Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Yang Tidak Boleh Dilewatkan

dailyxpressnews.com – Ada beberapa makanan untuk kolesterol tinggi yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya menurunkan kolesterol memang tidak mudah dan tidak selalu harus menggunakan obat-obatan. Namun juga bisa dengan mengatur menu makanan, ada berbagai macam makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang bisa dikonsumsi setiap harinya untuk menjaga kolesterol agar kadarnya tetap normal. Tingginya kadar kolesterol bisa menyebabkan pembentukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Yang Wajib DikonsumsiMakanan Untuk Kolesterol Tinggi

  1. Sayuran Hijau
    Sayuran Hijau menjadi salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. Sayuran hijau memiliki kemampuan untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, hal ini akan merangsang kantung empedu untuk memproduksi lebih banyak asam empedu menggunakan kolesterol dari darah, sehingga kadar kolesterol darah akan menurun. Contoh sayuran hijau yang bisa dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi yaitu kangkung, kubis, bayam, dan brokoli, sayuran ini lebih bermanfaat jika diolah dengan cara dikukus, hal ini untuk menghindari nutrisi yang terkandung di dalam sayuran hijau.
  2. Ikan Dan Makanan Laut
    Makanan untuk kolesterol tinggi selanjutnya yaitu ikan dan makanan laut, ikan sangat penting untuk penderita kolesterol. Seperti ikan berlemak yang meliputi salmon, makarel, dan sarden yang menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Selain itu penderita kolesterol juga bisa mengkonsumsi makanan laut lainnya seperti, seperti udang dan kerang, juga mengandung banyak lemak sehat. Walaupun tinggi lemak, ikan dan makanan laut juga memiliki kandungan lemak sehat yang dapat menurunkan kadar lemak darah atau trigliserida, meningkatkan kolesterol baik atau HDL, bahkan dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.
  3. Biji-bijian Utuh
    Makanan selanjutnya yang wajib dikonsumsi penderita kolesterol yaitu biji-bijian utuh.Biji-bijian utuh memang sudah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, selain itu juga dapat mencegah risiko penyakit jantung. Hal ini karena biji-bijian memiliki kandungan beragam nutrisi, seperti vitamin, mineral, senyawa bioaktif, dan serat larut bernama beta glucan. Sebuah studi menjelaskan bahwa serat larut beta mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, selain itu juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Jenis biji-bijian utuh yang paling baik dikonsumsi untuk penderita kolesterol berkat kandungan beta glucan-nya yaitu oat dan barley, selain itu penderita kolesterol tinggi juga perlu mengkonsumsi biji-bijian lainnya.
  4. Kacang-Kacangan
    Makanan untuk kolesterol tinggi selanjutnya yaitu kacang-kacangan yang memang sudah terbukti mampu menurunkan kolesterol. Hal ini karena di dalam kacang-kacangan memiliki kandungan fitosterolnya yang dipercaya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam usus. Tidak hanya itu saja, namun kacang-kacangan juga mengandung nutrisi, seperti lemak sehat dan asam amino, yang bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang sehat. Ada pun jenis kacang-kacangan yang sangat baik dikonsumsi penderita kolesterol yaitu Almond dan kacang kenari, kacang-kacangan ini bisa dikonsumsi bersama dengan oat dan buah-buahan lainnya untuk menambah rasa.
  5. Kedelai Dan Produk Olahannya
    Selanjutnya yaitu kedelai dan produk olahan lainnya, sebuat studi menjelaskan kalau kandungan protein dan isoflavon yang berada dalam makanan berdasarkan kedelai seperti tempe, edamame, tahu dan susu kedelai terbukti sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun hal ini persentase penurunan kadar kolesterolnya memang tidak banyak, walaupun begitu, kedelai tetap baik untuk dikonsumsi karena bisa menjadi sumber protein dengan kadar lemak jenuh yang pastinya lebih rendah dibandingkan daging. Selain itu kedelai juga dapat memberikan nutrisi penting lainnya, seperti lemak tak jenuh tunggal, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan untuk penderita kolesterol
  6. Buah-buahan
    Makanan untuk kolesterol tinggi selanjutnya yaitu buah-buahan yang tidak boleh ditinggalkan. Dari berbagai macam buah-buahan, ada beberapa jenis buah yang paling berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik diantaranya buah alpukat, yang kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal, selain itu juga ada anggur karena memiliki senyawa bioaktif, apel, jeruk, stroberi karena memiliki kandungan pektin yang merupakan sejenis serat larut yang potensial dalam menururnkan kolesterol.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Deretan Destinasi Epik Di Wina Untuk Para Fotografer

dailyxpressnews.com - Profesi fotografer ini merupakan hobi yang banyak diminati seseorang dan dituntut untuk mendapatkan gambar bagus. Tidak ada salahnya kalau Destinasi Epik di...

Lamaran Lesti Dan Billar Digelar Secara Mewah Hingga Mobil Plat Keren

Lamaran Lesti dan Billar nampak mewah di Bandung bahkan ada hadiah mobil milyaran yang hadir jelang lamaran. Acara lamaran diselenggarakan di Bandung tepatnya di...

5 Oleh Oleh Dari Wonosobo Terunik Dan Murah Yang Bisa Dicoba

dailyxpressnews.com - Wonosobo adalah kabupaten yang memiliki julukkan kota Bunga dan Wonosobo ini menjadi kabupaten di Jawa Tengah yang sangat populer dengan banyaknya destinasi...