Jangan Dibuang Dulu! Manfaat Tinta Cumi, Gak Cuma Bikin Makanan Lezat

dailyxpressnews.com – Ada banyak manfaat tinta cumi yang jarang diketahui orang, kamu pasti sering sekali bukan menjumpai masakan cumi hitam yang menggunakan tinta cumi untuk bumbu sekaligus pewarna, penambahan tinta cumi ini akan membuat rasa makanan lebih gurih dibanding masakan cumi yang tintanya justru dibuang. Tapi sayangnya tidak semua orang senang dan doyan dengan masakan cumi hitam, sehingga tinta cuminya dibuang karena menganggap tinta cumi beracun dan membahayakan Kesehatan, padahal tinta cumi boleh dikonsumsi dan tergolong aman bahkan memiliki banyak manfaat.

Keistimewaan cumi cumi tidak hanya terletak pada dagingnya saja yang nikmat dan menyehatkan, namun juga pada tintanya. Tinta cumi mengandung banyak senyawa, termasuk melanin, enzim, polisakarida, katekolamin, logam seperti cadmium, timan serta tembaga dan asam amino seperti glutamate, taurine, alanin, leusin dan asam aspartate. Dari kandungan ini dapat membuat tinta cumi berkhasiat, tinta cumi sendiri sebenarnya memang sebagai bentuk perlindungan untuk hewan tersebut jika ada penyerang, namun tidak banyak yang mengetahui kalau tinta cumi memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, jadi sebelum kamu membuang tinta cumi. Berikut ini manfaat tinta pada cumi yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Tinta Cumi Yang Baik Untuk Kesehatan, Gak Cuma Bikin Lezat

Manfaat tinta cumi

1. Pengganti Micin Alami

Tanpa kalian sadari, Mengapa tinta cumi yang dijadikan bumbu memiliki citra rasa yang lebih sedap? Hal itu disebabkan karena asam glutamat yang terkandung dalam tinta cumi tersebut yang rasanya sama seperti micin. Untuk mengurangi rasa asin pada masakan kamu yang dicampur tinta cumi, maka kamu harus mengurangi takaran garam pada makanan yg ingin kamu sajikan. Namun Bagi kamu yang sensitif terhadap zat glutamat, harap diperhatikan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi cumi.

2. Meningkatkan Produksi Hemoglobin Dalam Tubuh

Manfaat tinta cumi yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh, hal ini karena tinta cumi memiliki kandungan zat besi yang merupakan mineral paling penting dalam memproduksi hemoglobin dan mioglobin. 2 protein yang ditemukan dalam sel darah merah yang membantu membawa oksigen ke sel darah tubuh sebuah penelitian mengatakan kalau tinta cumi mungkin dapat berfungsi sebagai sumber zat untuk manusia, bagi kamu yang menderita anemia wajib mengkonsumsi tinta cumi karena kandungan tinta cumi yang satu ini memiliki kemampuan meningkatkan sel darah merah.

3. Dapat Melawan Penyakit Kronis

Tinta cumi cumi juga memiliki sifat antioksidan yang berasal dari polisakarida yang memang dipercaya untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam cumi cumi ini juga sudah terbukti memiliki aktivitas antikanker, juga dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes dan jantung, walaupun seperti itu manfaat yang satu ini membutuhkan penelitian lebih lanjut. Selain dapat mencegah penyakit kronis, zat berwarna hitam yang ada pada cumicumi juga dipercaya dapat membantu melebarkan Pembuluh darah yang melancarkan tekanan darah. Kamu bisa rutin mengkonsumsi cumi beserta tintanya untuk melawan penyakit kronis lainnya, jangan lupa diimbangi dengan olahraga rutin.

4. Menetralkan Bakteri Dalam Tubuh Manusia

Manfaat tinta cumi selanjutnya Yaitu dapat menetralkan bakteri yang umumnya menyebabkan plak gigi seperti Streptococcus mutan, actinomyces viscosus, lactobacillus acidophilus, candida albicans. Selain itu tinta cumi juga ternyata terbukti mampu menetralkan bakteri yang menjadi penyebab diare atau types dalam makanan, manfaat sebagai agen antibiotik alami ini dikarenakan tinta cumi memiliki kandungan asam lemak yang tidak jauh seperti DHA, asam oleat dan EPA yang memiliki sifat antibakteri.

5. Baik Untuk Kesehatan Sel Otak Dan Saraf

Tinta cumi juga memiliki kandungan asam amino dalam jumlah yang tinggi itu taurine dan diikuti olah glutamat dan tirosin, kadar asam amino yang tinggi sebenarnya memiliki fungsi dalam aktivitas memakan zat asing untuk pertahanan diri cumi dari para predator. Sedangkan untuk manusia sendiri zat tahun ini bermanfaat bagi kesehatan otak dan saraf tidak hanya itu saja asam amino juga mampu menurunkan risiko hipertensi dan hiperkolesterolemia, jadi tidak ada salahnya kamu rutin mengkonsumsi tinta cumi untuk kesehatan.

Similar Articles

Comments

Most Popular

SHINee Comeback! Mendiang Jonghyun Dikenang, Begini Reaksi Minho

dailyxpressnews.com - Kabar SHINee comeback disambut hangat oleh para SHAWOL yang sudah menunggu-nunggu kabar kembalinya mereka. Sudah hampir 2 tahun sejak SHINee terakhir kali...

Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Jangan Sepelekan Hal Ini!

dailyxpressnews.com - Bagi kamu yang memiliki pori-pori besar tentunya cukup mengganggu bukan? Berikut ini ada beberapa tips mengecilkan pori-pori yang bisa kamu terapkan di...

Nadya Mustika Dituduh Dihamili Oleh Pria Lain, Begini Respon Rizki DA

dailyxpressnews.com - Nama Nadya Mustika beberapa waktu ini menjadi sorotan setelah muncul berita Nadya Mustika dituduh dihamili oleh pria lain, sebelumnya beberapa bulan setelah...