Gempa Di Fukushima Jepang Mengakibatkan Ratusan Orang Korban Luka

dailyxpressnews.com – Richter yang mengguncang negeri Sakura pada hari Sabtu (13/2/2021) malam. Gempa yang dilaporkan tidak berpotensi tsunami, tepatnya terjadi di lepas pantai Fukushima, bagian timur Jepang sekitar pukul 23.08 waktu setempat. BMKG di Jepang melaporkan bahwa kedalaman gempa mencapai 60 kilometer di bawah permukaan laut Fukushima. Gedung di Ibu Kota Jepang mengalami guncangan yang dahsyat, sekaligus rumah sekitaran dengan jumlah 950 ribu mengalami mati listrik.

KBRI Tokyo melaporkan tidak ada korban WNI disana. “KBRI Tokyo telah menjangkau simpul- simpul masyarakat dan sejauh ini tidak terdapat laporan WNI yang menjadi korban. KBRI Tokyo akan terus berkomunikasi dengan simpul-simpul masyarakat dimaksud,” Unggahan dalam situs resmi Kemlu.go.id kementerian Luar Negeri RI. Guncangan tersebut mengakibatkan banyaknya reruntuhan  bangunan yang berserakan, hingga catatan korban gempa di Fukushima setidaknya ada 50 korban luka yang bertambah menjadi 104 orang korban luka.

Wilayah yang terdampak di Fukushima dan Miyagi terdapat WNI sebanyak 540 di Fukushima dan 984 WNI di Miyagi. Pemerintahan Jepan pun langsung memeriksa atas Reaktor Nuklir Fukushima dan sejauh ini tidak ada laporan adanya kerusakan. Sistem peringatan dini gempa yang dioperasikan di Jepang sudah bekerja dengan baik untuk tujuan evakuasi dan respon instrumen. Laporan yang terkait soal kerusakan parah akibat gempa yaitu terjadinya tanah longsor di area sekitar jalan Tol.

Kondisi kantor yang berada di gedung pun terlihat map berserakan, belu lagi botol yang berserakan jatuh dari rak. Kondisi jalanan di Jepang kini gepal tanpa ada penerangan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan hasil dari analisanya terhadap gempa yang terjadi di negeri sakura tepatnya berpusat di laut yang cukup besar dan hiposentrumnya yang relatif dalam menyebabkan guncangan.

“Meskipun gempa ini berpusat di laut, tetapi karena kedalaman hiposentrumnya mendekati intermediate (menengah), yaitu sekitar 54 km, sehingga gempa ini tidak berpotensi tsunami. Karena magnitudo gempa yang cukup besar dengan hiposentrumnya yang relatif ‘dalam’ menyebabkan spektrum guncangan kuat yang ditimbulkan melanda wilayah yang luas mencapai Kota Tokyo,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis, Minggu (14/2/2021) dilansir dari sumber berita detikcom. 

4 Fakta Gempa Di Fukushima Jepang

Gempa Di Fukushima Jepang

Gempa yang melanda negeri Sakura tersebut tidak lupa untuk mengatakan kemungkinan akan terjadinya gempa susulan meski tidak berpotensi tsunami. Pengecekkan dan evakuasi terus dilakukan untuk mengatasi korban di wilayah yang terdampak. Laporan dan informasi terus dikabarkan oleh awak media. Warga negara Indonesia juga dipastikan tidak ada satupun yang menjadi korban. Semua pembangkit listrik dan Nuklir masih terus ditelusuri kemananany. Berikut ini merupakan 4 fakta yang wajib anda ketahui dari berita gempa di Jepang Terkini. 

  1. 104 Orang Terluka
    Gempa di Fukushima Jepang membuat ratusan orang mengalami luka-luka. Laporan awal, tercatat 50 orang lalu laporan terakhir menginformasikan gempa ini menyebabkan 104 orang luka-luka. Laporan korban meninggal dunia tidak ada, Gempa menyebbabkan atap bangunna roboh menimpa mobil yang tengah terparkir di pinggir jalan.

  2. Tidak Ada Laporan WNI Yang Menjadi Korban
    KBRI Tokyo memastikan tidak ada WNI yang menjadi kporban berdasarakan data keimigrasoan Jepan Per Juni 2020 sebanyak 66.084 orang. Titik gempa yang terjadi disebut merupakan lokasi yang sama dengan kejadian gempa besar di tahun 2011 hingga mengakibatkan Tsunami dan kecelakaan pembangkit listrik tenaga Nuklir (PLTN).

  3. Pembangkit Nuklir Di Pastikan Aman
    Tokyo Electric Power menyatakan tidak ada kelainan yang terjadi pada pembangkit Listrik tenaga Nuklir Fukushima nomor 1 dan 2. Tumpahan air di kolam bahan bakar memang sempat ada bekas di reaktor 5 dan 6 doidalam gedung bangunna pembangkit nomor 1. 
  4. 950 Ribu Rumah Padam Listrik
    Pemerintah yang akan mendirikan kantor penghubung khusus untuk berkoordinasi dengan wilayah yang terkena dampak  usai gempa tersebut mengguncang wilayah Fukushima. Penelusuran yang terus dilakukan untuk mendata dampak gempa tersebut termasuk pengecekan (PLTN). “Survei sedang dilakukan di pembangkit nuklir Fukushima Daiichi,” katanya.”Kami telah menerima laporan bahwa PLTN Onagawa dan PLTN Fukushima Daiichi tidak menunjukkan kelainan apapun,” tambahnya.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Kronologi Dan Fakta Rina Gunawan Meninggal Dunia

dailyxpressnews.com - Kabar duka kembali menerpa dunia hiburan tanah air yang mengejutkan masyarakat Indonesia dengan kabar Rina Gunawan meninggal dunia pada hari Selasa (2/3/2021)...

5 Cara Cegah Alergi Pada Anak Sejak Dini Yang Mudah Dilakukan

dailyxpressnews.com - Dalam kondisi medis banyak sekali yang bisa menyebabkan anak-anak hingga orang dewasa mengalami reaksi yang beragam dan disebut sebagai alergi. Mulai dari...

Tamu Wanita Cantik Ditemukan Tewas Di Hotel Kediri

dailyxpressnews.com - Wanita cantik ditemukan tewas dengan lumuran darah di sejumlah kain. Seorang tamu hotel kamar 421 berinisial M (20) asal dari Jawa Barat...