Mengenali Ciri-Ciri Psikopat, Waspada Sekitar Anda Sejak Dini!

Dailyxpressnews.com – Anda mungkin sering mendengar kata ‘psikopat’, bukan? Entah melalui film, suatu kejadian yang menggemparkan, atau cerita horror-sadis yang akan menemani anda dan telah menjadikan kata ‘psikopat’ adalah hal yang sangat lumrah terjadi di dunia ini. Pernahkah anda mencoba untuk mengenali ciri-ciri psikopat sejak dini sebagai antisipasi hal yang akan membahayakan diri anda? Pada dasarnya, istilah mengenai psikopat ini tidak bisa digunakan sembarangan, sehingga menjadikan banyak pemahaman mengenai psikopat ini kian beragam.

Apa sih arti dari psikopat yang sebenarnya? Psikopat merupakan seseorang yang senang dalam memanipulatif dan mudah sekali untuk mendapatkan rasa kepercayaan orang lain. Mereka yang tergolong psikopat akan dengan mudah belajar untuk meniru emosi, yang sebenarnya bukanlah emosi yang sedang mereka rasakan, dan akan tampak seperti orang normal pada umumnya.

Biasanya, psikopat seringkali memiliki gelar yang berpendidikan dan memiliki pekerjaan stabil, beberapa psikopat ada yang memiliki karier cukup bagus, sehingga sangat baik dalam memanipulasi dan mimikri.

Bahkan, terkadang psikopat memiliki keluarga dan hubungan jangka panjang tanpa seorang pun tahu bahwa sifat sejati yang dimilikinya bukan lah seperti apa yang ditampilkan di umum. Inilah kenapa banyak orang yang tidak menyadari dan tidak menyangka mengenai ciri-ciri psikopat karena penderita dapat menyembunyikannya dengan tertutup dan sebaik mungkin.

Seseorang yang tergolong psikopat biasanya tidak bisa membedakan mana hal yang benar dan hal yang salah, sehingga banyak sekali diantara mereka yang melakukan hal tidak bermoral, bahkan melakukan tindak kriminal, tanpa adanya rasa bersalah atau rasa penyesalan.

Namun, tidak semua psikopat adalah pembunuh berdarah dingin seperti kejadian nyata atau film horror. Mungkin diam-diam di sekitar anda pun sudah ada psikopat yang sedang berinteraksi dengan anda tanpa anda sadari sama sekali.

Scott A. Bonn Ph.D., yakni seorang Professor Sosiologi dan Kriminologi di Drew University, telah menjelaskan bahwasanya seorang psikopat tidak dapat membentuk hubungan emosional terhadap dirinya sendiri dan tidak memiliki rasa empati yang tinggi dengan orang lain, meskipun seringkali mereka memiliki kepribadian yang ramah, menghangatkan, atau justru mempesona.

Lantas, ciri-ciri apa saja yang sudah dipastikan bahwa dirinya adalah psikopat dan harus anda hindari sejak dini? Simak terus artikel yang satu ini sampai selesai dan waspadalah dengan sekitar anda!

Mengenali Ciri-Ciri Psikopat Sejak Dini Dan Waspadalah Dengan Orang Sekitar

Mengenali-Ciri-Ciri-Psikopat

Munculnya psikopat di tengah-tengah kerumunan publik, merupakan hal yang sangat mengerikan. Namun, apa daya jika psikopat yang dimaksud memiliki karakter ‘ganda’ dan sangat sulit untuk dikenal ketika mereka sedang bergaul di tengah masyarakat.

Biasanya, psikopat tidak akan mudah menunjukkan sifat sejati yang dimiliki nya, sehingga akan membuat banyak orang terjebak dengan topeng kepribadiannya. Berikut adalah ciri-ciri psikopat yang harus anda ketahui sejak dini:

     1. Mempesona Dan Pintar Dalam Bercakap

Ciri-ciri psikopat yang seringkali terjadi di urutan pertama, adalah memiliki kepribadian yang mempesona dan pintar dalam bercakap oleh banyak orang. Banyak orang yang mengira bahwasanya psikopat adalah sifat yang pendiam, takut akan dunia luar, dan menyendiri.

Padahal, justru pendapat tersebut tidaklah benar adanya dan justru kebalikannya. Psikopat memiliki kepribadian yang cenderung bertindak-tanduk baik, menarik, menawan, pintar mencari topik pembicaraan, dan juga cerdik. Pesona psikopat tersebut sangat lah membuat anda bingung.

Bagaimana tidak? Psikopat tidak lah pemalu, sadar diri, dan tidak takut dalam mengungkapkan banyak hal. Bahkan, psikopat tidak pernah sulit dalam berbicara atau mencari bahan perbincangan, sehingga obrolan ringan anda terasa sangat menyenangkan.

     2. Sangat Menyukai Anti Sosial

Meskipun tindak kekerasan adalah salah satu ciri-ciri psikopat yang seringkali disalah pahami oleh banyak orang, namun psikopat memang biasanya menyukai hal yang berkaitan dengan ‘bahaya’.

Seperti perilaku dalam menipu, berbohong hingga terus menerus, berkelahi, berzina, mencuri, merampok, dan membunuh, merupakan perilaku yang sangat menarik dan disukai oleh psikopat. Mereka tampak tertarik dan akan terlihat sangat senang dengan perilaku anti sosial yang berisiko tinggi tanpa adanya tujuan yang jelas.

Beberapa teori bahkan telah menjelaskan bahwasanya psikopat hanya ingin menempatkan dirinya dalam situasi yang berbahaya atau situasi yang akan membuat mereka tertangkap. Tentu hal tersebut sengaja dilakukan.

     3. Gaya Hidup Parasit

Mengenali ciri-ciri sifat psikopat kali ini mungkin akan terkesan mudah dibandingkan ciri-ciri lainnya. Biasanya, psikopat memiliki ketergantungan dengan orang lain dengan kesengajaan yang dilakukannya.

Sebagai contoh, hal yang berkaitan dengan uang. Ia pun sangat mampu dalam memanipulatif, egois, dan senang dalam mengeksploitasi atau pun memanfaatkan orang di sekitarnya hanya untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. Hal tersebut dilakukan karena psikopat memiliki kurang motivasi dari dalam diri, memiliki aturan disiplin yang sangat rendah, dan tidak mampu menyelesaikan tanggung jawabnya dengan optimal.

Psikopat tidak tanggung-tanggung akan menyebabkan kerugian besar bagi ‘korban’ yang telah di manfaatkannya. Itulah sederet cara mengenali ciri-ciri psikopat yang wajib diketahui sekarang juga.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Cara Mudah & Efektif untuk Selesaikan Konflik dengan Tim Kerja

Dailyxpressnews.com - Didalam dunia pekerjaan, ternyata salah paham pasti akan timbul dan hal ini merupakan masalah yang kerap kali terjadi. Perbedaan pendapat terkadang menyebabkan...

Tips Memiliki Prasangka Baik Sama Orang Lain, Cobalah Empati!

Dailyxpressnews.com - Kamu yang ingin sekali memiliki hubungan baik dengan banyak orang, tentu saja perlu memiliki prasangka baik ke orang lain dulu. Jangan buang...

Agar Hasil Optimal, Ini Dia Cara Benar Menggunakan Masker Spirulina!

Dailyxpressnews.com - Adakah dari anda yang gemar menggunakan masker untuk menghasilkan wajah yang cerah dan terawat? Jika ya, pastinya sudah tidak asing lagi apabila...