Kesalahan Finansial Yang Biasanya Terjadi Di Usia 20-an, Hindari Hal Ini!

Dailyxpressnews.com – Tahukah kamu ada beberapa kesalahan finansial yang harus kamu perhatikan agar keuangan kamu tidak bocor kemudian harinya. Masa mudah memang hanya dapat dirasakan seumur hidup sekali saja, tidak jarang juga orang yang terlalu menikmati masa mudanya hingga mereka tidak sadar kalau ada masa depan yang harus diperjuangkan. Memang boleh-boleh saja menikmati masa muda, tapi ada baiknya kamu tidak melakukannya secara berlebihan, bahkan sampai lupa untuk mengelola finansial yang tentunya sangat berguna di masa depan. Berikut ini kesalahan dalam finansial yang wajib kamu perhatikan.

Kesalahan Finansial Yang Sering Terjadi Pada Usia MudaKesalahan-Finansial

  1. Belum Memiliki Tabungan
    Tidak dapat dipungkiri kalau anak muda saat ini memang terbiasa dengan gaya hidup mewah dan glamor, hal ini tanpa disadari membuat mereka akan berpikir dua kali hanya untuk menyisihkan uang, jelas ini dapat berdampak pada kesehatan keuangan mereka di masa mendatang nantinya. Perilaku hedonism ini biasanya menjadi penyebab utama mengapa orang sulit untuk memulai untuk menabung, tapi kalau kamu memiliki komitmen untuk berubah, kamu pasti dapat berhenti dari kebiasaan negatif seperti ini. Memang sulit rasanya, melihat teman seusia masih memikirkan senang-senang dengan gaya mewah, tapi coba kamu pikirkan kembali bagaimana kedepannya jika kamu tidak memiliki uang simpanan sama sekali.

  2. Tidak Memiliki Budget Plan
    Kesalahan finansial yang selanjutnya perlu kamu perhatikan yaitu budget plan, walaupun hal ini memang terdengar sederhana tapi nyatanya masih banyak orang yang belum memiliki budget plan. Padahal budget plan atau rencana anggaran sangat penting untuk bisa mengetahui aliran keuangan kamu, dengan adanya budget plan ini kamu lebih dapat melacak pengeluaran kamu dan tahu dengan jelas kemana uang kamu dan akan digunakan kedepannya. Misalnya bulan ini kamu sudah gajian, catat semua pengeluaran bulanan kamu dengan lengkap, dengan seperti ini keuangan kamu akan lebih teratur.

  3. Terlalu Sering Party
    Untuk menghilangkan rasa bosan dengan party dan bersenang-senang memang sangat menyenangkan. Memang terkadang kita perlu untuk bergaul dan berpesta dengan teman-teman, namun kalau hal itu dilakukan berlebihan dan terlalu sering, maka akan berpengaruh buruk untuk diri sendiri. Sebaiknya kamu jangan menghabiskan masa mudah dengan kesenangan sesaat tanpa memikirkan masa depan, mulai sekarang coba untuk belajar untuk mengelola finansial agar uangmu tidak habis untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu berguna. Jika merasa bosan dan ingin menyegarkan pikiran, ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan dibanding menghamburkan uang untuk party.

  4. Dating Kemahalan
    Kesalahan finansial yang selanjutnya perlu kamu perhatikan yaitu dating atau kencan, budaya pacaran mungkin bukan suatu hal yang baru. Saat ini sendiri ada banyak anak muda yang sudah memiliki pasangan, jadi wajar saja kalau kita ingin selalu bertemu dengan pasangan kapanpun kita inginkan. Saat kamu dan pasangan ingin bertemu, biasanya kita justru memaksakan diri untuk mengajaknya kencak ke restoran atau kafe yang mahal, padahal kamu sendiri mengetahui kalau saat itu kondisi keuanganmu sedang tidak stabil. Niat hati untuk membuat pasangan jadi terkesan, tapi justru hal ini akan membuat pengeluaran kamu semakin membengkak, padahal kamu bisa membuat pasangan terkesan tanpa harus mengeluarkan uang banyak, pasanganmu juga akan lebih mengerti kamu pastinya.

  5. Sering Memesan Makanan Online
    Yang selanjutnya yaitu sering memesan makanan online, dengan kecanggihan saat ini memang tidak perlu repot lagi kalau ingin memesan makanan. Kamu sudah dapat memesan makanan yang kamu inginkan dengan mudah secara online melalui ponsel pintar. Meskipun memang terlihat praktis, tapi dengan terlalu sering memesan makanan secara online akan membuat pengeluarakan kamu menjadi meledak setiap bulannya, kamu mungkin menganggap kalau pengeluaranmu belum seberapa. Tapi setelah mengecek rekening kembali, ternyata kamu sudah mengeluarkan banyak uang hanya untuk memesan makanan online. Bukan berarti tidak boleh, hanya saja kamu harus membatasi sering memesan makanan secara online, uang yang kamu keluarkan untuk sekali pesan makanan bisa saja digunakan untuk membeli bahan makanan untuk makan 2-3 hari kedepan.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...