Penyebab Berat Badan Stuck, Meskipun Sudah Melakukan Defisit Kalori

dailyxpressnews.com – Banyak yang tidak menyadari penyebab berat badan stuck ternyata karena pola hidup yang kamu jalani. Memiliki berat badan yang ideal merupakan salah satu impian banyak orang, khususnya bagi kebanyakan perempuan, untuk menurunkan berat badan sebenarnya mudah. Ada 3 point penting yang perlu kamu terapkan, yaitu konsisten, sabar dan ubah pola hidup, menurunkan berat badan dengan cara alami memang membutuhkan waktu yang tidak singkat, maka dari itu kamu perlu tetap konsisten dan nikmati prosesnya. Salah satu cara diet yang sering diterapkan banyak orang yaitu defisit kalori.

Metode yang satu ini merupakan salah satu metode yang banyak dilakukan dan dinilai cukup ampuh dalam menurunkan berat badan. Metode ini sering diandalkan karena tidak memiliki syarat diet yang terlalu kaku dan ketat, sayangnya banyak orang yang melakukan defisit kalori tapi salah penerapan sehingga tidak membuahkan hasil. Jadi kalau kamu mengeluh “kok berat badan saya stuck ya?” itu mungkin ada kesalahan dalam metode yang kamu gunakan, jangan menyerah begitu saja untuk menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa penyebab yang membuat berat badan kamu stuck meskipun kamu sudah defisit kalori.

Penyebab Berat Badan Stuck Yang Perlu Kamu Perhatikan

Penyebab berat badan stuck

1. Kamu Salah Menerapkan Metode Defisit Kalori

Kunci utama agar kamu sukses diet yaitu tepat dalam menerapkan metode diet, salah satunya metode defisit kalori ini. Cara ini kamu harus mengurangi jumlah kebutuhan harian dalam batas yang wajar, sayangnya banyak orang yang sudah melakukan defisit kalori dengan baik, padahal kalau dihitung hitung biasa saja orang tersebut makan dengan jumlah yang sedikit namun kandungan kalori di dalamnya melebihi batas kalori harian. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam menghitung jumlah defisit kalori, yaitu dengan menggunakan kalkulator kalori online yang mudah ditemui di internet.

2. Laju Metabolisme Mengalami Penurunan

Penyebab berat badan stuck selanjutnya yaitu karena laju metabolisme tubuh kamu mengalami penurunan, diet rendah kalori dapat menurunkan sistem metabolisme sebanyak 23 persen. Tidak hanya itu saja, semakin ringan berat badan kamu, maka akan semakin rendah metabolisme yang terjadi di dalam tubuh kamu, gak heran kalau banyak orang yang saat awal melakukan diet merasa lebih mudah untuk menurunkan berat badannya.

Jika kamu sudah mengalami penurunan berat badan, maka jumlah asupan kalori dan olahraga yang kamu lakukan harus mengalami perubahan juga, sebab hal ini juga akan sangat berpengaruh pada program defisit kalori, timbang berat badan kamu secara rutin. Jika sudah ada penurunan maka kamu harus hitung ulang berapa kalori yang kamu butuhkan.

3. Jam Tidur Kurang

Tidur memang terdengar sepele namun ternyata jam tidur sangat penting diperhatikan, jangan berfikir kalau hanya dengan melakukan defisit kalori maka program diet yang kamu jalani dijamin lancar. Keberhasilan program diet juga ditentukan oleh faktor lain, contohnya rutinitas olahraga serta tidur yang cukup dan berkualitas, tidur tidak akan menyebabkan berat badan menjadi turun.

Tapi jika memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas maka metabolisme kamu akan semakin baik, sehingga mempengaruhi keberhasilan kamu dalam program diet yang dijalani. Tidur yang cukup juga mempengaruhi dua hormon penting di dalam tubuh, yaitu ghrelin dan leptin, ghrelin sendiri merupakan hormon yang memberitahumu kapan harus makan dan leptin hormone yang memberitahumu kapan harus berhenti.

4. Terlalu Stres Saat Defisit Kalori

Penyebab berat badan stuck yang umum terjadi dan sudah sangat sering terjadi yaitu karena stress, pembatasan jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh dapat membuat beberapa orang mengalami stress. Berdasarkan dari salah satu jurnal menyebutkan kalau jumlah asupan kalori yang rendah dapat meningkatkan jumlah hormon kortisol.

Tingkat kortisol yang tinggi bisa membuat tubuh kamu menahan air, yang mana air yang tertahan ini bisa menyebabkan tubuh menggembung. Kalau kamu menimbang berat badan namun tidak mengalami perubahan, bisa jadi tingkat kortisol kamu tinggi, memang terlihat mudah dalam menerapkan metode ini. Tapi jika kamu salah dalam menerapkan maka hasilnya juga tidak akan memuaskan.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...