Manfaat Ampas Tahu Yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Jadi Bisnis

dailyxpressnews.com – Ampas tahu ternyata tidak hanya dapat menjadi sampah, ada  banyak manfaat ampas tahu yang jarang diketahui. Tahu sendiri merupakan olahan kedelai yang memiliki berbagai vitamin dan manfaat untuk tubuh, ampas tahu sendiri mirip dengan sisa perasan santan kelapa atau bahkan endapan dari sisa fermentasi tahu. Biasanya kebanyakan orang membuang ampas tahu begitu saja, padahal ampas tahu memiliki banyak manfaat, dan jika dibuang ke tanah justru akan merusak tekstur tanah.

Ampas tahu ini bisa kamu dapatkan di industri tahu rumahan, mereka bisanya menjual ampas tahu untuk berbagai kebutuhan, selain itu kamu juga bisa menemukannya di pasar tradisional. Ada ampas yang basah hingga yang sudah kering, bahkan ampas tahu juga bisa jadi makanan lezat, selain itu ini dia manfaat dari ampas tahu yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Ampas Tahu Yang Bermanfaat, Bisa Jadi Ide Bisnis

Manfaat Ampas Tahu

  1. Bisa Menjadi Pengganti Nasi
    Ampas tahu yang memiliki kualitas baik yang berarti belum membusuk memiliki kandungan protein mencapai 23,55% atau setara dengan 26,6 gram/100 gram. Selain itu ada kandungan karbohidratnya sebesar 26,92%, lemak 5,54% dan serat 16,53%, kandungan gizi yang masih cukup baik membuat ampas tahu dijadikan bahan pangan alternatif pengganti nasi karena sama-sama memiliki kandungan karbohidrat.

    Istilah  Zero waste food processing atau makanan tanpa limbah juga cocok diterapkan pada ampas tahu yang layak diolah menjadi bahan dasar pangan, biasanya ampas tahu dikeringkan hingga pada kadar air tertentu dan menjadi tepung kasar, kemudian tepung digiling hingga menjadi serbuk halus, tepung ampas tahu digunakan untuk membuat kue atau berbagai olahan lainnya.

  2. Bisa Menjadi Pakan Ternak
    Manfaat ampas tahu ternyata tidak hanya dapat dikonsumsi oleh manusia saja, namun juga bisa dikonsumsi oleh ternak. Memberikan ampas tahu sebanyak 2 kg yang dicampurkan dengan konsentrat 2,5 kg seperti dedak halus, jagung halus, tepung ikan, mineral dan garam untuk setiap ekor sapi ternyata dapat memberikan pertumbuhan yang optimal pada sapi.

    Dengan komposisi ini rumput hanya dijadikan makanan pendamping saja, ampas tahu dan konsentrat dapat memberikan peningkatan pertumbuhan dan pertambahan berat hingga 0,8 kg/hari nya, sehingga masa pemeliharaan lebih cepat dan pendapatan peternak bisa lebih meningkat.

  3. Menjadi Pupuk Organik
    Ampas tahu yang dibuang begitu saja bisa merusak struktur tanah, namun jika diolah dengan tepat ampas tahu justru bisa menjadi pupuk organik yang sangat baik untuk kesuburan tanah dan tanaman. Ampas tahu diolah dengan cara diberi EM4 atau konsentrat khusus yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat kompos organik, tujuannya membantu proses fermentasi, kemudian ampas tahu dicampurkan dengan EM4 untuk menghasilkan mikroorganisme yang bisa meningkatkan kesuburan tanah sehingga tanaman yang kamu tanaman dapat lebih produktif.

  4. Bisa Dikreasikan Menjadi Olahan Lezat
    Manfaat ampas tahu selanjutnya bisa kamu kreasikan menjadi olahan lezat, selain tahu yang bisa diolah menjadi berbagai olahan lezat, kamu juga bisa memanfaatkan ampas tahu untuk membuat olahan lezat. Ampas tahu tidak hanya bisa menjadi tepung, bisa juga diolah menjadi tempe yang dikenal dengan tempe gembus, kemudian tempe gembus ini bisa disajikan bahan dasar untuk membuat sate Kere khas Surakarta. Ampas tahu juga bisa dijadikan pengganti daging steak panggang, nugget, dan bakso, cocok untuk para vegetarian yang tidak memiliki budget lebih untuk membeli sayuran malah, kamu bisa dengan mudah memanfaatkan ampas tahu untuk dijadikan olahan lezat dan pastinya sehat.

  5. Bisa Jadi Ide Bisnis Karena Ramah Lingkungan
    Harga ampas tahu mentah atau yang belum diolah dan dikeringkan sebenarnya tergantung dengan harga pokok kedelai. Hanya saja bisa di kisaran antara 3 ribu hingga 6 ribu/kg, tergantung kualitas ampas tahu, harga bahan dasar ini tentu tergolong murah jika diolah menjadi aneka makanan lezat yang menarget pasar khusus.

    Selain makanan, ampas tahu juga dapat dijadikan ide bisnis yang menggiurkan jika diolah menjadi pupuk atau pakan ternak, ampas tahu yang diolah menjadi pupuk dan pakan ternak tidak yang harus memiliki kualitas ampas baik, jadi bisa didapat dengan harga yang lebih murah. Sedangkan harga jualnya sekitar 15 ribu hingga 25 ribu, selain menguntungkan bisnis ini juga mudah dijalankan.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Alasan Wajib Nonton Film Zombie Kingdom: Ashin Of The North

Dailyxpressnews.com - Setelah Drama Korsel yang terpopuler rupanya banyak episode spesial ketika nonton film zombie Kingdom: Ashun Of The North, ini alasannya! Ternyata drama...

Makanan Mengganggu Sistem Pencernaan Anak, Jangan Konsumsi Berlebihan

dailyxpressnews.com - Ada beberapa jenis makanan mengganggu sistem pencernaan anak yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Pada masa pertumbuhan atau yang biasa di sebut dengan...

Cemilan Manis Khas Medan Paling Enak, Cocok Untuk Oleh-Oleh

dailyxpressnews.com - Cemilan manis khas Medan bisa menjadi salah satu teman saat bersantai  ataupun dijadikan oleh-oleh. Medan  sendiri merupakan salah satu kota terbesar ketiga...