Manfaat Mengkonsumsi Zukini, Bisa Menjaga Berat Badan!

dailyxpressnews.com – Zukini atau courgette merupakan salah satu sumber makanan yang di dalamnya memiliki berbagai kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Dari segi bentuk sendiri mirip dengan mentimun, namun zukini sebenarnya masih masuk ke dalam kategori buah-buahan, biasanya zukini sering dicampur ke dalam olahan salad atau dikonsumsi dengan cara ditumis dengan garam lada dan sedikit minyak. Ada berbagai manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari zukini jika rutin mengkonsumsinya, salah satunya yaitu dapat membuat kulit jadi awet mudah. Tidak hanya itu saja, berikut ini manfaat mengkonsumsi zukini untuk kesehatan.

Manfaat Mengkonsumsi Zukini Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

 

Manfaat-Mengkonsumsi-Zukini

Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Normal

Zukini memiliki kandungan air, serat tak larut air, dan serat larut air yang menguntungkan bagi proses pencernaan, selain itu kandungan air yang kaya dalam Zukini juga dapat membantu melunakkan feses, sehingga mencegah terkena konstipasi.

Serat tak larut air berfungsi untuk membantu pencernaan makanan, sedangkan serta larut airnya jadi nutrisi penting untuk bakteri baik di dalam usus. Sebagai gantinya, bakteri ini memberikan feedback positif yang berupa produksi short-chain fatty acid yang menutrisi sel-sel pada usus, jika ingin menjaga kesehatan usus bisa rutin mengkonsumsi zukini.

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Manfaat mengkonsumsi Zukini yang selanjutnya yaitu dapat membantu menangkal radikal bebas, zukini merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C. Satu cup saji zukini menyediakan sekitar 24 persen dari kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Seperti yang kita ketahui tubuh membutuhkan asupan vitamin C untuk meningkatkan imunitas, memperbaiki kerusakan sel dan menunda proses penuaan. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk membatasi efek kerusakan akibat radikal bebas dari aktivitas antioksidannya, sehingga akan sangat membantu untuk mencegah terbentuknya kanker dan penyakit jantung.

Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Selanjutnya yaitu mampu menjaga berat badan tetap stabil. Kamu harus tahu, bahwa mengkonsumsi zukini secara teratur bisa membantu mengurangi berat badan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, zukini sendiri memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, namun rendah kalori, sehingga akan sangat membantu perut merasa kenyang lebih lama.

Mengkonsumsi nutrisi semacam ini dapat membantu mengurangi asupan kalori berlebihan yang akan berdampak pada penambahan berat badan yang signifikan, hasilnya tubuh akan jadi lebih sehat dan aktif, buat yang lagi menjalani program diet gak ada salahnya memasukan zukini ke dalam menu sehari-hari, yang pasti hindari mengkonsumsi zukini yang diolah dengan banyak minyak.

Menambah Kekuatan Tulang

Manfaat besar mengkonsumsi Zukini yang selanjutnya yaitu menambah kekuatan tulang, dengan rutin mengkonsumsi zukini dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Zukini sendiri kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin, vitamin K, dan magnesium yang merupakan komponen penting untuk mendukung tulang gar lebih kuat.

Hal ini tentunya sudah dilakukan riset terlebih dahulu, kandungan lutein dan zeaxanthin yang ada di dalam zukini sendiri mampu menjaga kesehatan tulang dengan menurunkan level stress oksidatif yang terjadi, terutama pada individu muda. Kandungan antioksidan tersebut tidak hanya mengurangi pengeroposan tulang, namun juga dapat menambah kepadatannya, karena manfaatnya ini membuat zukini baik dikonsumsi oleh anak yang sedang masa pertumbuhan maupun lansia untuk menjaga tulang tetap kuat.

Menunda Penuaan Kulit

Dan terakhir, yaitu dapat menunda penuaan kulit, seperti yang sudah dijelaskan zukini memiliki kandungan vitamin C yang penting untuk kulit. Setiap cup zukini dalam kondisi raw chopped memiliki kandungan vitamin C sebanyak 22,2 miligram, dalam sebuah studi yang dipublikasikan di tahun 2017 menjelaskan bahwa vitamin C sendiri memiliki fungsi untuk membantu sintesis kolagen dan bekerja sama dengan antioksidan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Maka dari itu wajib rutin mengkonsumsi zukini untuk membantu proses penundaan kulit, zukini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kemampuan untuk mencegah munculnya berbagai penyakit, menunda penuaan, hingga mampu membantu menstabilkan berat badan yang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Dari sekian banyak manfaat mengkonsumsi zukini yang bisa didapatkan, tentu nya membuktikan bahwa buah yang satu ini memiliki kandungan sehat yang baik untuk tubuh.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tips Tepat Hadapi Quarter Life Crisis, Yuk Bangkit!

dailyxpressnews.com - Tumbuh menjadi dewasa memang bukan hal yang mudah, gak jarang kita menemukan kenyataan yang tidak sejalan dan terkadang baru disadari ketika menginjak...

Wajib Terapkan! Inilah Berbagai Hal Etika Baik Gunakan Toilet Umum!

dailyxpressnews.com - Kamu yang suka berpergian atau melakukan travelling ke manapun pasti selalu membawa etika yang baik dimanapun kamu berada sebagai basic menor sekalipun...

Manfaat Mengkonsumsi Teratai Untuk Tubuh, Sudah Tahu Belum?

dailyxpressnews.com - Siapa yang tidak tahu teratai, teratai merupakan tanaman akuatik yang biasa tumbuh di kolan atau danau, tanaman ini dikenal karena memiliki bunga...