Kuliner Legendaris Khas Tasikmalaya Yang Wajib Dicoba

dailyxpressnews.com – Sedang berkunjung ke Tasikmalaya? Kamu wajib mencicipi kuliner legendaris khas Tasikmalaya yang wajib di coba, Tasikmalaya sendiri merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang sangat terkenal dengan beberapa tempat wisatanya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya populer dengan tempat wisatanya saja, kota yang satu ini juga tentunya memiliki berbagai makanan khas dan legendaris yang sayang kamu lewatkan kalau sedang berkunjung ke sini. Berikut ini ada beberapa makanan khas dan legendaris dari kota Tasikmalaya yang tidak boleh kamu lewatkan, bisa juga di bawa pulang untuk oleh-oleh.

Kuliner Legendaris Khas Tasikmalaya Yang Wajib Kamu Cicipi

Kuliner-Legendaris-Khas-Tasikmalaya
Mie Bakso Laksana

Yang pertama yaitu mie bakso laksana yang sangat populer di Tasikmalaya dan menjadi salah satu makanan legendaris yang wajib kamu cicipi. Memang banyak  mie bakso yang bisa kamu temukan di Tasik, tapi yang paling legendaris yaitu mie yang satu ini, lokasinya sendiri berada di Jalan Pemuda nomor 5, penjual bakso ini menempati dua bangunan yang berada di dekat Alun-Alun kota Tasikmalaya. Di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai menu menarik seperti varian mie dan berbagai toping menariknya dan yang paling penting di sini yaitu menu bakso dengan saus bawang yang diracik sendiri. Saus bawang yang ditempat ini cukup terkenal dan mereka juga menjual saus untuk dijual, jika berkunjung ke Tasikmalaya kamu bisa memesan bakso ini karena menyediakan kemasan yang tahan untuk beberapa hari, selain itu ada juga es campur, nasi tim ayam dan berbagai menu yang lainnya.

Kuliner-Legendaris-Khas-Tasikmalaya
Nasi TO Benhil

Kuliner legendaris khas Tasikmalaya yang selanjutnya yaitu Nasi TO Benhil, makanan yang satu ini sendiri merupakan singkatan dari tutug oncom yang berasal dari proses pembuatan makanan dengan cara mencampurkan nasi dengan oncom kemudian di tutug atau ditumbuk dan diaduk agar nasi dan oncomnya menyatu. Salah satu penjual nasi tutug oncom yang paling populer yaitu Nasi TO Benhil yang lokasinya tidak jauh dari kompleks olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya, lokasinya tepat berada di jalan Dadaha dekat dengan gerbang masuk ke Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Tasikmalaya. Walaupun tempat berjualannya sederhana dan berada di pinggir sungai, namun tempat ini selalu ramai oleh pemberi dan semakin ramai jika akhir pekan.

Kuliner-Legendaris-Khas-Tasikmalaya
Lengko Ayam 99

Yang selanjutnya yaitu Lengko Ayam 99 yang menjadi salah satu makanan paling legendaris yang ada di Tasikmalaya. Makanan yang satu ini namanya memang mirip dengan makanan khas Cirebon, tapi soal rasanya pastinya beda jauh dan tidak kalah enak, lengko sendiri mirip dengan lontong kari. Lengko khas Tasikmalaya ini terdiri dari lontong,irisan daging ayam atau sapi, telus dan juga disiram dengan kuah kuning yang sangat nikmat, salah satu penjual lengko yang paling terkenal yaitu Lengko Ayam 99 yang lokasinya di Jalan Sutisna Senjaya nomor 140, sebelum berjualan di tempat tetap seperti sekarang, pedagang Lengko ini berjualan menggunakan gerobak dan sering mangkal di depan Bank Mandiri, dan juga dikenal sebagai Lengko Ayam Mandiri. Kalau lagi berkunjung ke Tasikmalaya jangan lupa mencicipi hidangan yang satu ini.

Kuliner-Legendaris-Khas-Tasikmalaya
Bubur H Zaenal

Kuliner legendaris khas Tasikmalaya yang selanjutnya yaitu bubur H Zaenal, warga Tasikmalaya pastinya sudah tidak asing dengan tempat makan yang satu ini. Meskipun ada banyak tukang bubur, namun bubur H Zaenal ini menjadi salah satu kuliner legendaris yang selalu menjadi incaran wisatawan yang berkunjung, tempat makan bubur ini berjualan di gang kecil di jalan R. Ikik Wiradikarta atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jalan Kalektoran. Walaupun tempat makan bubur ini berada di gang kecil dan harganya yang relatif mahal, penjual bubur ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli dan pelanggan setianya, buburnya tidak terlalu kental dan ditambah dengan berbagai toping lezat seperti cakwe, ayam, daun bawang hingga ati ampela. Tempat makan bubur ini sudah ada sejak tahun 1961 yang mana awalnya berjualan dengan membawa gerobak dan berkeliling dan barulah pada tahun 1969 pemiliknya berjualan tetap di rumahnya yang berlokasi di gang.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Resiko Ikut Campur Urusan Orang Lain, Ingat Aibmu!

Dailyxpressnews.com - Ibarat kata kalau kamu malah ikut campur urusan orang lain, seperti gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut di ujung sebrang...

Artis Cantik Hollywood Paling Tidak Suka Pakai Bra Saat Beraktivitas

Dailyxpressnews.com - Kemarin tanggal 13 oktober merupakan hari peringatan sehari tidak gunakan bra, dimana hal ini mengingatkan akan dampak negatif dan juga positif ketika...

Rekomendasi Fashion Pria Untuk Date, Pasti Bikin Doi Meleleh!

Dailyxpressnews.com - Ingin kencan bareng doi? Berikut ini rekomendasi fashion pria untuk date agar penampilanmu semakin terlihat kece. Dalam kencan pertama pastinya kamu ingin...