Jenis Parasit Berbahaya yang Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan

Dailyxpressnews.com – Parasit adalah organisme yang hidupnya memeJenis Parasit Berbahaya yang Bisa Sebabkan Masalah Kesehatanrlukan Inang dan infeksi parasit bisa saja terjadi pada siapapun termasuk kalangan anak-anak sekalipun. Jenis masalah kesehatan ternyata sebagian besar bisa disebabkan karena adanya berbagai parasit yang bisa hidup di dalam tubuh dan di luar tubuh manusia. Beberapa jenis parasit memang ada yang hidup di luar tubuh manusia dan sebagian hidup di dalam tubuh manusia.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ada tiga kelas utama parasit yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia yaitu cacing, protozoa dan ektoparasit. Ektoparasit merujuk pada organisme seperti kutu atau tungau yang menempel hingga menggali kulit manusia. Masalah kesehatan yang disebabkan oleh parasit memang tidak bisa untuk disepelekan karena bisa menimbulkan kondisi yang lebih serius nantinya.

Kamu yang ingin mengetahui dengan jelas mengenai masalah kesehatan akibat parasit langsung simak penjelasan berikut ini.

Ini Dia Jenis Masalah Kesehatan yang Disebabkan Oleh Berbagai Parasit

Jenis-Masalah-Kesehatan

     1. Kutu Kepala

Jenis masalah kesehatan yang disebabkan oleh berbagai parasit yaitu kutu kepala. Jenis parasit kutu kepala ini bisa menghisap darah beberapa kali sehari dan hidup di dekat kulit kepala manusia. Akibat dari gigitan itu bisa menimbulkan reaksi gatal pada kulit kepala dan kutu memegang erat pada helai rambut menggunakan cakar sebagai pengait.

Kutu dewasa menempelkan telurnya pada pangkal batang rambut dekat kulit kepala dan kutu kepala paling sering menyerang anak-anak. kutu dapat menyebar ke orang lain melalui kontak dekat dengan penderita dan kutu kepala bisa bergerak dengan merangkak tapi tidak bisa melompat atau terbang.

     2. Skabies

Selanjutnya ada scabies atau kubis manusia yang disebabkan oleh tungau kecil bernama Sarcoptes scabiei var. hominis. Engkau akan menggali lapisan bagian kulit paling atas dan untuk hidup lalu bertelur di sana. Kondisi tersebut menyebabkan kulit sangat gatal pertama saat pada malam hari dan munculnya ruam merah pada kulit.

Kalau dari penjelasan dokter anak Indonesia kudis umumnya terjadi pada area kulit yang tipis seperti sela-sela jari, lipatan kulit pegangan tangan , siku, lutut, ketiak , pinggang sampai lipatan paha. Tungau scabies menular dan menyebar melalui kontak fisik antar kulit secara langsung dengan penderita scabiesnya.

     3. Cacingan

Terdapat beberapa cacing parasit yang dapat menginfeksi pada tubuh manusia dan beberapa jenis cacing yang sifatnya parasit di usus manusia antara lain cacing gelang dan cacing kremi. Kalau lampiran Ikatan Dokter anak Indonesia telah menyebutkan cacingan bisa ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi telur cacing atau melalui tanah.

Pada infeksi cacing kremi, cacing kremi dewasa akan menuju ke anus ketika bertelur sehingga menimbulkan rasa yang sangat gatal di sekitar anus. Telur bisa berpindah ke jari, kuku atau menempel di pakaian serta sprei sehingga bisa menular kepada orang lain lagi.

     4. Malaria

Malaria merupakan penyakit serius yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan melalui perantara gigitan nyamuk. Terdapat empat jenis parasit yang menyebabkan malaria pada manusia yaitu jenisnya Plasmodium falciparum, P. vivax, P. ovale, dan P. malariae. Seseorang bisa saja terinfeksi malaria ketika tergigit nyamuk anopheles betina yang terinfeksi.

Manusia tersebut akan mengalami demam, menggigil hingga kondisinya seperti orang flu. Ketika tidak ditangani maka malaria dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius dan berakibatkan fatal. Malaria merupakan parasit yang sangat mengerikan bisa terjadi kematian dan belakangan dari data kesehatan ternyata malaria sering terjadi di daerah Papua.

     5. Toksoplasmosis

Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Infeksi toksoplasma dapat terjadi karena mengonsumsi makanan yang belum matang, mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi atau tidak sengaja menelan parasit setelah kontak dengan feses kucing yang mengandung parasit.

Jenis parasit yang satu ini bisa menginfeksi siapa saja tapi hanya sedikit orang yang mengeluh rasa sakit lantaran sistem imun sangat lemah dalam menahan parasit. Kondisi yang lebih parah bisa terjadi pada wanita yang terinfeksi parasit saat hamil atau orang dengan sistem imun yang terganggu.

Beberapa masalah kesehatan bisa disebabkan oleh parasit dan beberapa kondisi tersebut tidak dapat disepelekan karena dapat menimbulkan masalah yang lebih serius. Bagaimana jenis masalah kesehatan akibat parasit di atas sangat mengerikan bukan?

Similar Articles

Comments

Most Popular

Rekomendasi Sunscreen Paling Laris, Nyaman Dan Ringan Di Wajah!

Dailyxpressnews.com - Ingin menggunakan sunscreen yang nyaman dan ringan di wajah? Berikut ini rekomendasi sunscreen paling laris yang wajib kamu miliki. Sunscreen merupakan produk...

Destinasi Wisata Petik Apel di Kota Batu, Paling Seru Bareng Keluarga!

Dailyxpressnews.com - Sebagian orang pasti tidak asing dengan sebutan kota Batu, betul? dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Kota Batu bukan? Kota...

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Dailyxpressnews.com - Manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga adalah salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan...