Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

dailyxpressnews.com – Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan dirumah selama masa pandemi ini, di masa pandemi banyak masyarakat yang mulai mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Namun tidak sedikit juga yang masih malas untuk berolahraga, padahal olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar kamu juga tidak mudah terserang penyakit, dari pada kamu menghabiskan waktu hanya untuk tidur-tiduran, olahraga menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu luang agar lebih positif dan pastinya memberikan banyak manfaat untuk tubuh kamu. Berikut ini jenis olahraga yang mudah dicoba dan tidak membutuhkan tempat besar.

Jenis Olahraga Ringan Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Jenis Olahraga Ringan
Push Up

Jenis olahraga ringan pertama yaitu push up, untuk melakukan olahraga yang satu ini tidak perlu tempat khusus. Kamu bisa melakukan di rumah, di tempat yang ukurannya sesuai dengan tubuh kamu, olahraga ini selain dapat membentuk lengan, push up jika dilakukan secara rutin juga dapat mengurangi dan mengobati sakit pada punggung, olahraga ringan ini juga menjadi salah satu cara untuk membentuk otot, untuk melakukannya pun ada berbagai variasi yang bisa kamu pilih.

Selain gerakan push up biasa, ada juga T Push Up yang berfokus pada bagian dada,lengan, perut dan paha, gerakan ini dimulai seperti posisi push up biasa. Kemudian mengangkat lengan kanan ke atas dan membuat tubuh berputar kanan seluruhnya, tapi posisi punggung dan kaki ditahan sebanyak dua hitungan baru kembali ke posisi push up biasa. Bagi perempuan bisa mencoba push up dengan menggunakan lutut sebagai penopang tubuh bagian bawahnya, dalam gerakan ini kamu harus meletakkan lutut sebagai penopang kemudian turunkan tubuh ke bawah seperti gerakan push up yang biasa.

Jenis Olahraga Ringan
Sit Up

Jenis olahraga ringan selanjutnya yang satu ini tidak berbeda jauh dengan push up, gerakan yang satu ini berfokus untuk kamu yang ingin membentuk otot. Tidak hanya itu saja,  salah satu manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika melakukan olahraga ini bisa mengurangi cedera pada punggung, menjaga keseimbangan tubuh, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Selain itu olahraga ini juga dapat dilakukan dengan berbagai gerakan yang berbeda, seperti bisa dengan melakukan gerakan sit up biasa, yaitu dengan posisi terlentang dengan lutut ditekuk, kemudian angkat tubuh kamu ke bagian atas ke arah paha. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan olahraga ini dengan gerakan V Sit Up, gerakan yang satu ini dimulai dari tidur terlentang dengan kaki lurus dan tangan diluruskan ke atas kepala, lalu angkat kedua tangan dan kaki bersama-sama ke atas dan tahan posisi tersebut selama 5 detik, kemudian turunkan kaki dan tangan perlahan.

Jenis Olahraga Ringan
Skipping

Jenis olahraga selanjutnya yaitu skipping, olahraga yang satu ini juga terbilang mudah dilakukan di rumah dan tentunya bisa kamu lakukan kapanpun. Melakukan olahraga yang satu ini tidak hanya melatih detak jantung kamu, namun juga bermanfaat untuk membakar kalori secara intensif. Tidak hanya itu saja, lompat tali juga dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, dengan melakukan lompat tali secara rutin mampu membakar 13 kalori setiap menit, kalau kamu bermain skipping 30 menit berarti 390 kalori yang terbakar.

Bermain skipping ternyata juga memiliki banyak variasi dalam gerakannya, jika kamu bertujuan untuk mengecilkan paha, kamu bisa melakukan lunge jump dan squat jump sembari skipping. Tapi jika kamu ingin membentuk otot perut, lakukan skipping sambil lompat dengan mengangkat kaki hingga di bawah pusar, dan jika kamu ingin melatih otot betis kamu bisa memutarkan tali dua kali dalam satu lompatan.

Jenis Olahraga Ringan
Squat

Jenis olahraga ringan yang satu ini terbilang paling mudah, jadi tidak ada lagi alasan kamu tidak berolahraga. Gerakan ini hanya perlu berdiri dan jongkok, melakukan gerakan olahraga ini untuk membangun kekuatan pada tubuh bagian bawah, mungkin terlihat cukup berat, namun melakukan olahraga ini memiliki banyak manfaat, tidak hanya sekedar memperkuat otot bagian bawah tubuh, olahraga squat yang dilakukan secara rutin ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan mampu membakar kalori, hingga dapat meningkatkan aliran atau sirkulasi darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Lakukan Cara Ini Untuk Mengasah Kreativitas Anak

dailyxpressnews.com - Anak anak pada masa pertumbuhannya masih sangat aktif dan ingin mengetahui banyak hal yang ada di dekatnya. Oleh karena itu peran orang...

Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Yang Tidak Boleh Dilewatkan

dailyxpressnews.com - Ada beberapa makanan untuk kolesterol tinggi yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya menurunkan kolesterol memang tidak mudah dan tidak selalu harus menggunakan...

Wisata Di Blitar Terpopuler, Ada Makam Bung Karno

dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Blitar? Jangan lupa mampir ke beberapa wisata di Blitar terpopuler, Blitar memang memiliki destinasi yang cukup lengkap. Mulai dari...