Ibu Mengidap Kondisi Depresi Postpartum? Peran Ayah Dibutuhkan!

Dailyxpressnews.com – Suasana hati yang suka berubah-ubah, dan mengalami kondisi depresi postpartum pasca melahirkan memang dapat membawa dampak buruk untuk seluruh anggota keluarga, terutama para ayah yang harus menangani ibu dan juga sang buah hati secara bersamaan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai depresi postpartum ini, tahukah anda arti dari depresi postpartum?

Depresi postpartum adalah sebuah kondisi dimana sang ibu akan mengalami depresi setelah melahirkan sang buah hati. Biasanya, hal ini akan disebabkan oleh terjadinya ketidakseimbangan zat kimia didalam otak, dan akan dialami oleh 10% dari ibu setelah melahirkan sang buah hati.

Ada yang menganggap depresi postpartum adalah kondisi baby blues, lantaran terjadinya kondisi tersebut sama-sama sehabis melahirkan. Padahal, kondisi baby blues dan depresi postpartum memiliki perbedaan cukup signifikan. Biasanya, baby blues akan menyebabkan sang ibu mengalami perubahan emosi, sehingga akan menangis, cemas, hingga sulit untuk tidur. Kondisi tersebut akan terus dirasakan dalam jangka waktu 2 minggu pasca kelahiran. Sementara itu, depresi postpartum adalah kondisi yang lebih parah dari kondisi baby blues.

Dimana depresi postpartum akan menyebabkan sang ibu merasa adanya putus harapan, hingga merasa tidak bisa menjadi ibu yang baik untuk buah hati, dan enggan untuk mengurus anak. Depresi postpartum yang tidak kunjung membaik, biasanya akan menyebabkan sang ayah pun mengalami kondisi tersebut. Sebelum mengalaminya, tentu saja penanganan pada peran ayah dalam membantu ibu yang sedang mengalami kondisi depresi postpartum adalah hal penting yang harus dilakukan.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan oleh sang ayah, agar ibu bisa memiliki kondisi yang membaik dan segera mengurus buah hati. Penasaran? Mari simak terus artikel yang satu ini sampai selesai untuk menambah wawasan anda!

Pentingnya Peran Ayah Mengatasi Kondisi Depresi Postpartum Pada Ibu

Kondisi-Depresi-Postpartum

Biasanya, sang ibu yang akan mengalami depresi postpartum ini terjadi di awal kehamilan. Tidak menutup kemungkinan kondisi ini akan terjadi pada beberapa minggu setelah melahirkan, atau bahkan hingga setahun sang bayi telah lahir.

Pada dasarnya, ibu yang mengalami depresi postpartum adalah hal yang lumrah, karena terjadinya penurunan hormon serta terdapat perubahan kimia di organ otak. Satu-satunya cara untuk membantu ibu dalam mengatasi kondisi ini, adalah peran dari sang ayah.

Berikut adalah cara terbaik yang bisa dilakukan sang ayah dalam membantu ibu yang mengalami depresi postpartum:

     1. Mendengarkan Segala Keluh Kesah

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk membantu ibu yang mengalami depresi postpartum, adalah mendengarkan segala keluh kesah yang dirasakannya. Begini, pasca melahirkan, biasanya sang ibu akan timbul atas perasaan bersalah, merasa sendiri, sedih yang amat mendalam.

Sehingga sang ibu akan merasa bahwa dirinya bukanlah sang ibu terbaik karena telah melahirkan sang buah hati. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa ibu yang mengalami depresi postpartum akan selalu cemas disertai marah-marah.

Sebagai ayah yang ingin membantunya, anda tidak boleh mengabaikan gejala dari depresi postpartum tersebut. Bantulah dirinya untuk mendengarkan segala keluh kesah, dan anda juga bisa menunjukkan kepada ibu bahwa anda selalu berada di dekatnya.

     2. Tidak Membanding-Bandingkan

Jika para ayah ingin membantu ibu yang mengalami depresi postpartum, usahakan bahwa anda memilih kata-kata terbaik saat sedang berbicara empat mata dengannya. Salah satunya, adalah jangan pernah mencoba untuk membandingkan pengalaman orang lain ataupun sanak saudara yang telah memiliki buah hati.

Telah kami bahas sebelumnya, bahwa ibu yang mengalami depresi postpartum akan merasa bahwa dirinya bukanlah ibu yang baik. Dan jika anda membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain yang telah berpengalaman, tentu akan memperburuk keadaan sang ibu.

     3. Membantu Menyelesaikan Segala Tugas Sang Ibu

Selain selalu berada di sampingnya, dan memilih kata-kata terbaik untuk diucapkan ke ibu, para ayah juga bisa membantunya dengan menyelesaikan berbagai macam tugas rumah. Anda mungkin sudah memberi tawaran kepada sang ibu, tetapi kemungkinan besar bahwa ibu akan menolak atas tawaran anda, karena mungkin dirinya akan merasa tidak berguna jika anda menolongnya.

Apabila hal ini terjadi kepada anda dan ibu sedang mengalami depresi postpartum, cobalah untuk membantu sang ibu menyelesaikan berbagai macam pekerjaan rumah tanpa dirinya meminta. Dengan begitu, sang ibu yang mengalami kondisi depresi postpartum akan membaik dari waktu ke waktu.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Cara Mudah & Efektif untuk Selesaikan Konflik dengan Tim Kerja

Dailyxpressnews.com - Didalam dunia pekerjaan, ternyata salah paham pasti akan timbul dan hal ini merupakan masalah yang kerap kali terjadi. Perbedaan pendapat terkadang menyebabkan...

Tips Memiliki Prasangka Baik Sama Orang Lain, Cobalah Empati!

Dailyxpressnews.com - Kamu yang ingin sekali memiliki hubungan baik dengan banyak orang, tentu saja perlu memiliki prasangka baik ke orang lain dulu. Jangan buang...

Agar Hasil Optimal, Ini Dia Cara Benar Menggunakan Masker Spirulina!

Dailyxpressnews.com - Adakah dari anda yang gemar menggunakan masker untuk menghasilkan wajah yang cerah dan terawat? Jika ya, pastinya sudah tidak asing lagi apabila...