Penyebab Susah Tidur Yang Wajib Diketahui, Gak Selalu Karena Kondisi Badan

dailyxpressnews.com – Ada beberapa penyebab susah tidur yang sering dialami banyak orang, kamu pasti pernah mengalami sulit tidur bukan? Mengalami sulit tidur membuat banyak orang merasa tidak nyaman, setelah sibuk beraktivitas seharian, biasanya kebanyakan orang ingin langsung masuk ke kamar, naik ke kasur terus tidur tapi justru ketika sudah sampai dikamar mata malah melek terus padahal tubuh sudah merasa lelah dan ingin tidur cukup agar besok pagi merasa lebih segar. Hal ini memang cukup sering terjadi, susah tidur hingga kepala pusing tidak boleh kamu biarkan terus menerus.

Sulit tidur ini dapat membuat hati kamu gelisah dan memicu berbagai penyakit fisik maupun mental, kalau merasa sering mengalami sulit tidur dan sering buang air kecil coba untuk mengecek apa yang kamu lakukan setiap sebelum tidur. Kondisi sulit tidur tidak melulu karena kondisi badan, ada beberapa hal yang bukan dari kondisi badan dan hal tersebut justru menjadi pemicu seseorang sulit tidur, bahkan banyak orang yang sering melakukan hal hal ini. Coba kamu baca terlebih dahulu hal hal di bawah ini yang menyebabkan sulit tidur, kalau ada salah satu yang pernah kamu lakukan atau alami sebaiknya ubah kebiasaan buruk itu ya.

Penyebab Susah Tidur Selain Karena Kondisi Badan

Penyebab susah tidur

Cahaya Kurang Gelap

Penyebab sulit tidur yang pertama bisa jadi karena cahaya di kamar kamu kurang gelap, ternyata cahaya yang kurang gelap sering menjadi penyebab seseorang sulit tidur. Menurut sebuah penelitian, cahaya lampu yang terang bisa mengurangi produksi melatonin atau hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang menyebabkan rasa ngantuk, kamu pernah merasa kepala pusing dan mual? Hal ini bisa jadi karena lampu kamar kamu masih terang. Untuk mengatasinya coba terbiasa tidur dengan cahaya yang gelap, selain membuat kamu mudah mengantuk juga membuat tidur kamu berkualitas.

Suhu Tubuh Dan Ruangan Yang Terlalu Hangat

Penyebab susah tidur selanjutnya bisa jadi karena suhu tubuh dan ruangan kamu terlalu hangat sehingga dapat menghambat tidur mencapai fase yang lebih dalam atau fase bermimpi. Ini mengapa mimpi akan sering muncul ketika suhu ruangan saat kamu tertidur cenderung stabil atau mengarah ke dingin, salah satu cara mengatasinya kamu bisa menaikan suhu pendingin ruangan dikamar kamu menjadi sejuk agar lebih cepat untuk tidur.

Terlalu Banyak Makan Protein

Tubuh memang membutuhkan protein, namun jika mengkonsumsi protein berlebihan atau saat sebelum jam tidur kamu hal ini akan membuat sistem pencernaan terus bekerja sekalipun sudah masuk waktu tidur kamu karena protein membutuhkan banyak energi untuk mencernanya. Untuk mengatasinya, jangan mengkonsumsi protein sebelum tidur, atau kamu bisa mengkonsumsi kacang kacangan, susu, atau teh camomile sebelum kamu tertidur.

Masih Bermain HP Atau Laptop

Penyebab susah tidur selanjutnya sama seperti lampu kamar tidur kamu, cahaya pada barang elektronik juga dapat menyerang retina dan mengganggu hormon melatonin. Tidak hanya membuat kamu sulit tidur namun juga bisa membuat kamu mengantuk di pagi harinya, karena hal ini kamu juga jadi susah tidur di siang harinya, maka dari itu sebaiknya berhenti menggunakan ponsel sebelum masuk jam tidur kamu, kalau masih ingin bermain ponsel dan tubuh kamu merasa tidak segar di pagi hari, ya berarti ini kesalahan dari dirimu sendiri. Yuk mulai ubah pola hidup yang lebih baik.

Kelaparan

Perut yang kosong juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang susah tidur, pasti kamu merasa tidak bisa tidur bukan saat kamu sedang lapar? Hal ini ternyata dapat menyebabkan penurunan gula darah, yang bisa membuat kamu terbangun di malam hari. Untuk mengatasinya usahakan perut kamu sudah terisi setidaknya 2 jam sebelum kamu tidur, tapi perlu diingat juga jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak atau protein berlebih karena bisa membuat penumpukan lemak pada tubuh kamu.

Obrolan Serius Dengan Pasangan

Penyebab susah tidur selanjutnya yang efeknya tidak terlihat yaitu saat kamu memulai obrolan serius dengan pasangan, obrolan serius dengan pasangan ini dapat memicu respon stres karena produksi kortisol dan adrenalin yang meningkat. Peningkatan hormon ini dapat membuat kamu menjadi sulit tidur bahkan terjaga hingga larut malam, sering mengalami ini? Untuk mengatasinya kamu bisa mengelola stres kamu dengan baik dan coba untuk melakukan hal lain yang mengalihkan pikiran kamu.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...