Manfaat Air Rebusan Sereh, Dicampur Dengan Rempah Bikin Makin Sehat

Dailyxpressnews.com – Sereh menjadi salah satu rempah yang punya manfaat baik untuk tubuh, berikut ini manfaat air rebusan sereh yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Sereh biasanya digunakan untuk bumbu masakan agar menambahkan aroma yang khas dan sensasi hangat yang ditimbulkan, tidak hanya untuk tambahan masakan, sereh juga biasanya dijadikan obat herbal yang dikonsumsi sebagai minuman. Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu merebus  sereh dan bisa dicampurkan dengan berbagai rempah lainnya agar membuat manfaatnya semakin banyak, berikut ini kombinasi sereh dan manfaatnya.

Manfaaat Air Rebusan Sereh, Sehat Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Manfaaat-Air-Rebusan-Sereh

  1. Sereh & Daun Salam – Menurunkan Kolestrol Dan Asam Urat
    Yang pertama yaitu campuran sereh dan daun salam, sereh memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup baik untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Untuk mendapat manfaat sereh yang lebih maksimal, kamu dapat menambahkan daun salam pada rebusan sereh, menurut sebuah studi rebusan sereh dan daun sama ini sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol dan asam urat. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu merebus 400 ml air atau setara dengan 2 gelas, bersama 3 batang sereh yang sudah dimemarkan terlebih dahulu bersama dengan 3 lembar daun salam, kemudian rebus selama 30 menit atau hingga air tersisa  setengahnya. Jika ingin lebih manis kamu bisa menambahkan gula merah saat merebusnya.

  2. Sereh & Jahe – Meredakan Peradangan
    Manfaat air rebusan sereh yang selanjutnya yaitu dapat meredakan peradangan, manfaat ini bisa kamu dapatkan jika rebusan sereh di campurkan dengan jahet. Kedua bahan rempah ini memiliki kandungan anti inflamasi yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi peradangan pada tubuh, terlebih lagi sereh juga memiliki antioksidan alami yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab peradangan. Agar bisa mendapatkan manfaat dari kedua bahan ini kamu perlu merebus 200 ml air bersama dengan 2 batang sereh yang dimemarkan dan juga 3-4 ruas jahe yang dipotong tipis.

  3. Sereh & Kayu Manis – Meredakan Flu Hingga Detoksifikasi Tubuh
    Yang selanjutnya yaitu campuran sereh dan kayu manis, batang sereh dan kayu manis dikenal sebagai bahan yang memiliki kandungan antivirus yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Terlebih lagi untuk mengatasi gejala flu seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, bersin-bersin dan hidung tersumbat, tidak hanya itu saja kedua bahan ini juga dikenla memiliki efek diuretic yang dapat melancarkan buang air kecil dan membersihkan tubuh dari kelebihan zat yang tidak memiliki manfaat. Untuk membuatnya cukup mudah, rebus 500 ml air bersama dengan 5 batang sereh dan 3 batang kayu manis atau sendok teh bubuk kayu manis.

  4. Sereh & Kunyit – Mencegah Kanker Dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Manfaat air rebusan sereh yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah kanker, hal ini bisa kamu dapatkan dari campuran sereh dan kunyit. Kombinasi kedua bahan rempah ini merupakan kombinasi terbaik untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu sistem kekebalan, sehingga dengan mengkonsumsi air rebusan sereh dan kunyit bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, gabungan kedua bahan ini juga dapat membentuk antikanker dan dapat membunuh sel kanker secara perlahan, agar bisa mendapatkan manfaat ini kamu bisa rebus air terlebih dahulu sebanyak 400 ml air dengan 2 batang sereh yang dimemarkan dan 3 ruas jari kunyit segar atau 1 sendok teh kunyit bubuk, lalu rebus hingga airnya tinggal setengah.

  5. Sereh & Jeruk Nipis – Mengatasi Gangguan Pernapasan
    Yang selanjutnya yaitu sereh dan jeruk nipis atau lemon yang menjadi kombinasi dengan kandungan vitamin C tinggi. Kedua kombinasi bahan ini dapat mengatasi gangguan pernapasan, kamu dapat mencampurkan 2 hingga 3 sendok makan perasan jeruk tersebut pada segelas air rebusan sereh. Tidak hanya meringankan gangguan pernapasan, manfaat air rebusan sereh dan jeruk nipis ini juga bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan bau mulut, konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...