Ketinggian Banjir Di Pejaten Jaksel Terus Naik Hingga 2 Meter

dailyxpressnews.com – Banjir di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan masih belum surut, bahkan sempat alami ketinggian banjir yang naik sampai 2 meter. Kepala Pleton Groups C Sektor IX di kecamatan Pasar Minggu, Yusuf Setiawan menjelaskan ketinggian air yang mulai naik sejak pagi dini hari tadi. “Ketinggian 1,5 meter sampai dengan 2 meter, sempat naik pada pukul 04.30 WIB dini hari ” ujar Kepala Pleton Grup C Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu, Yusuf Setiawan, kepada wartawan, Senin (8/2/2021) saat dihubungi sumber berita detikcom pukul 7.30 WIB. 

Banjir yang diakibatkan sebelumnya dengan intensitas tinggi mengguyur terus menerus provinsi DKI Jakarta sehingga kali Ciliwung yang berada di dekat wilayah Pejaten Timur banjir dengan ketinggian air mencapai 2 meter bahkan lebih. Dua RW yang terendam banjir hingga 2 meter tersebut langsung mendapatkan evakuasi langsung oleh Petugas Damkar menggunakan perahu karet untuk sebagian warga di Pejaten Timur. 

Sebagian warga diantaranya lagi memilih untuk bertahan di lantai dua rumah milik mereka. Warga yang dievakuasi oleh petugas Damkar yaitu berjumlah 14 kepala keluarga atau 44 jiwa. Dari pantauan bencana banjir yang merendam Pejaten, Pasar Minggu Jaksel ini sejak 07 Februari 2021 mencapai 1,5 Meter dan ada empat RW yang terdampak sebanyak 12 kepala keluarga. Lebih lanjut Yusuf setiawan menjelaskan bahwa banjir ini masih diduga karena luapan sungai Ciliwung, sehingga 12 KK tersebut diungsikan ke tempat yang lebih aman. “Kalau pengungsi pas ketinggian awal itu kan warga sudah mulai mandiri mengungsi karena ada indikasi air mau naik. (Evakuasi) Mandiri itu sekitar 10 KK. Cuman tadi pas air naik, damkar evakuasi 2 KK terdiri dari 3 jiwa,” ucapnya. 

Walikota Jaksel Kunjungi Lokasi Banjir di Pejaten Untuk Memastikan Keselamatan Warganya

Banjir Di Pejaten

Fokus untuk evakuasi semua warga yang berada di bantaran sungai Ciliwung untuk diungsikan terlebih dahulu dikhawatirkan malamnya membuat luapan semakin naik. “Tapi damkar sudah mengimbau ke masyarakat yang di bantaran supaya mengungsi, takutnya malam malah naik lagi airnya,” imbuhnya. Lokasi Banjir sudah di hadiri para petugas dari pemadam kebakaran, BPBD, Satpol PP dan Bhabinkamtib yang tersebar di empat RW wilayah terdampak banjir. 

Yusuf Menjelaskan bahwa banyak sekali warga yang masih ingin bertahan dan sebagainya juga ingin diungsikan ke tempat yang lebih aman. Karena banjir merendam lokasi yang terdapat banyak rumah dan bangunan berlantai 2 sehingga warga masih tetapi ingin bertahan. Pilihan warga yang sebagian tinggal dan sebagai ngungsi ini rupanya mendatangkan Plt Wali Kota Jaksel untuk meninjau langsung lokasi banjir di RW 8 Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Isnawa Adji saat ditemui di lokasi pada hari Minggu (7/2/2021) kemarin itu memberikan arahan untuk mengungsikan warga yang dievakuasi di Masjid Al Makmur. 

Hal yang mengejutkannya dirinya mengungkapkan warga yang terbiasa untuk menginap di Pasar Minggu sejak zaman dulunya. “Kita sih siapin pengungsian di Masjid Al Makmur yah tapi karena ini, mereka sudah terbiasa ini nginep di rumah saudaranya atau balik ke pasarnya, Pasar Minggu, karena rata-rata pedagang ya, pedagang Pasar Minggu. jadi ‘biar deh rumah kebanjiran, saya tidur dulu di pasar’ ini udah sudah menjadi kebiasaan mereka dari zaman dulu,” kata Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji saat ditemui di lokasi, yang kami lansir dari detik.com Minggu (7/2/2021).

Kedatangan dirinya untuk terus memastikan warganya yang terdampak dengan kondisi yang selamat dan tidak ada korban jiwa. Program dirinya untuk mmebangyug Balai Besar di wiwlyaha sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC) untuk program normalisasi sungai dan penataan daerah di bantaran sungai sebagai cara untuk mencegah banjir di Pejaten terulang kembali.

Walikota Jaksel ini berterima kasih kepada seluruh relawan Banjir yang datang dan turun ke lokasi banjir. Upaya relawan mengevakuasi yaitu menyediakan perahu karet untuk warga yang ingin diungsikan ke tempat yang lebih aman. Harapannya update berita banjir selanjutnya di wilayah Pasar Minggu ini akan cepat surut dan melancarkan program antisipasi terulang kembali banjir di kawasan bantaran Jaksel nantinya.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...