berhubungan dengan Keramat 2009

Ending dari film horor Keramat 2 ini juga masih menyimpan segudang misteri, terlebih lagi ketika dialog salah satu karakter di rumah sakit yang seperti bukan dirinya. Sukma asli dirinya tampaknya masih terjebak dalam dunia yang berbeda, melihat mundur beberapa menit sebelum ending, penonton pasti mengingat bahwa disitu ada penjelasan tentang salah satu karakter ini.

Terlebih lagi dilihat dari reaksi karakter lainnya yang ikut kaget. Disamping itu, Monty Tiwa selaku sutradara tampaknya ingin memberikan kejutan untuk penonton, terutama yang sempat menonton film Keramat tahun 2009. Akan ada sesuatu yang menghubungkan film Keramat 2: Caruban Larang ke film sebelumnya, penasaran? Saksikan di bioskop ya!

Similar Articles

Comments

Most Popular

Cara Mudah & Efektif untuk Selesaikan Konflik dengan Tim Kerja

Dailyxpressnews.com - Didalam dunia pekerjaan, ternyata salah paham pasti akan timbul dan hal ini merupakan masalah yang kerap kali terjadi. Perbedaan pendapat terkadang menyebabkan...

Tips Memiliki Prasangka Baik Sama Orang Lain, Cobalah Empati!

Dailyxpressnews.com - Kamu yang ingin sekali memiliki hubungan baik dengan banyak orang, tentu saja perlu memiliki prasangka baik ke orang lain dulu. Jangan buang...

Agar Hasil Optimal, Ini Dia Cara Benar Menggunakan Masker Spirulina!

Dailyxpressnews.com - Adakah dari anda yang gemar menggunakan masker untuk menghasilkan wajah yang cerah dan terawat? Jika ya, pastinya sudah tidak asing lagi apabila...