Gibran Jadi Wali Kota Solo, Dilantik 26 Februari Mendatang

dailyxpressnews.com – Gibran jadi Wali Kota Solo dan akan segera dilantik 26 Februari mendatang,  putra sulung dari Presiden Jokowi yang memiliki nama lengkap Gibran Rakabuming Raka ini lahir di Surakarta, 1 Oktober 1987 dan merupakan seorang pengusaha yang kini sudah resmi terpilih sebagai Wali Kota Solo. Sejak Desember 2010 ia membuka usaha catering yang diberi nama Chili Pari, selain itu ia juga mendirikan usaha kuliner lain yaitu martabak yang disebut Markobar, sejak kecil ia menetap di Solo, namun saat SMP ia pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolahnya dan saat SMA ia juga bersekolah di Orchid Park Secondary School, Singapore.

Pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney, Australia. Ia juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia Kota Solo, di tahun 2015 ia menikah dengan mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Dan di tahun 2016 Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra, pada 15 November 2019 ia dikaruniai anak perempuan yang diberi nama La Lembah Manah, di tahun 2019 juga ia bersama dengan sang adik Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius mendirikan restoran yang bernama Mangkokku.

Dalam pilkada 2020, Gibran mencalonkan dirinya sebagai Wali Kota Solo, dan kini Gibran jadi Wali Kota Solo bersama dengan pasangannya Teguh Prakosa, dan kabarnya Gibran akan dilantik tanggal 16 Februari mendatang pukul 08.00 WIB di gedung DPRD Solo Kecamatan Laweyan, Solo. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Solo, Wahyu Kristina mengatakan perubahan tempat tersebut sesuai dengan arahan pemerintah provinsi Jawa tengah, “Sesuai rencana dari provinsi untuk efektivitas acara maka itu semua diselenggarakan dalam satu rangkaian di Gedung DPRD” ucap Ina.

Gibran jadi Wali Kota

Selanjutnya acara akan dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRP untuk menyaksikan pidato perdana Gibran sebagai Wali Kota Solo, awalnya Gibran dan Teguh dilantik secara virtual. Sedangkan tiga agenda lainnya di jadawalkan di Gedung DPRD tanggal 1 Maret mendatang, namun rencana ini diurungkan, “Dulu rencananya seperti itu, namun dari pada harus dua kali kegiatan. Maka provinsi membuat surat untuk efektivitas pelaksanaan yang dirangkai jadi satu” katanya, Ina mengatakan saat acara pelantikan nanti hanya akan ada 25 tamu undahan termasuk pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang terpilih bersama istri masing-masing.

Ina mengaku pelantikan Gibran jadi Wali Kota Solo memerlukan persiapan yang lebih, pihaknya akan mengadakan gladi bersih di Gedung DPRD, sehari sebelum pelaksanaan untuk memastikan semua berjalan lancar yang diikuti 17 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pilkada 2020 lalu, “Nanti pelantikan sema, kita hanya menunggu giliran, hanya bedanya Pak Gubernur berkenan untuk menyaksikan sertijab kota Surakarta. Sertijab itu dilanjutkan dengan pidato perdana di depan anggota dewan dalam bentuk rapat paripurna” ucapnya. Sebelum pelantikan Gibran, pemerintah  Kota Solo menyiapkan staf pendamping untuk Gibran, mereka akan langsung bekerja setelah putra Presiden Joko Widodo itu dilantik.

Ina juga menjelaskan jajaran staf tersebut termasuk ajudan yang akan mendampingi Gibran, “Kita usulkan beberapa nama” katanya saat ditemui di ruang kerjanya. Nama calon ajudan Gibran ini diseleksi dari alumni terbaik IPDN, dari beberapa nama tersebut nantinya Gibran memilih satu orang yang akan ditetapkan sebagai ajudan pribadinya, “Usernya Gibran yang nanti memilih nama yang paling cocok” ucapnya, selain ajudan Pemkot juga menyiapkan sejumlah staf yang lainnya seperti asisten pribadi ketatausahaan hingga sopir pribadi untuk Gibran, “Sekpri, driver, dan tata usaha nanti dari Bagian Umum, ajudan dari Prokompim karena itu bagian dari komunikasi pimpinan” ucapnya.

Sedangkan pelaksana Harian, Wali Kota Solo, Ahyani berharap ajudan yang sudah ditetapkan sebelum pelantikan Gibran di Gedung DPRP, “karena besok kan waktu pelantikan sudah mendampingi” ucapnya. Gibran dengan wakilnya Teguh Prakoso sudah ditetapkan menjadi Wali Kota Solo dan akan dilantik pada 26 Februari, prosesi pelantikan ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranomo dan dilakukan secara virtual.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...