Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi, Hindari Mulai Sekarang!

dailyxpressnews.com – Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh aja yang sangat penting, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga sangat penting sama seperti menjaga kesehatan organ tubuh. Ketika ada masalah pada bagian mulut, misalnya sakit gigi, maka fungsi penting gigi bisa saja terganggu, mengunyah makanan menjadi tidak nyaman sehingga dapat menurunkan selera makan. Ada beberapa kebiasaan yang mungkin tidak kamu sadari dapat mengganggu kesehatan gigi, walaupun terlihat sepele namun jika dibiarkan akan berdampak buruk. Berikut ini kebiasaan yang merusak gigi.

Hindari Kebiasaan yang Merusak Gigi Di Bawah Ini!

 

Kebiasaan-yang-Merusak-Gigi

  • Sering Makan Makanan Manis

Kebiasaan seperti ini sepertinya sudah hampir diketahui oleh banyak orang, semua makanan dan minuman manis meningkatkan resiko gigi berlubang. Makanan manis yang kamu konsumsi akan meninggalkan gula yang sangat disukai bakteri yang ada di mulut, sisa gula kemudian akan difermentasi oleh bakteri sehingga mampu menghasilkan asam yang merusak lapisan email gigi.

Tidak hanya itu saja, jenis makanan yang lengket juga bisa menempel pada permukaan gigi, hal ini tentunya yang dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi karena makanan tersebut berkontak lebih lama dengan email gigi, maka dari itu jika sehabis makan makanan manis jangan lupa membersihkan gigi dengan baik hingga benar-benar bersih.

  • Mengunyah Es Batu

Siapa yang masih suka melakukan kebiasaan ini? Diantara kamu pasti sering melakukan kebiasaan ini bukan? Perlu diketahui walaupun tidak mengandung gula, namun es batu juga dapat merusak gigi jika dikunyah dan kamu melakukannya secara terus menerus, kebiasaan mengunyah es batu yang keras bisa saja menyebabkan gigi jadi retak, bahkan pecah.

Hal ini memang terlihat sepele, tapi kebiasaan mengunyah es batu yang keras ini memberikan tekanan pada gigi, tidak hanya merusak gigi, mengunyah es batu juga bisa membuat tambalan gigi jadi lepas. Oleh karena itu ada baiknya kamu yang masih sering melakukan kebiasaan ini, hentikan kebiasaan mengunyah es batu.

  • Membuka Sesuatu Menggunakan Gigi

Fungsi utama dari gigi sendiri yaitu mengunyah makanan, namun beberapa orang memiliki kebiasaan untuk membuka kemasan, seperti tutup botol, menggunakan gigi dengan alasan tidak ada alat pembuka yang ada di dekat mereka. Padahal kebiasaan membuka kemasan plastik atau tutup botol minuman menggunakan gigi seperti ini tidak baik untuk kesehatan gigi.

Kebiasaan ini bisa saja meningkatkan resiko gigi retak, pecah, bahkan melukai area mulut, atau bisa saja tidak sengaja menelan benda yang tidak seharusnya tertelan olehmu. Maka dari itu hindari kebiasaan ini dan sebaiknya membuka sesuatu menggunakan alat yang sesuai jika tidak ingin gigi menjadi rusak.

  • Menggigit Kuku Atau Pensil

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan menggigit kuku ketika sedang panik, ada juga beberapa orang yang memiliki kebiasaan menggigit alat tulis seperti pensil atau pulpen agar lebih fokus. Padahal kebiasaan ini dapat merusak gigi tanpa kamu sadari, sama seperti dengan kebiasaan mengunyah es batu, kebiasaan menggigit kuku atau alat tulis juga akan menyebabkan gigi retak atau bahkan patah.

Kalau terbiasa menggigit kuku ketika sedang panik, kamu bisa coba memegang benda lain untuk menyibukkan jari kamu dan teralihkan untuk menggigit kuku atau pensil. Jika memiliki kebiasaan menggigit alat tulis untuk tetap fokus, akan lebih baik mengubah kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet yang rendah gula.

Tidak hanya meningkatkan fokus ketika bekerja atau belajar, mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mampu untuk menjaga kesehatan gigi kamu, bagi yang sering menggigit kuku dan pensil, coba ikuti cara yang satu ini ya.

  • Menggertakan Gigi

Kebiasaan ini juga gak jarang dilakukan dan tahukah kamu dengan menggertakan gigi dapat membuat gigi jadi cepat rusak. Kemungkinan gigi retak atau pecah dan menyebabkan nyeri otot dan rahang akan semakin besar, biasanya kebiasaan ini dilakukan saat sedang tertidur tanpa disadari.

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat kebiasaan menggertakan gigi, kamu bisa menghindari jenis makanan yang keras, menggunakan pelindung gigi ketika malam hari juga mampu untuk mengurangi nyeri dan kerusakan pada gigi kamu. Itulah beberapa kebiasaan yang merusak gigi dan sebaiknya hindari kebiasaan yang sudah disebutkan jika tidak ingin gigi kamu jadi mudah rusak.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Rekomendasi Sunscreen Paling Laris, Nyaman Dan Ringan Di Wajah!

Dailyxpressnews.com - Ingin menggunakan sunscreen yang nyaman dan ringan di wajah? Berikut ini rekomendasi sunscreen paling laris yang wajib kamu miliki. Sunscreen merupakan produk...

Destinasi Wisata Petik Apel di Kota Batu, Paling Seru Bareng Keluarga!

Dailyxpressnews.com - Sebagian orang pasti tidak asing dengan sebutan kota Batu, betul? dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Kota Batu bukan? Kota...

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Dailyxpressnews.com - Manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga adalah salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan...