Gadis Myanmar Ditembak Mati Saat Demo Anti Kudeta

dailyxpressnews.com – Gadis Myanmar ditembak mati saat beraksi unjuk rasa anti kudeta, dirinya menjadi sorotan lantaran bukan hanya menggunakan kaos bertuliskan ‘Everything will be ok’ tetapi juga pesannya yang tertulis di catatan untuk minta tubuhnya di donasikan jika dirinya tewas saat demo. Seperti yang dilansir dari sumber berita Routers, Gadis tersebut memiliki nama angel atau lebih sering dikenal sebagai Kyal Sin, dirinya tewas usai mengalami luka  tembak yang berada di bagian kepalanya.

Kesaksian Myat Thu seorang teman yang menceritakan keberanian gadis tersebut saat melakukan unjuk rasa. Bahkan saat para peserta unjuk rasa lainnya terkena semprotan gas air mata, gadis berusia 19 tahun ini menendang pipa air guna untuk mencuci muka  setelah aparat menyemprotkan gas air mata kepada para peserta unjuk rasa. “Saat polisi menembaki, dia berkata kepadaku ‘Duduk! Duduk! Peluru bisa mengenalmu. Engkau seperti berada di atas panggung’,” kenang Myat seperti yang dilansir dari sumber berita kompas.com.

Myat Thu merupakan pemuda berusia 23 tahun dirinya mengakui bahwa angel merupakan bagian dari ratusan pendemonstrasi secara di Mandalay. Sebelum aparat menyerang, Kyal Sin terdengar berteriak “Kami akan mundur dan jangan ada darah yang tertumpah di sini” Kerusuhan pun terjadi secara brutal dari para aparat yang mengkudeta negeri tersebut menggunakan gas air mata. Masa saat itu terpencar dengan korban gas air mata tetapi pemuda tersebut tidak lama mendengar ada berita satu gadis yang gugur. Saat diketahui korban dari demo anti kudeta yang terbaring setelah ditembak mati adalah Angel pada Rabu (3/3/2021).

Demo berlangsung sejak 1 februari yang lalu. Mereka melakukan unjuk rasa untuk negerinya kembali normal dan menolak adanya kudeta hingga militer menahan sejumlah politik seperti Aung San Suu Kyi dalam kudetanya.  Tidak hanya unjuk rasa dari masyarakatnya saja tetapi ada sanksi yang diberikan untuk menindaklanjuti kekacauan yang berada di negara Asia Tenggara tersebut. Berikut ini merupakan upaya PBB memulihkan demokrasi pada negara Myanmar dan adanya penolakan mundur dan tetap mengkudeta hingga menyatakan akan siap hadapi sanksi dan isolasi

Upaya PBB Pulihkan Demokrasi Myanmar Setelah Menyoroti Gadis Myanmar Ditembak Mati

Gadis Myanmar Ditembak Mati

Myanmar saat ini sedang berada di dalam kekacauana sejak Tatmawa atau nama lain dari militer di Myanmar mengkudeta negara dengan menculik semua tokoh politik termasuk Aung san Suu Kyi. Awal mulanya NLD memenangkan pemilihan pada November 2020 lalu dengan talak, tetapi menurut militer kalau itu semua merupakan kecurangan. Padahal Komisi Pemilihan pun sudah mengakui bahwa pemungutan suara tersebut merupakan pemungutan suara yang adil.

Schraner Burgener yang merupakan salah seorang utusan dari PBB telah memperingati kepada Militer disana jika tidak mundur maka akan dikenakan sanksi dan juga isolasi. Tetapi Militer menolak dan ingin terus maju pantang mundur untuk kudeta negara asia Myanmar ini. Bahkan sanksi akan dihadapi sekaligus hukuman isolasinya. Hal ini merupakan upaya PBB yang akan memulihkan demokrasi di negara Myanmar, negara barat termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Uni Erpa telah menerrapakan atau sedang mempertimbanghakan sanski yanga kan ditargetkan untuk, menaikan militer myanmar dan sekutu bisnisnya.

Hal ini merupakan upaya untuk militer di saat menyerah dan mundur dalam aksi kudetanya. Seluruh negara di dunia sudah mengutuk demo berdarah tersebut yang disebabkan para penegak hukum di Myanmar. Dewan keamanan PBB yang beranggotakan 15 orang telah menyatakan keprihatinan atas keadaan darurat tersebut. Tetapi badan Internasional itu tidak mengutuk kudeta tersebut sejak bulan lalu dikarenakan ada penentangan oleh Rusia dan China.

“Saya berharap mereka menyadari bahwa ini bukan hanya urusan internal, tapi juga mengenai stabilitas kawasan,” kata Schraner Burgener tentang China dan Rusia. PBB mendesak negara-negara lain untuk mengambil tindakan yang sangat kuat, lantaran orang utusan PBB yaitu Schraner Burgener sendiri pun tetap tidak dihiraukan oleh militer di Myanmar. Pasalanay militer disana sudah melakukan aksi kudetanya dengan korban sebanyak 38 jiwa yang tewas termasuk Gadis myanmar ditembak mati tersebut yang sudah disoroti seluruh dunia.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...