Fakta Menarik Pulau Onrust Kepulauan Seribu Yang Penuh Misteri

dailyxpressnews.com – Ada beberapa fakta menarik pulau Onrust Kepulauan Seribu yang katanya pulau ini penuh dengan misteri. Kepulauan Seribu yang berlokasi di Sebelah Utara Jakarta menarik untuk dijelajahi, ada banyak paket menarik untuk liburan di kepulauan seribu ini, sehingga pengunjung dapat menjelajahi beberapa pulau sekaligus. Di Kepulauan Seribu tidak semuanya memiliki penghuni, salah satunya Pulau Onrust yang wajib dikunjungi, pulau tersebut menjadi saksi sejarah zaman kolonial. Tidak hanya itu saja, ada juga museum  yang menjadi inspirasi dalam penulisan novel hingga pembuatan film.

Fakta Menarik Pulau Onrust Yang Katanya Penuh MisteriFakta-Menarik-Pulau-Onrust

 

  1. Menjadi Bengkel Reparasi Kapal Terbaik Pada Masanya
    Kepulauan seribu merupakan destinasi wisata yang menarik untuk di singgahi, walaupun tak semua pulau yang berada di kepulauan seribu berpenghuni, namun beberapa pulau diyakini menjadi saksi sejarah di zaman kolonial Belanda kala itu, salah satunya pulau Onrust. Mengenai sejarah Pulau Onrust, di tahun 1645 sampai tahun 1772, pulau Onrust memiliki peranan penting semasa kolonial Belanda. Diketahui luas tanah pulau Onrust kalau itu hanya seluas 7,5 hektar saja namun beragam infrastruktur peninggalan VOC dibangun untuk menjadi senjata perdagangan, diplomasi dan penjajahan.

    Ketika memasuki tahun 1956, pulau Onrust di penuhi dengan benteng-benteng yang di bangun oleh Voc untuk menghindari serangan Kesultanan Banten. Enam tahun setelahnya, terjadi gempuran prancis yang membuat bangsa Belanda membangun Bastion untuk menambah kekuatan pada benteng yang telah dibuat sebelumnya. Lambat laun pulau Onrust semakin berkembang dan kerap mendirikan gedung-gedung untuk mengekspor lada, timah, kopi dan bahan makanan lainnya. Tak hanya itu, pulau Onrust juga dinobatkan  sebagai bengkel reparasi terbaik di masanya, banyak berbagai kapal dari negara lain yang berdatangan ke pulau Onrust untuk memperbaiki kapalnya sebelum melanjutkan berlayar.

  2. Museum Onrust, Satu-Satunya Bangunan Yang Berdiri Utuh
    Fakta menarik pulau Onrust selain menjadi tempat bengkel reparasi kapal terbaik pada masanya, sepeninggalan Belanda, pulau Onrust  memiliki bangunan yang sampai sekarang masih tegak berdiri dan dijadikan museum Onrust. Konon dulunya pemimpin pemberontakan  DI/TII dimakamkan di pulau Onrust, walaupun tidak memiliki penghuni tapi kebersihan pulau ini masih terjaga, sesuai dengan keputusan Gubernur Jakarta dan sampai saat ini menjadi pulau yang bersejarah di lindungi.

  3. Sempat Menjadi Tempat Karantina Penderita Kusta
    Pulau Onrust tetap sibuk walaupun pernah diserah oleh Inggris pada tahun 1803 dan 1806, pada masa pemerintahan Van Der Capellen, pulau yang satu ini dibangun kembali dan permukiman Belanda yang bertambah banyak. Tidak lagi beroperasi menjadi bengkel, namun menjadi dermaga batubara, kemudian pada tahun 1911 Pulau Onrust ini kembali dibangun untuk fungsi yang berbeda dan Kali ini disulap menjadi tempat karantina bagi penderita kusta. Ada berbagai macam fasilitas pendukung seperti pemukiman dokter, gudang, kantor, barak, rumah lapangan, kepopuleran Onrust tidak bertahan lama, nama pulau ini mulai terlupakan sejak tahun 1939. Kini hanya tinggal bekas bangunan tua yang terbentang di seluruh penjuru pulau.

  4. Kisah Hantu Maria Van De Velde Yang Menginspirasi
    Fakta menarik pulau Onrust selanjutnya yaitu kisah hantu Maria Van De Velde, selain menjadi wisata sejarah. Pulau yang satu ini juga memiliki misteri yang cukup populer di kalangan wisatawan, hantu noni Belanda yang bernama Maria Van de Velde selalu menarik perhatian, bahkan juga menginspirasi Astryd Diana Savitri untuk menulis novel. Novel yang satu ini bertajuk Sarcophagus Onrust yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, novel ini menceritakan tentang hantu cantik yang sering berkeliaran di Pulau Onrust. Hantu tersebut disebut Maria Van de Velde, yang mayatnya dikubur di sana, kisah legenda ini tentang penantian cintanya yang tertulis rapi dalam novel tersebut.

  5. Menjadi Lokasi Syuting Film Layar Lebar
    Buku novel yang disebutkan sebelumnya bahkan sampai diangkat menjadi film layar lebar, film tersebut diproduksi oleh PT Balai Pustaka dan Adroit Indonesia. Sedangkan Astryd D’Savitry didapuk sebagai produser dan Irham Acho sebagai sutradara, film ini memiliki judul yang sama dengan judul novel tersebut. Film ini bahkan diperankan oleh artis papan atas seperti Donny Damara, Mathias Muchus, dan untuk Maria Van de Velde diperankan oleh Christina Danilla.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Resiko Ikut Campur Urusan Orang Lain, Ingat Aibmu!

Dailyxpressnews.com - Ibarat kata kalau kamu malah ikut campur urusan orang lain, seperti gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut di ujung sebrang...

Artis Cantik Hollywood Paling Tidak Suka Pakai Bra Saat Beraktivitas

Dailyxpressnews.com - Kemarin tanggal 13 oktober merupakan hari peringatan sehari tidak gunakan bra, dimana hal ini mengingatkan akan dampak negatif dan juga positif ketika...

Rekomendasi Fashion Pria Untuk Date, Pasti Bikin Doi Meleleh!

Dailyxpressnews.com - Ingin kencan bareng doi? Berikut ini rekomendasi fashion pria untuk date agar penampilanmu semakin terlihat kece. Dalam kencan pertama pastinya kamu ingin...