Manfaat Minyak Oregano Untuk Kesehatan Bisa Untuk Kolesterol

dailyxpressnews.com – Ada banyak manfaat minyak oregano yang baik untuk kesehatan oregano atau tanaman herbal yang sering dijadikan bumbu masakan atau penyedap makanan ini selalu hadir dalam berbagai masakan seperti masakan Italia, India dan Yunani. Oregano sendiri memiliki rasa dan aroma yang khas, sehingga jika di padukan dengan beberapa makanan akan menciptakan rasa yang semakin lezat, namun sejak zaman dahulu herbal yang satu ini dipercaya sebagai bahan pengobatan yang dulunya diolah menjadi minyak. Manfaatnya pun tidak main-main, beberapa manfaatnya pun sudah dilakukan penelitian terlebih dahulu, berikut ini manfaatnya.

Manfaat Minyak Oregano Yang Baik Untuk KesehatanManfaat Minyak Oregano

  1.  Punya Khasiat Antibiotik Alami
    Oregano memiliki kandungan carvacrol yang dianggap efektif untuk melawan bakteri, terutama Staphylococcus aureus. Bakteri yang satu ini bisa membuat seseorang mengalami infeksi kulit dan keracunan makanan, menurut sebuah studi menjelaskan kalau minyak oregano ini dapat menjadi antibiotik alami untuk mengatasi bakteri tersebut.

    Sebuah studi mengamati manfaat minyak oregano ini menggunakan 14 tikus yang terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus sebagai objek penelitian, selama 30 hari tikus tersebut diberi minyak oregano. Kemudian dari penelitian ini 44 persen tikus memiliki kelangsungan hidup yang sama dengan tikus yang menerima antibiotik biasa yang memiliki kelangsungan hidup 50 persen, sehingga minyak oregano ini sangat baik untuk melawat bakteri yang berpotensi kebal pada antibiotik.

  2. Mengobati Infeksi Jamur
    Manfaat minyak oregano selanjutnya dapat mengobati infeksi jamur, minyak oregano juga dikenal sangat manjur sebagai antifungal atau antijamur karena memiliki kandungan kadar timol yang tinggi. Menurut sebuah studi timol yang terkandung pada minyak oregano mampu menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk mengatasi infeksi jamur Candida albicans, Candida tropicalis, dan Candida krusei, perlu kamu ketahui kalau jamur Candida diketahui dapat menyebabkan beberapa jenis infeksi, seperti kandidiasis mulut, infeksi ragi, tinea pedis atau kurap dan juga bisa menyebabkan infeksi pada kuku tangan atau kaki.

  3. Mengurangi Inflamasi
    Minyak oregano juga diklaim mampu mengurangi inflamasi atau peradangan, senyawa carvacrol yang terkandung di dalamnya dapat bertindak sebagai agen anti inflamasi, hal ini sudah diteliti terlebih dahulu. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, mengamati berbagai studi perihal efek dari anti inflamasi carvacrol, menurut tim peneliti menemukan kalau carvacrol  ini mampu mencegah obesitas dengan mempengaruhi gen yang terlibat dalam inflamasi. Jadi kamu bisa mengkonsumsi minyak oregano secara rutin agar bisa mengurangi inflamasi.

  4. Menurunkan Berat Badan
    Manfaat minyak oregano selanjutnya cocok untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih sangat dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi minyak, atau makanan yang mengandung minyak tinggi seperti gorengan dan masih banyak lagi, namun ada beberapa minyak yang justru dapat membantu penderita obesitas untuk menurunkan berat badan, seperti salah satunya yaitu minyak oregano.

    Dalam sebuah jurnal menjelaskan bahwa senyawa carvacrol yang terkandung di dalam minyak oregano ini memiliki manfaat penting untuk menurunkan berat badan  berlebih bagi penderita obesitas. Senyawa penting ini mampu bermanfaat untuk mengganggu proses pembentukan dan penumpukan jaringan pada lemak, meskipun begitu kamu juga perlu imbangi dengan makanan sehat dan rutin berolahraga agar khasiatnya semakin terasa.

  5. Mencegah Kanker
    Dalam sebuah jurnal ilmiah menyatakan kalau minyak oregano ditemukan dapat membantu mencegah kanker usus besar dan kanker payudara jika dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang tepat. Dalam penelitian yang lainnya juga, minyak ini ditemukan dapat menghambat sel kanker paru-paru dan kanker prostat, meskipun penelitian menunjukkan hasil positif, namun minyak oregano bukan obat kanker atau untuk penyakit lainnya.

    Dari sekian banyak manfaat oregano yang yang sudah disebutkan tapi, tetap saja mengkonsumsi oregano harus dalam jumlah yang wajar dan tidak boleh berlebihan, yang pastinya kamu juga harus imbangin dengan olahraga dan menjaga pola makan yang sehat. Perlu diketahui, mengkonsumsi minyak oregano memiliki efek samping yang berbahaya jika digunakan sembarangan, dan sebaiknya minyak ini tidak digunakan untuk anak-anak, bayi, ibu hamil dan menyusii serta bagi pasien yang mengalami diabetes sebaiknya jangan mencoba minyak ini.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Air Terjun Di Meksiko Paling Indah, Bak Surga Tersembunyi

dailyxpressnews.com - Berikut ini ada beberapa air terjun di Meksiko paling indah yang bak surga tersembunyi dan sayang kalau kamu lewatkan. Meksiko sendiri merupakan...

Tips Hilangkan Bau Amis Ikan Dengan Bahan Alami Di Dapur

dailyxpressnews.com - Ikan memang pada dasarnya memiliki bau amis, berikut ini tips hilangkan bau amis ikan dengan bahan alami yang ada di dapur. Ikan...

Alasan Wajib Nonton Film Zombie Kingdom: Ashin Of The North

dailyxpressnews.com - Setelah Drama Korsel yang terpopuler rupanya banyak episode spesial ketika nonton film zombie Kingdom: Ashun Of The North, ini alasannya! Ternyata drama...