Dampak Buruk Ketika Puji Orang Lain Berlebihan, Puji Sewajarnya Saja

dailyxpressnews.com – Boleh saja memuji orang lain disekitarmu, tetapi perlu waspada juga ketika puji orang lain berlebihan karena bakal ada dampak buruknya. Tidak heran kalau nantinya kamu sendiri bakal dibuat insecure karena pujian kamu kepada orang lain itu secara berlebihan. Siapa nih yang tidak senang dapat pujian dari banyak orang? Tentu saja kamu sendiri bakal merasa bahagia jika ada yang menyayangi dirimu. Asal pujian yang diberikan itu tidak terlalu berlebihan. Karena sejatinya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus, meski niat sebenarnya baik. Mengapa begitu? 

Karena sejatinya segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak bagus, sekalipun nyatanya itu baik. Kalau kamu merupakan sosok yang sering memuji banyak orang dengan cara berlebihan, perhatikan dampak buruknya yang bakal terjadi nantinya. Langsung saja kalau begitu cari tahu dampak buruknya ini bagi kamu dan orang yang dipuji ketika melakukannya dengan berlebihan. 

Dampak Buruk yang Bakal Terjadi Saat Puji Orang Lain BerlebihanPuji-Orang-Lain-Berlebihan

  1. Bikin Orang yang dipuji Besar Kepala dan Takabur
    Padahal apa yang dilakukan itu termasuk dengan tidak wajar, misalnya kamu tahu kalau temanmu ini selalu saja buang sampah pada tempatnya. Bahkan jika dia tidak menemukan tempat sampah sekitarnya bungkus makanan itu pada tempatnya. Bahkan jika tidak menemukan tempat sampah disekitar bungkuk dan bawa lagi sampai ketemu tempat sampah. Alhasil pujian yang meluncur dari mulutmu itu, otomatis dia jadi banyak dikenal oleh sebagian orang yang cinta akan kebersihan. Sehingga kamu bisa beberkan ke teman yang lain. Kalau tidak kuat iman kamu yang dikenal sebagai orang yang patut dicontoh pasti bakal takabur dan besar kepala sendiri. Kalau kasusnya seperti ini alangkah baiknya untuk tidak melakukan Puji Orang Lain Berlebihan.
  2. Diterima Negatif oleh Orang
    Meski niatmu baik, tapi ternyata tidak semua orang suka dipuji, ada juga yang merasa kalau dirinya kurang nyaman dan risih malah ketika dengar sanjungan darimu yang berlebihan. Apalagi kalau kamu soroti sudah tidak sesuai fakta. Alias dibesar-besarkan. Jika tidak mau orang mendengar sanjungan mu senangnya jadi salah paham. Bisa saja dirinya bisa salah paham padahal kamu itu melakukannya demi kebaikan demi dapatkan pujaan semanta.Makanya perlu berhati-hati dalam memberikan penghargaan ke orang. Kalau kasusnya seperti ini alangkah baiknya untuk tidak melakukan pujian kepada seseorang dengan cara berlebihan.
  3. Bakal Buat Insecure
    Dampak buruk yang ini ternyata perlu kamu perhatikan ketika sedang memuji orang lain yang berlebihan. Bisa saja lama kelamaan kamu merasakan insecure dan mulai dengan bandingkan diri dengan orang lain. Kebiasaan suka melebihkan kebaikan orang, lama kelamaan bisa buat kamu rendah diri. Bahkan mau sekeras apapun kamu berusaha tetapi akan sulit untuk dapat menyamainya. Padahal sebenarnya masing-masing dari kalian yang punya kelebihan. Kalau kasusnya seperti ini alangkah baiknya untuk tidak melakukan pujian kepada seseorang dengan cara berlebihan.
  4. Orang Anggap Kamu Sedang Menjilat
    Dampak buruk yang ini ternyata perlu kamu perhatikan ketika sedang memuji orang lain yang berlebihan. Parahnya lagi jika anda yang menilai kamu dalam kebaikan dengan menjilat. Bukannya mengucapkan terima kasih sudah diberikan pujian eh malah menganggap kamu hanya sedang menjilat. Pikirnya yakni ada udang dibalik batu. Makanya kalau kamu menyayangi perlu tahu kondisi. Bukan sepenuhnya salah mereka juga. Jika ingin menyanjung makanya sewajarnya saja, sehingga tidak menimbulkan salah paham. Kalau kasusnya seperti ini alangkah baiknya untuk tidak melakukan pujian kepada seseorang dengan cara berlebihan.Kalau kasusnya seperti ini alangkah baiknya untuk tidak melakukan pujian kepada seseorang dengan cara berlebihan.
  5. Jadi Fokus Perhatikan Orang Bukan Kamu Sendiri
    Dampak buruk yang ini ternyata perlu kamu perhatikan ketika sedang memuji orang lain yang berlebihan. Bagi kamu berikan pujian adalah sebagai cara baik yang bisa menunjukan perhatian ke orang terdekat Sampai pada akhirnya kamu lu[a perhatikan dirimu sendiri. Daripada sibuk kagumi orang maka lebih baik coba cetak pencapakaia yang serupa. Jangan perna puas dengan hasil pertama kali  apalagi kamu kamu hanya jadi penonton saja. Kalau kasusnya seperti ini alangkah baiknya untuk tidak melakukan pujian kepada seseorang dengan cara berlebihan.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Resiko Ikut Campur Urusan Orang Lain, Ingat Aibmu!

Dailyxpressnews.com - Ibarat kata kalau kamu malah ikut campur urusan orang lain, seperti gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut di ujung sebrang...

Artis Cantik Hollywood Paling Tidak Suka Pakai Bra Saat Beraktivitas

Dailyxpressnews.com - Kemarin tanggal 13 oktober merupakan hari peringatan sehari tidak gunakan bra, dimana hal ini mengingatkan akan dampak negatif dan juga positif ketika...

Rekomendasi Fashion Pria Untuk Date, Pasti Bikin Doi Meleleh!

Dailyxpressnews.com - Ingin kencan bareng doi? Berikut ini rekomendasi fashion pria untuk date agar penampilanmu semakin terlihat kece. Dalam kencan pertama pastinya kamu ingin...