Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Dailyxpressnews.com – Manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga adalah salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus, dan berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tetapi, buah naga juga dibudidayakan di beberapa negara di Asia seperti Taiwan, Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Thailand, mendapatkan buah naga di Indonesia sangat mudah.

Buah yang satu ini merupakan buah yang sangat rendah kalori dan juga memiliki banyak sekali nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, protein, captin, fiber, dan antioksidan. Tak hanya itu buah naga juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Asalkan kamu rajin mengkonsumsinya setiap hari, buah naga dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat pula dijadikan sebagai olahan makanan atau minuman.

Buah naga biasanya dijadikan campuran untuk membuat es buah, atau dijadikan jus buah. Rasanya yang sangat manis dan segar membuat buah naga seringkali menjadi bahan campuran minuman apapun, buah naga juga bagus dikonsumsi bagi kamu yang sedang berdiet, karena kandungan airnya tinggi dan juga vitaminnya baik untuk tubuh, buah naga memiliki khasiat yang juga dapat memperlancar pencernaan.

Manfaat Buah Naga yang Baik Untuk Kesehatan, Konsumsi Secara Rutin!

Manfaat-Buah-Naga

     1. Kaya Akan Serat

Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi, tak hanya untuk memperlancar pencernaan, serat juga dapat berperan melindungi tubuh dari kondisi lain seperti salah satunya penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan dapat menjaga berat badan tetap ideal. Bagi kamu yang sulit buang air besar dan cenderung jarang, kamu bisa mengkonsumsi buah naga secara rutin untuk melancarkan buang air besar.

     2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kemampuan tubuh untuk dapat melawan infeksi juga ditentukan dari jenis makanan yang kamu konsumsi. Kandungan vitamin C dan karotenoid pada buah naga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, yang dilakukan dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Seperti yang kita ketahui, tubuh manusia membutuhkan vitamin C, oleh karena itu kamu bisa mengkonsumsi buah naga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

     3. Membantu Meredakan Penyakit Kronis

Buah naga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu meredakan berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung, kanker, diabetes, dan arthritis. Antioksidan akan bekerja dengan lebih baik, apabila didapat secara alami dari makanan, daripada dari suplemen atau obat obatan.

     4. Meningkatkan Kadar Zat Besi

Tidak banyak buah yang mengandung zat besi, namun buah naga menjadi salah satu buah yang mengandung zat besi. Zat besi merupakan kandungan yang sangat penting untuk tubuh, mengapa tubuh membutuhkan zat besi karena untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mencerna makanan untuk dijadikan sumber energi.

     5. Membantu Mengontrol Gula Darah

Buah naga mengandung serat yang baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, serat akan membantu perut kenyang lebih lama, sehingga dapat membatasi konsumsi makanan. Tak hanya itu buah naga juga dapat menurunkan kadar gula darah.

     6. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat tentunya keinginan semua orang, buah naga dapat mengurangi kerutan, mengatasi jerawat dan kulit kering. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan vitamin C pada buah naga, kandungan antioksidan dalam.

Buah naga juga bisa menangkal paparan radikal bebas berlebihan yang menjadi penyebab penuaan dini. Ingin selalu awet muda? Buah naga jadi salah satu buah yang wajib kamu konsumsi secara rutin.

     7. Sumber Vitamin B yang Baik Untuk Tubuh

Buah naga mengandung vitamin B1, B2 dan B3 yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Tak hanya itu vitamin B juga dapat menjaga fungsi kelenjar tiroid, menjaga kadar hemoglobin dan mampu berperang dalam metabolisme karbohidrat.

     8. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu asupan nutrisi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan bayi yang ada dalam kandungannya. Buah naga memiliki kandungan zat besi, vitamin B, dan folat yang baik untuk ibu hamil.

Zat besi untuk ibu hamil dapat mencegah anemia, sedangkan vitamin B dan folat dapat mencegah bayi cacat saat lahir dan meningkatkan energi. Dari sekian banyak manfaat buah naga yang baik untuk kesehatan, gak ada alasan lagi untuk malas makan buah.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Cara Mudah & Efektif untuk Selesaikan Konflik dengan Tim Kerja

Dailyxpressnews.com - Didalam dunia pekerjaan, ternyata salah paham pasti akan timbul dan hal ini merupakan masalah yang kerap kali terjadi. Perbedaan pendapat terkadang menyebabkan...

Tips Memiliki Prasangka Baik Sama Orang Lain, Cobalah Empati!

Dailyxpressnews.com - Kamu yang ingin sekali memiliki hubungan baik dengan banyak orang, tentu saja perlu memiliki prasangka baik ke orang lain dulu. Jangan buang...

Agar Hasil Optimal, Ini Dia Cara Benar Menggunakan Masker Spirulina!

Dailyxpressnews.com - Adakah dari anda yang gemar menggunakan masker untuk menghasilkan wajah yang cerah dan terawat? Jika ya, pastinya sudah tidak asing lagi apabila...