Deretan Tradisi Menarik yang Masih Eksis di Negeri Jepang!

Dailyxpressnews.com – Sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan mungkin di seluruh dunia sudah tahu kalau Negara Jepang memiliki dan menyimpan berbagai budaya yang unik dan menarik. Tapi tidak heran juga kalau masih banyak tradisi di Jepang yang masih eksis sampai sekarang. Tentu saja hal ini dikarenakan budaya di negeri Sakura itu tersirat akan makna.

Rasanya tidak afdol jika ke negeri Sakura tanpa merasakan tradisi yang kental disana. Tentu saja kamu harus tahu mengenai sejarah dan makna yang tersirat di balik beberapa budaya paling populer di Jepang itu. Karena memang tradisi yang kental di sana sudah dijalani puluhan tahun bahkan ratusan tahun oleh masyarakatnya.

Supaya kamu lebih mengenal berbagai budaya yang ada di Jepang, kamu perlu ketahui sederet tradisi di bawah ini karena memang hal ini menarik dan ternyata masih eksis sampai sekarang.

Berbagai Tradisi di Jepang Paling Menarik yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Tradisi-di-Jepang

     1. Geisha

Geisha merupakan tradisi di Jepang yang masih eksis sampai sekarang karena seperti yang kita ketahui kalau Geisha ini adalah seniman terkenal dengan sosok misterius. Geisha adalah profesi tradisional yang ada di Jepang dan kerap disalahartikan, arti Geisha dari bahasa Jepang sendiri itu memiliki makna orang seni atau orang yang memiliki keterampilan dalam seni tradisional Jepang, seperti menari, bernyanyi, bermain musik atau melakukan upacara minum teh.

Kata lain Geisha yaitu aktivis seni penghibur tradisional yang ada di negara Jepang dan memang awalnya pria yang memerankan Geisha ini Tapi beberapa pria yang saat itu menekuni Budaya tradisional ini cenderung menurun sampai akhirnya para wanita lah yang segera menggantikan peran Geisha.

Wajarnya Budaya tradisional Jepang ini seperti Geisha Sudah diajarkan dan dilatih sejak usia muda karena rumah Geisha juga rata-rata akan membawa gadis dari keluarga tidak mampu atau miskin dalam menetap dan berlatih di sana. Rumah-rumah Geisha sering disebut Okiya.

     2. Tako

Selanjutnya ada tako sebagai budaya yang menarik di Jepang karena memiliki arti layang-layang Jepang. Sedangkan kalau tako Age artinya layang-layang terbang. Kalau di Jepang menerbangkan layang-layang adalah hal atau kegiatan yang akan dilakukan setiap tahun baru meskipun kegiatan menerbangkan layangan tidak terlalu familiar di seluruh dunia kegiatan ini sangat terkenal di negara Jepang. Tidak hanya itu saja, layang-layang bisa dijumpai juga ketika adanya festival budaya.

Umumnya layangan yang ada di Jepang kebanyakan terbuat dari kertas Washi dengan kerangka bambu atau kayu cemara dan tinta hitam atau menggunakan cat pewarna alami yang warnanya cerah. Ada juga kerangka bambu yang disebut sebagai tulang dengan penutup kertas Washi disebut sebagai kulitnya. Masyarakat yang ada di Jepang menganggap kalau taco itu bukan sekedar layangan biasa tapi karya seni dan budaya dengan nilai tinggi sehingga perlu dilestarikan.

Bahkan, pemerintah yang ada di Jepang memberikan subsidi mengenai tunjangan para seniman layang-layang hingga hasil karyanya dipajang dan diabaikan di sebuah museum Tako no Hakubutsukan, tepatnya di Tokyo. Kalau kamu di Indonesia suka sekali melakukan kegiatan bermain layangan, saat ke negeri Sakura perlu mengikuti sekumpulan seniman layangan yang ada di Jepang ini.

     3. Origami

Terakhir tradisi menarik dan otentik di Jepang yang masih eksis sampai sekarang karena menarik yaitu dari origaminya. Budaya origami budaya yang paling populer hingga ke berbagai belahan dunia. Bahkan, di negara Indonesia juga kesenian origami sudah diajarkan saat berada di bangku taman kanak-kanak.

Origami itu sudah lama hadir dan Sejak pertama kali kertas digunakan yaitu abad pertama Tiongkok, sekitar 105 masehi oleh Ts’ai Lun. Selanjutnya pada abad ke-6 sekitar 106 masehi adanya metode pembuatan kertas yang dibawa ke Spanyol oleh orang Arab dan juga Jepang.

Kalau di Jepang sendiri origami diyakini ada sejak zaman Heian sekitar tahun 741-1191. Hal itu merupakan awal dari origami digunakan sebagai penutup botol arak atau sake ketika upacara penyembahan wanita dan juga anak-anak. Nah dari ketiga poin tradisi di Jepang paling menarik di atas, mana yang familiar banget buat kamu?

Similar Articles

Comments

Most Popular

Rekomendasi Sunscreen Paling Laris, Nyaman Dan Ringan Di Wajah!

Dailyxpressnews.com - Ingin menggunakan sunscreen yang nyaman dan ringan di wajah? Berikut ini rekomendasi sunscreen paling laris yang wajib kamu miliki. Sunscreen merupakan produk...

Destinasi Wisata Petik Apel di Kota Batu, Paling Seru Bareng Keluarga!

Dailyxpressnews.com - Sebagian orang pasti tidak asing dengan sebutan kota Batu, betul? dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Kota Batu bukan? Kota...

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Dailyxpressnews.com - Manfaat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga adalah salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan...