Kumpulan Sejarah Jepang, dari Zaman Perang Hingga Modern!

Dailyxpressnews.com – Jepang menjadi salah satu negara maju di dunia dan jadi salah satu destinasi wisata favorit banyak orang, disamping itu sejarah Jepang cukup panjang. Dikenal sebagai negara yang sangat modern, Jepang sudah melalui berbagai era, ini dimulai dari Periode Jemon, yaitu zaman prasejarah negara Jepang yang diawali dari 12.000 SM hingga sekitar 800 SM. Pada periode ini berkembang budaya hirarki atau kelas sosial, Negara Jepang pada saat itu dikenal sebagai Wa, yang memiliki penguasa perempuan tersohor bernama Himiko. Pada tahun 538 menandakan awal dari periode Asuka dan pengenalan Buddhisme ke Jepang dengan Pangeran Shotoku.

Shotoku pernah berucap tentang negerinya, “Dari kedaulatan negeri matahari terbit menuju kedaulatan negeri matahari terbenam”. Oleh karena itu Jepang dikenal sebagai negeri matahari terbit atau Nihon. Setelah kematian Pangeran Shotoku dan penghancuran seluruh klan yang disebut dengan Peristiwa Isshi, saat itu Jepang mulai bergolak, Kaisar Kotoku pemimpin baru menetapkan serangkaian aturan dan doktrin yang disebut Reformasi Taika. Sepanjang sejarah negeri sakura ini ada periode penting dalam sejarah, yang dimulai dari reformasi ini, dibawah penjelasannya.

Periode Penting Sejarah Jepang Hingga Menjadi Negara Maju

Sejarah-Jepang

     1. Periode Nara

Periode ini menandai Imperial Court dalam upaya membentuk lanskap politik Jepang, mulai dikenal sebuah set hukum yang disebut sistem Ritsuryo, terdiri dari hukum pidana, pembentukan resmi peringkat di pengadilan dan yang lainnya.

Masyarakat pada periode Nara ini sangat dipengaruhi Dinasti Tang, dengan hubungan diplomatik yang aktif dan kuat dengan China. Agama Buddha berkembang pesat, ada banyak candi utama yang dibangun, seperti Todai-ji, Kofuku-ji, Daian-ji dan Great Buddha.

     2. Periode Heinan

Berlanjut ke periode Heinan yang berlangsung hingga 1185 yaitu puncak dari Imperial Court dimana seni dan sastra berkembang. Novel pertama di dunia Genji Monogatari ditulis dalam Periode Nara oleh Murasaki Shikibu, ada banyak ide yang saat ini dianggap tradisi Jepang muncul pada saat itu. Mulai dari kebiasaan menghitamkan gigi atau yang disebut dengan Ohaguro hingga sistem suku kata hiragana, juga kimono dua belas lapis yang sangat rumit, yang disebut junihitoe.

Pada era ini, Jepang mulai tidak stabil dan militer semakin berkuasa, sengketa suksesi tahta mengarah pada persaingan antar keluarga militer yang berpengaruh. Persaingan ini memuncak pada Perang berdarah Genpei pada tahun 1180 – 1185 yang meletus setelah kudeta Taira hingga berakhir dengan kekalahan klan Taira. Setelah perang tersebut, Minamoto no Yoritomo kepada klan Yoritomo menjadi penguasa de facto dari Jepang, pada era ini keluarga samurai berpengaruh terus berjuang untuk kekuasaan.

     3. Tiga Jenderal Pembentuk Jepang

Selama periode Perang Wilayah ini ada tiga jenderal yang membentuk nasib Jepang, mereka yaitu para bangsawan feodal yang disebut daimyo. Nama terkenal di era yaitu Toyotomi Hideyoshi dan Tokugawa Leyasu, setelah bersatu di bawah pemerintahannya, Hideyoshi meninggalkan kekuasaannya pada Lima Dewan Sesepuh yangterdiri dari keluarga samurai yang paling berpengaruh, dan salah satunya yaitu Tokugawa Leyasu.

Pada tahun 1598 Toyotomi meninggal dan Tokugawa menyelesaikan semua permasalahan dengan tangannya sendiri dan menjadi yang pertama menaklukkan Kastil Osaka. Langkah agresif ini menyebabkan kepemimpinan negara tersebut menjadi dua, yaitu mereka yang mendukung Tokugawa leyasu dan bangsawan feodal Ishida Mitsunari.

     4. Era Kurofune

Pada tahun 1853 menandai awal dari akhir era Edo yang bebas dari konflik, ini merupakan tahun ketiga kurofune memasuki Edo Bay. Kapal hitam atau Kurodune merujuk pada asap hitam yang ditiupkan ke udara oleh mesin kapal, pemandangan ini ditakuti oleh kaum jelata di Jepang dan para bangsawannya.

     5. Restorasi Meiji

Kaum nasionalis pro kekaisaran yaitu Ishin Shishi yang berusaha menaikkan Kaisar kembali dan mengusir kaum barbar Barat dari Jepang, mereka melawan pasukan Keshogunan yang setia dengan pemerintah militer.

Ketegangan ini menyebabkan Perang Boshin, yang mana kedua pasukan menjadi bentrok dengan berbagai macam konflik di seluruh Jepang. Kemudian pada akhirnya di tahun 1868 pasukan kekaisaran menang dan Shogun menyerah.

     6. Menjadi Kekuatan Ekonomi Asia

Dalam perang dunia pertama di tahun 1914, negara tersebut menjadi sekutu Triple Entente yang terdiri dari Perancis, Inggris, dan Rusia, yang berperang melawan Jerman dan Austria-Hongaria. Jepang berhasil merebut wilayah di Pasifik pada saat Jerman kalah. Saat Perang Dunia II pecah pada tahun 1939, Jepang merupakan bagian dari Axis, bersama dengan Hitler Jerman dan Mussolini Italia.

Sampai pada akhirnya Jepang dikalahkan oleh AS dan menyerah di tahun 1945. Kemudian setelah tahun demokratisasi dan kependudukan, dalam sejarah Jepang bergabung dengan Blok Barat di tahun 1952 dan mengalami booming ekonomi besar-besaran sepanjang tahun 1960-an dan juga 1970-an yang membuat Jepang jadi salah satu kekuatan ekonomi Asia.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Rekomendasi Sunscreen Paling Laris, Nyaman Dan Ringan Di Wajah!

Dailyxpressnews.com - Ingin menggunakan sunscreen yang nyaman dan ringan di wajah? Berikut ini rekomendasi sunscreen paling laris yang wajib kamu miliki. Sunscreen merupakan produk...

Destinasi Wisata Petik Apel di Kota Batu, Paling Seru Bareng Keluarga!

Dailyxpressnews.com - Sebagian orang pasti tidak asing dengan sebutan kota Batu, betul? dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Kota Batu bukan? Kota...

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Dailyxpressnews.com - Manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga adalah salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan...