Manfaat Minum Teh Melati Secara Rutin Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

dailyxpressnews.com – Manfaat minum teh melati sangat baik untuk kesehatan, teh melati sendiri merupakan salah satu teh yang paling banyak dikonsumsi di belahan dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Ada bermacam macam ekstrak yang lazim ditambahkan ke dalam teh salah satunya yaitu bunga melati, kamu pasti sudah tidak heran kalau bunga melati sering dicampur dalam pembuatan teh. Tidak hanya memiliki aroma yang harum dan menenangkan, bunga melati juga ternyata memiliki manfaat bagi tubuh dan kesehatan, tidak heran bunga melati ditambahkan dalam beberapa produk makanan atau minuman maupun produk kecantikan.

Perpaduan teh dengan bunga melati membuat minuman ini digemari banyak orang karena memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang harum, bahkan tidak sedikit penelitian yang menyebutkan kalau teh melati ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Zaman sekarang teh melati bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari tambahan susu atau kopi bahkan berpaduan dengan cheese cream yang menjadi minuman teh kekinian, tapi sayangnya mengkonsumsi teh yang dicampurkan dengan pemanis buatan lainnya akan berbahaya bagi tubuh. Jika ingin mendapatkan khasiatnya untuk tubuh kamu bisa mengkonsumsi teh melati tanpa tambahan pemanis buatan, berikut ini manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsi teh melati.

Manfaat Minum Teh Melati Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat minum teh melati

Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mencoba untuk menambahkan teh melati dalam menu diet kamu sehari hari. Mengkonsumsi teh melati secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan serta mempercepat metabolisme, menurut penelitian teh melati dapat mempercepat metabolisme hingga 4-5 persen dan meningkatkan pembakaran lemak hingga 10-16 persen, walaupun 4 sampai 5 kesannya sedikit, itu berarti dapat membakar 70 – 100 kalori ekstra per harinya. Hal ini karena teh melati memiliki kandungan kafein dan polifenol EGCG, senyawa tersebut lah yang bekerja untuk meningkatkan efek pembakaran lemak satu sama lain.

Memerangi Radikal Bebas

Manfaat minum teh melati selanjutnya yaitu dapat memerangi radikal bebas karena teh melati memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang paling menonjol dalam teh melati yaitu katekin, zat ini bekerja didalam tubuh untuk menghancurkan agen berbahaya atau radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan katekin yang terkandung di dalam teh melati merupakan bagian integral dalam mencegah penyakit serius tertentu di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Teh melati memiliki kandungan zat polifenol yang cukup tinggi dan zat ini berfungsi untuk melindungi kamu dari penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan membuktikan teh yang mengandung polifenol terbukti dapat melindungi kolesterol jahat dari proses oksidasi yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Oksidasi kolesterol LDL berpotensi bahaya karena kemungkinan besar akan menempel di dinding arteri dan membentuk plak sehingga hal ini dapat menyumbat atau mempersempit pembuluh darah. Mulai sekarang coba rutin mengkonsusmi teh melati di pagi ataupun sore hari.

Mengurangi Tingkat Stres

Manfaat minum teh melati selanjutnya dapat membantu untuk menghilangkan stres dan memberikan efek relaksasi, aroma dari teh melati memiliki respon parasimpatis pada bau yang membantu tubuh untuk melepaskan bahan kimia dan hal ini memungkinkan adanya relaksasi secara alami. Selain itu jika kamu rutin mengkonsumsi teh melati dapat membantu meredakan nyeri, sakit kepala dan nyeri otot, menghirup teh melati selama 5 menit juga dikatakan dapat menenangkan suasana hati serta memperlambat detak jantung. Jika kamu sedang merasa stress tidak ada salahnya mengkonsumsi teh melati untuk mengurangi stres kamu dan tentunya membuat tubuh kamu semakin sehat.

Memiliki Kandungan Zat Antibakteri Dan Antimikroba

Mengkonsumsi teh melati ternyata memiliki khasiat untuk menangkal mikroba dan bakteri pada tubuh, penelitian ini menunjukan kemampuan minyak melati untuk membunuh bakteri E.coli dan agen yang berbahaya lainnya di dalam saluran pencernaan. Sifat yang sama ini juga bisa membantu menurunkan bakteri penyebab gigi berlubang, untuk itu rutinlah mengkonsumsi teh melati untuk mendapatkan khasiat yang baik bagi tubuh.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Pacar Baru Kaesang Pangarep Jadi Bahan Perbincangan

dailyxpressnews.com - Baru-baru ini pacar baru Kaesang Pangarep menjadi bahan perbincangan, sebelumnya Kaesang diketahui pernah menjalin hubungan dengan Felicia Tissue. Kaesang Pangarep menarik perhatian...

7 Tips Bangun Persahabatan Positif Dan Tidak Toxic

dailyxpressnews.com - Lingkungan pertemanan yang baik dan positif akan berdampak dalam kepribadian seseorang. Kepribadianmu juga tercermin dari lingkunganmu. Kehidupanmu yang positif harus bisa kamu...

Gadis Myanmar Ditembak Mati Saat Demo Anti Kudeta

dailyxpressnews.com - Gadis Myanmar ditembak mati saat beraksi unjuk rasa anti kudeta, dirinya menjadi sorotan lantaran bukan hanya menggunakan kaos bertuliskan ‘Everything will be...