Manfaat Chlorella Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Kolesterol

Dailyxpressnews.com – Berikut ini ada beberapa daftar manfaat chlorella yang baik untuk kesehatan tubuh, kamu pernah mendengar tentang chlorella? Chlorella sendiri merupakan ganggang air tawar hijau yang bersel tunggal dan umumnya digunakan sebagai suplemen nutrisi. Chlorella sendiri tersedia dalam bentuk tablet, bubuk, kapsul dan juga ekstrak, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsi chlorella, salah satunya meningkatkan sistem imun tubuh. Tidak hanya itu saja, bahkan ganggang air tawar ini juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dan menangani beberapa penyakit yang lainnya.

Manfaat Chlorella Untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Kandungan NutrisinyaManfaat-chlorella

  1. Memiliki Banyak Kandungan Nutrisi
    Chlorella atau yang sering disebut dengan superfood ini memiliki banyak kandungan nutrisi, menurut beberapa studi chlorella sendiri terdiri dari 50 hingga 60 persen protein, vitamin B12, zat besi, vitamin C, Seng, Tembaga, Magnesium , kalsium, kalium hingga asam folat. Tidak hanya itu saja, chlorella juga bisa menjadi sumber serat yang sangat baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar, chlorella sendiri tinggi kandungan omega 3, ada 100 mg omega 3 yang terkandung di dalam 3 gram chlorella.

  2. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Manfaat chlorella yang pertama yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kalau kamu merasa sering sakit bisa mengkonsumsi chlorella untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan infeksi. Sebuah penelitian juga mencari bukti apakah dengan mengkonsumsi chlorella ini dapat meningkatkan sekresi immunoglobulin A atau SIgA pada manusia, studi ini sendiri melibatkan 15 laki-laku yang mendapatkan plasebo dan tablet chlorella pada setiap hari selama 4 minggu. Sebelum dan sesudah mengkonsumsi, sampel air liur mereka kemudian dikumpulkan, hasilnya konsentrasi SIgA saliva meningkat secara signifikan setelah peserta tersebut mengkonsumsi chlorella. Dengan seperti ini terbukti kalau mengkonsumsi suplemen chlorella bisa meningkatkan fungsi dari kekebalan pada manusia, kamu bisa membuktikannya langsung dengan rutin mengkonsumsi chlorella dibarengi juga pola hidup sehat dan olahraga rutin.

  3. Mengandung Antioksidan Untuk Melawan Penyakit
    Chlorella ternyata memiliki kandungan antioksidan yang mana kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menurut sebuah studi, chlorella ini memiliki kandungan beberapa senyawa yang dianggap antioksidan, seperti klorofil, vitamin C, dan juga likopen, lutein dan beta karoten. Antioksidan sendiri mampu untuk melawan berbagai penyakit kronis, sebuah penelitian mengevaluasi efek dari suplementasi chlorella vulgaris pada beban stress oksidatif pada perokok, studi ini juga melibatkan 38 orang perokok yang diberikan ekstrak Chlorella vulgaris 3.600 mg/harinya selama 6 minggu. Kemudian hasilnya suplementasi Chlorella vulgaris secara signifikan mampu meningkatkan status antioksidan dan bisa melemahkan peroksidasi lipid pada perokok kronis, dari penelitian ini bisa disimpulkan kalau Chlorella vulgaris mampu mencegah beban penyakit dan tingkat kematian, bagi kamu yang merasa perokok aktif bisa coba untuk mengkonsumsi ini dan rasakan hasilnya beberapa bulan kemudian.

  4. Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah
    Manfaat chlorella yang selanjutnya yaitu bisa membantu menurunkan kadar gula darah, menurut sebuah studi asupan chlorella ini menghasilkan penurunan persentase lemak tubuh, kolesterol total dan juga kadar glukosa darah. Tidak hanya itu saja, penelitian yang lainnya juga menunjukkan kalau suplemen yang satu ini bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mampu untuk memperbaiki kontrol gula darah pada pasien dengan penyakit hati berlemakĀ  non alkohol. Jika mengkonsumsinya dengan rutin dibantu dengan olahraga dan pola hidup sehat, manfaat yang bisa kamu rasakan bisa cepat.

  5. Membantu Menurunkan Kolesterol
    Yang selanjutnya, dengan mengkonsumsi chlorella ini mampu menurunkan kolesterol, beberapa studi menunjukkan kalau mengkonsumsi 5 hingga 10 gram chlorella pada setiap harinya mampu menurunkan kolesterol total. Trigliserida dan low-density lipoprotein atau kolesterol jahat pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi, chlorella sendiri memiliki kandungan niasin, serat dan karotenoid yang mana memang sudah terbukti dapat menurunkan kolesterol secara alami. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidannya juga mampu untuk mencegah oksidasi kolesterol LDL yang diketahui berkontribusi pada penyakit jantung. Selain mengurangi makanan berlemak dan junk food, kamu bisa mengkonsumsi chlorella secara rutin dan jangan lupa dibarengi dengan olahraga, hasilnya akan terlihat dengan cepat jika kamu melakukannya secara rutin.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...