Kuliner Khas Sumatera Utara terpopuler, Rasanya Enak Semua!

dailyxpressnews.com – Daerah sumatera utara memang sangat populer dengan keindahan akan alamnya yang mampu untuk memikat ribuan wisatawan. Namun, bukan hanya dianugerahkan dengan pesona alamnya. Ternyata daerah ini juga memiliki kuliner khas sumatera utara terpopuler yang bisa bikin kamu penasaran dan ketagihan usai mencicipinya. Soal rasa yang unik bakal buat kamu menilai rasanya sangat enak. Ragam makanan khasnya yang berasal dari medan itu, ternyata banyak sekali penggemarnya. 

Jika kamu sedang berada di sana atau ingin mengunjungi daerah Sumatera utara, jangan lupa untuk mencicipi semua olahan dan makanan yang khas dari suku batak itu. Indonesia sendiri memiliki banyak ragam makanan khas dari berbagai daerah di seluruh nusantara dan salah satunya adalah sumatera utara. Langsung saja cari tahu menu kulinernya yang wajib untuk kamu cicipi disana.

Olahan Kuliner Khas Sumatera Utara Terpopuler Yang Wajib Untuk Kamu Cicipi

Kuliner Khas Sumatera Utara
Dekke Naniura

Kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia, makanan ini memiliki arti ikan yang di Oalh dengan api namun enak untuk dimakan. Ikannya dimasak melalui fermentasi bumbu utama  semalaman dengan bumbu seperti  asam Batak atau yang sering dikenal dengan sebutan “Utte Sira”. Ikan yang biasa digunakan yaitu ikan mas maupun mujair. Rasanya segar dan bumbunya meresap sempurna.

Kuliner khas Sumatera Utara ini tidak memiliki bau amis sama sekali. Penikmatnya akan merasakan rasa getir karena ada bumbu khas batak  perpaduan dengan rasa pedas dijamin bakal bikin ketagihan terus menerus. Buat kamu yang berada di Medan terutama, wajib banget untuk mencicipi masakan ini. Kamu bakal menemukan rasa yang nikmat dan lezat. 

Kuliner Khas Sumatera Utara
Lappet

Lappet, lappet merupakan cemilan yang manis dan biasanya disajikan dengan daun pisang. Bentuknya yang segitiga kerucut dan bahannya berupa tepung beras, ketan dan gula merah maupun kelapa. Ketika digigit, maka akan menikmati gula merah yang lumer. Makanan ini terasa lengket, gurih dan mudah kamu temukan di Balige.  Tertarik bukan untuk mencicipi nya? Mungkin di pulau Jawa juga ada yang serupa dengan cemilan ini tetapi tidak ada salahnya kalau kamu nikmatin langsung sensasi lappet di Sumatera Utara itu. 

Kuliner Khas Sumatera Utara
Keju Khas Batak

Dali Ni Horbo, merupakan keju khas Batak. Keju ini mengandung susu kerbau alami dan memiliki tampilan seperti tahu. Oleh sebab itu, olahan ini sering dijuluki keju khas batak. Susu kerbau yang diperas langsung dan memasaknya dengan mencampuri ekstrak nanas. Setelah itu, olahannya bakal mengental dan bisa langsung dikonsumsi.  Makanan ini sudah tentu menyehatkan. Apalagi kejunya bisa dicampurkan kedalam masakan. Semakin gurih saja masakannya. Pecinta keju wajib nih untuk cicipi keju khas batak ini, teksturnya mirip dengan tahu tetapi rasanya dijamin bikin ketagihan. 

Kuliner Khas Sumatera Utara
Arsik

Arsik merupakan menu olahan dari ikan mas atau mujair. Jika biasanya ikan dibuang terlebih dahulu sisiknya. Kalau olahannya ini tentu tidak dan bisa dimakan. Bumbunya arsik juga sangat khas karena mengandung beberapa komponen yang sangat khas dan beberapa komponen dari wilayah Sumatera Barat.

Seperti kecombrang, bumbu pertama dihaluskan, kemudian dilumuri ke tubuh ikannya dan tunggu hingga beberapa menit. Tidak butuh waktu lama, langsung goreng kering di minyak yang panas sampai hasilnya menjadi ikan goreng yang krispi. Bagaimana? Mudah bukan? Tetapi biar ada sensasinya kamu bisa cicipi langsung olahan ikannya disana. 

Kuliner Khas Sumatera Utara
Mie Gomak

Siapa nih yang belum pernah mencicipi Mie Gomak? Kuliner khas sumatera Utara dengan olahan mie yang satu ini memang sangat unik. Olahan masakan dari Mie yang bisa disajikan dengan kuah atau tanpa kuah. Mie Gomak ini disebut sebut sebagai Mie yang disajikan penyediaan ya menggunakan tangan atau di gomak-gomak.

Cara memasaknya juga mudah hanya direbus dahulu dan buat bumbunya. Rasanya unik dan mie ini memiliki rasa khas batak andaliman. Kamu wajib nih untuk mencicipi olahan mie ini ketika berada di Sumatera Utara. Rasanya yang unik dan pengolahannya yang unik membuat semakin penasaran saja akan rasanya. Kalau kamu ingin cicipi olahan yang mana dari Kuliner Batak diatas? 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Lakukan Cara Ini Untuk Mengasah Kreativitas Anak

dailyxpressnews.com - Anak anak pada masa pertumbuhannya masih sangat aktif dan ingin mengetahui banyak hal yang ada di dekatnya. Oleh karena itu peran orang...

Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Yang Tidak Boleh Dilewatkan

dailyxpressnews.com - Ada beberapa makanan untuk kolesterol tinggi yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya menurunkan kolesterol memang tidak mudah dan tidak selalu harus menggunakan...

Wisata Di Blitar Terpopuler, Ada Makam Bung Karno

dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Blitar? Jangan lupa mampir ke beberapa wisata di Blitar terpopuler, Blitar memang memiliki destinasi yang cukup lengkap. Mulai dari...