Pewarna Makanan Alami Yang Lebih Sehat Dan Efektif

dailyxpressnews.com – Pewarna makanan memang banyak dijual instan, tapi kalau kamu ingin lebih sehat bisa menggunakan pewarna makanan alami yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan. Selain rasa, warna makanan memang cukup berpengaruh dalam meningkatkan nafsu makan, saat melihat makanan yang menarik dari segi warna dan bentuk pastinya selera makan kamu meningkat bukan?

Untuk mempercantik suatu makanan biasanya memerlukan pewarna makanan yang berasal dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan daun-daunan untuk mewarnai makanan. Selain warna yang cantik kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang baik.

Alternatif Pewarna Makanan Alami Yang Efektif

Pewarna Makanan Alami
Wortel

Daripada pakai pewarna buatan, kamu bisa memilih wortel sebagai pewarna alami. Wortel selain dimasak ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami, apalagi wortel memiliki zat yang baik untuk kesehatan mata, dan juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga masakan kamu pastinya akan lebih kaya nutrisi. Untuk mendapatkan warna kuning dari wortel kamu bisa menghaluskannya dan menyaringnya.

Pewarna Makanan Alami
Ubi Ungu

Pewarna makanan alami selanjutnya bisa kamu manfaatkan dari ubi ungu, umbi-umbian yang satu ini memiliki warna yang kuat dan khas. Ubi ungu dapat menjadi alternatif pewarna makanan yang pastinya lebih sehat, tidak banyak yang tahu kalau ubi ungu dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami untuk membuat rainbow cake atau untuk membuat berbagai makanan lainnya. Daripada kamu mencari pewarna ungu, ubi ungu bisa jadi alternative karena memiliki warna ungu yang tidak kalah cantik selain itu juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, kamu bisa menggunakan ubi ungu untuk pewarna puding dan donat.

Pewarna Makanan Alami
Buah Naga Merah

Buah Naga merah juga bisa menjadi pilihan kamu untuk membuat pewarna makanan alami. Warna merah dari buah naga memang cukup tajam, alhasil buah yang satu ini sering dipilih untuk menjadi warna merah, kalau kamu ingin pewarna makanan yang berwarna pink kamu bisa mengurangi jumlah banyaknya buah naga ke dalam olahan yang kamu buat. Sebelum menggunakan pewarna dari buah naga ini jangan lupa menyaring bijinya terlebih dahulu.

Pewarna Makanan Alami
Bayam

Pewarna makanan alami selanjutnya yaitu bayam, tidak hanya pandan saja yang sering digunakan untuk membuat pewarna makanan. Bayam yang memiliki kandungan dan zat-zat dan nutrisi yang baik untuk tubuh juga bisa kamu manfaatkan sebagai pewarna makanan. Bayam sendiri sebagai sayuran yang populer dengan kandungan zat besi, biasanya bayam dimasak menjadi sayur bening bersama dengan kacang panjang, tapi sayuran yang satu ini juga bermanfaat sebagai pewarna makanan alami, caranya juga cukup mudah. Hanya tinggal merebus, kemudian haluskan bayam dan ambil sarinya.

Pewarna Makanan Alami
Daun Suji

Daun suji sama seperti pandan, bahkan pada beberapa olahan daun suji dan daun pandan sering digunakan bersama. Selain bayam, daun suji dapat digunakan untuk mewarnai makanan, daun yang memiliki kandungan zat tanin ini diklaim dapat mencegah sembelit. Jadi selain membuat makanan kamu lebih menarik dipandang, daun suji juga memiliki khasiat yang cukup bagus untuk kesehatan. Biasanya daun suji digunakan untuk membuat makanan tradisional.

Pewarna Makanan Alami
Gula Aren

Pewarna makanan alami selanjutnya gula aren, selain berfungsi sebagai pemanis makanan, gula aren juga bisa menjadi pewarna makanan alami. Penggunaan gula aren dalam masakan sebenarnya sudah biasa, gula ini juga sering dijadikan pemanis untuk membuat cendol, bubur, atau kolak. Namun selain digunakan sebagai pemanis, gula aren juga bisa digunakan untuk pewarna alami, sesuai dengan warnanya gula aren akan menghasilkan warna coklat.

Pewarna Makanan Alami
Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki kandungan zat yang dibutuhkan untuk tubuh. Rempah-rempah yang satu ini tidak asing lagi ditelinga banyak orang, khususnya di Indonesia, kunyit memang cukup sering digunakan untuk memberikan warna pada masakan, selain mengubah rasa kunyit menghasilkan warna kuning yang cantik. Salah satu masakan yang memanfaatkan warna kunyit yaitu nasi kuning, kebanyakan orang menggunakan kunyit untuk membuat nasi kuning karena memberikan aroma yang lebih harum.

Pewarna Makanan Alami
Bubuk Coklat

Pewarna makanan alami selanjutnya ada bubuk coklat, selain gula aren yang memberikan warna coklat. Bubuk coklat juga bisa dijadikan pewarna untuk kue, bubuk coklat berasal dari biji buah coklat, biasanya bubuk coklat disantap sebagai minuman tapi sering juga digunakan sebagai bahan campuran kue dan roti, selain sebagai alternatif pewarna juga memberikan aroma dan cita rasa coklat.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Lakukan Cara Ini Untuk Mengasah Kreativitas Anak

dailyxpressnews.com - Anak anak pada masa pertumbuhannya masih sangat aktif dan ingin mengetahui banyak hal yang ada di dekatnya. Oleh karena itu peran orang...

Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Yang Tidak Boleh Dilewatkan

dailyxpressnews.com - Ada beberapa makanan untuk kolesterol tinggi yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya menurunkan kolesterol memang tidak mudah dan tidak selalu harus menggunakan...

Wisata Di Blitar Terpopuler, Ada Makam Bung Karno

dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Blitar? Jangan lupa mampir ke beberapa wisata di Blitar terpopuler, Blitar memang memiliki destinasi yang cukup lengkap. Mulai dari...