Gak Cuma Lezat! Ini Dia Manfaat Durian Untuk Kesehatan

dailyxpressnews.com – Manfaat durian untuk kesehatan ternyata cukup banyak namun jarang diketahui oleh banyak orang, dari sekian banyak buah buahan yang ada di Indonesia. Durian menjadi salah satu buah yang disebut sebagai raja buah karena kepopulerannya dan rasanya yang sangat lezat, kalau di Indonesia sendiri saat musim durian pasti ramai penjual durian yang berjejer di pinggir jalan menjajakan dagangannya. Sebagian masyarakat Indonesia mungkin tidak suka dengan buah yang satu ini, padahal durian memiliki rasa yang sangat nikmat, bagi mereka yang tidak suka beralasan kalau durian memiliki aroma yang tidak enak.

Ciri khas durian sendiri memang memiliki aroma yang menyengat, dan kulit yang berduri, bagi yang suka dengan buah ini pastinya mengatakan kalau durian memiliki aroma yang sangat nikmat. Durian juga menjadi salah satu buah yang dibenci oleh kebanyakan turis karena aromanya yang diklaim tidak enak dan rasanya yang aneh, disamping itu durian tetap menjadi buah paling populer. Kalau kamu berkunjung ke swalayan pastinya kamu sering melihat olahan dari durian seperti pancake durian, pie durian, brownies durian, es krim durian dan hal hal lain yang berbau durian.

Buah kaya nutrisi ini memang mudah diolah menjadi berbagai macam kuliner. salah satunya dapat diolah menjadi sambal tempoyak dan lempok yang menjadi makanan tradisional paling hits. Dibenci atau dicintai, ternyata durian memiliki kandungan nutrisi yang dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, sayangnya tidak banyak yang tahu mengenai manfaat durian, berikut ini manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah durian.

Manfaat Durian Untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat Durian Untuk Kesehatan

Kaya Akan Nutrisi

Durian merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, menurut sebuah penelitian menjelaskan kalau 1 cangkir durian yang memiliki ukuran 243 gram mengandung 357 kalori, 13 gram lemak, 4,9 mg sodium, 66 gram karbohidrat, 9,2 gram serat dan 3,6 gram protein. Tidak hanya itu saja, durian juga sebagai sumber vitamin seperti Vitamin C, Vitamin B6, folat, riboflavin, niasin dan thiamin, kandungan mineral yang terkandung di dalam buah durian cukup bervariasi, mulai dari magnesium, tembaga, zat besi, mangan, kalium, dan beberapa kalium seperti zink, serta fosfor.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat durian untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit Alzheimer, masalah yang satu ini sering dihadapi oleh orang orang yang lanjut usia atau lansia. Kelompok orang lanjut usia sering sekali mengalami malnutrisi, maka dari itu gak heran lansia mengalami penurunan berat badan dan defisiensi nutrisi karena beberapa faktor, seperti misalnya nafsu makan yang berkurang, malabsorpsi, serta akses yang terbatas ke berbagai makanan. Solusinya bisa mengkonsumsi durian yang memiliki kandungan tiamin didalamnya, kandungan tersebut dapat mempengaruhi demensia atau penyakit Alzheimer.

Mengurangi Resiko Kanker

Selain buah durian juga ternyata dapat mengurangi resiko kanker, hal ini karena durian memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas yang dapat memicu kanker. Dari sebuah penelitian menunjukan kalau ekstrak durian terbukti bisa mencegah penyebaran sle kanker, walaupun seperti ini hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas dari buah durian untuk menghentikan pertumbuhan sel sel kanker.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat durian untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah, hal ini karena durian memiliki kandungan kalium yang tinggi di dalamnya. Menurut sebuah penelitian disebutkan kalau durian memiliki manfaat untuk mengurangi kadar glukosa darah dan kolesterol, dalam penelitian tersebut juga menyebutkan kalau ekstrak durian memiliki kandungan probiotik dan efek antiproliferatif yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, tapi perlu diperhatikan kalau durian harus dikonsumsi dalam batas normal dan wajar.

Mencegah Nyeri Sendi

Salah satu penyebab nyeri sendi yaitu kekurangan asupan vitamin C, satu cangkir durian segar atau beku ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, terlebih lagi dimakan secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Satu cangkir durian segar atau beku mengandung 49 gram vitamin C sedangkan untuk orang dewasa setiap harinya memerlukan 75-90 gram setiap harinya, jadi kamu bisa mengkonsumsi durian sesekali untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...