Manfaat Mengkonsumsi Teratai Untuk Tubuh, Sudah Tahu Belum?

dailyxpressnews.com – Siapa yang tidak tahu teratai, teratai merupakan tanaman akuatik yang biasa tumbuh di kolan atau danau, tanaman ini dikenal karena memiliki bunga yang cantik dengan daun yang lebar dan mengapung di permukaan air. Namun belum banyak yang tahu kalau teratai dapat dimakan dan dimanfaatkan sebagai obat tradisional, bagi kamu yang baru tahu mungkin sedikit kaget mengetahui fakta teratai dapat dikonsumsi. Nyatanya tanaman yang indah ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut ini manfaat mengkonsumsi teratai untuk tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Teratai Untuk Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!

 

Manfaat-Mengkonsumsi-Teratai

  • Mengandung Antioksidan

Dalam sebuah studi sendiri menjelaskan peran antioksidan yang sangat penting untuk tubuh karena senyawa ini dapat menetralkan radikal bebas. Oksidatif akan terjadi jika radikal bebas menumpuk di dalam tubuh, yang bisa merusak sel dan juga berkontribusi dalam perkembangan penyakit.

Beberapa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam teratai atau lotus yaitu flavonoid, alkaloid, kuersetin, kaempferol, katekin dan asam klorogenat, aktivitas antioksidannya sendiri terkonsentrasi pada biji dan daunnya. Tidak hanya itu saja, antioksidan ini juga dapat ditemukan pada kelopak dan benang sari dari teratai.

  • Memiliki Efek Antibakteri

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 lalu mempelajari efek antimikroba dari ekstrak daun teratai India. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 100 gram daun teratai India, kemudian ia menambahkan metanol 70 persen.

Karena hal tersebut efeknya daun teratai india ternyata sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan Streptococcuc anginosus yang biasanya hidup di rongga mulut manusia. Temuan ini sendiri membuat teratai berpotensi dijadikan pasta gigi maupun produk kebersihan mulut yang lainnya, atau mungkin kamu perna melihat pasta gigi atau produk lain yang sudah memiliki kandungan teratai?

  • Memiliki Sifat Antiinflamasi

Teratai juga memiliki sifat antiinflamasi, hal-hal seperti infeksi, paparan zat berbahaya, pola makan yang buruk, merokok dan kurangnya melakukan olahraga dapat menyebabkan peradangan atau inflamasi kronis. Yang mana jika hal ini dibiarkan lama kelamaan kondisi tersebut dapat merusak jaringan dan berkontribusi pada timbulnya penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan masih banyak lagi.

Dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2014 sendiri ada beberapa senyawa dalam teratai seperti kuersetin dan katekin yang dapat membantu mencegah atau mengurangi inflamasi, terutama ekstrak dari daun dan biji pada teratai. Jika kamu menemukan ekstrak tarai yang dijual di pasaran, gak ada salahnya untuk membeli dan mengkonsumsinya.

  • Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh menyebabkan diabetes yang mana penyakit ini merupakan salah satu penyakit mematikan di seluruh dunia jika tidak ditangani dengan cepat. Dalam sebuah studi sendiri menunjukkan fakta bahwa tikus yang diberikan ekstrak biji teratai berhasil mengalami penurunan kadar gula darah.

Efek ini juga terjadi pada kelinci yang mengalami diabetes dan berhasil menurunkan kadar gula darahnya setelah diberikan ekstrak teratai. Selain itu para peneliti juga berspekulasi bahwa efek antidiabetes ini berasal dari antioksidan dalam ekstrak teratai yang mana sudah disebutkan sebelumnya, teratai memiliki kandungan antioksidan yaitu polifenol yang merupakan senyawa alami pada tumbuhan.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Akar pada teratai memiliki kandungan serat karbohidrat kompleks, kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan adanya serat dalam teratai dapat membantu menyediakan sumber makanan bagi bakteri di usus.

Dan selanjutnya bakteri baik akan memproduksi senyawa yang melindungi kesehatan usus. Dengan mengkonsumsi ekstra teratai secara rutin kamu akan merasakan sistem pencernaan yang baik, tapi di samping itu imbangi juga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan buah-buahan lain.

  • Mampu Menghambat Sel Kanker

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, daun teratai kaya akan flavonoid, dalam sebuah penelitian yang mencari tahu efek dari flavonoid dalam daun teratai pada sel kanker usus besar HT-29. Menemukan fakta bahwa kandungan flavonoid yang ada didalam teratai ternyata mampu menghambat proliferasi sel kanker usus besar HT-29.

Proliferasi sendiri merupakan fase sel ketika mengalami pengulangan sirkulasi sel tanpa adanya hambatan. Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi teratai untuk kesehatan tubuh, dari sekian banyak manfaatnya untuk kesehatan, tertarik kah kamu untuk mencoba ekstrak teratai ini?

Similar Articles

Comments

Most Popular

Rekomendasi Sunscreen Paling Laris, Nyaman Dan Ringan Di Wajah!

Dailyxpressnews.com - Ingin menggunakan sunscreen yang nyaman dan ringan di wajah? Berikut ini rekomendasi sunscreen paling laris yang wajib kamu miliki. Sunscreen merupakan produk...

Destinasi Wisata Petik Apel di Kota Batu, Paling Seru Bareng Keluarga!

Dailyxpressnews.com - Sebagian orang pasti tidak asing dengan sebutan kota Batu, betul? dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Kota Batu bukan? Kota...

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Dailyxpressnews.com - Manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga adalah salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan...