Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Tidak Hanya Berolahraga Saja

Dailyxpressnews.com – Jantung menjadi bagian dalam tubuh yang wajib dijaga dengan baik, oleh karena itu kamu harus mengetahui cara menjaga kesehatan jantung. Jantung sendiri menjadi orang vital yang bertugas memompa darah dalam tubuh, aktivitas ini bertujuan untuk menyuplai oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh sel tubuh, termasuk otak agar dapat menjalankan fungsi dengan optimal. Tidak hanya melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung, berikut ini beberapa cara yang wajib kamu lakukan demi menjaga kesehatan jantung agar kemungkinan terkena sakit jantung menurun.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Yang Wajib Kamu Lakukan

Cara-Menjaga-Kesehatan-Jantung

  1. Tidur Cukup
    Orang dewasa memerlukan tidur setidaknya 7 hingga 9 jam di malam hari, dengan tidur yang nyenyak memungkinkan tubuh untuk mengisi ulang energi dan melakukan perbaikan yang dapat mengoptimalkan kesehatan. Tidur juga dapat mengurangi stress, menurunkan tekanan darah, dan mampu menjaga berat badan tubuh kamu, sayangnya hanya sedikit orang yang mendapat tidur berkualitas sesuai anjuran, menurut keterangan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kekurangan tidur tidak hanya menyebabkan kelelahan dan sulit berkonsentrasi saja. Namun juga beresiko memicu perkembangan penyakit degenerative, seperti diabetes tipe 2 dan hipertensi, kalau kamu merasa kurang tidur, sebaiknya kini mulai hindari tidur larut malam yang menyebabkan kesehatan tubuh menurun.

  2. Rutin Bermeditasi
    Cara menjaga kesehatan jantung yang selanjutnya harus kamu lakukan yaitu rutin bermeditasi, melakukan meditasi 20 menit setiap harinya terbukti dapat mengoptimalkan kesehatan jantung. Meditasi ini dapat menurunkan resiko serangan jantung dengan menurunkan detak jantung dan tekanan darah, hal ini tentunya terjadi karena meditasi bisa menekan produksi hormon stress yang akan berdampak buruk pada kesehatan jantungmu. Kegiatan meditasi ini tidak hanya dapat dilakukan dengan duduk diam saja, beberapa aktibitas dengan gerakan lambat seperti yoda dan tai chi juga bisa kamu jadikan opsi alternative bagi kamu yang ingin bermeditasi sambil membakar kalori. Tidak hanya itu saha, beberapa olahraga seperti bersepeda, berenang dan berjalan juga merupakan salah satu bentuk dari meditasi, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaiknya.

  3. Banyak Tertawa
    Siapa sangka kalau banyak tertawa ternyata bisa menyehatkan jantung, mungkin hal ini terliuhat aneh naun dengan tertawa membawa keuntungan bagi jantung. Faktanya senyum dan tertawa dapat memperbaiki fungsi arteri dan melancarkan perederan darah, tekanan daran dan hormon pun berpotensi menurun, hal ini disampaikan langsung oleh sebuah studi. Walaupun mekanismenya masih belum diketahui secara pasti, paara penliti menduga kalau tertawa dapat memproduksi hormon endorphin yang memiliki fungsi berlawanan dengan hormon stress, hormon ini yang dapat memicu pelepasan nitrit oksida yang berfungsi merelaksasi pembuluh darah, jadi jangan bosan tertawa ya!

  4. Berjalan-Jalan Di Luar
    Cara menjaga kesehatan jantung yang selanjutnya harus kamu lakukan yaitu rutin bejalan-jalan di luar, siapa sangka kalau dengan berjalan-jalan tidak hanya menyenangkan hati tapi juga mampu menyehatkan jantung. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa berjalan kaki di kawasan rumah setidaknya 15 menit setiap hati, berjalan kaki di bawah sinar matahari sangat disarankan untuk memproduksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D sendiri diketahui memiliki banyak peranan penting di dalam tubuh, salah satunya mencegah serangan jantung , tidak hanya itu saja sinar matahari juga dapat berfungsi menstimulasi produksi hormon endorfin di dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hormon ini juga berdungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah akan menurun.

  5. Mendengar Musik Favorit
    Ternyata mendengarkan musik favorit juga dapat menyehatkan jantung kamu, musik menjadi sesuatu yang tidak bisa terlepas dari kehidupan banyak orang, karena mendengarkan musik dapat meningkatkan mood kamu secara signifikan. Musik ternyata dapat berdampk baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan jantung, hal ini di sebutkan langsung dalam sebuah studi. Studi tersebut menemukan kalau perawat yang mendengaarkan musik selama 30 menit setiap hari memiliki tingkat stress yang rendah, tidak hanya itu, detak janung dan kadar hormon kortisol dalam darah juga bisa lebih rendah dibandingkan dengan rekan sejawat yang lainnya. Stress memang menjadi musuh bagi banyak penyakit, salah satunya penyakit jantung, oleh karena itu pengelolaan stress yang baik sangat diperlukan.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tanaman Hias Termahal Di Indonesia, Ada Yang Seharga Rumah

dailyxpressnews.com - Ada banyak tanaman hias termahal di Indonesia yang bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hobi mengoleksi tanaman hias semakin meningkat selama pandemi...

Makanan Legendaris Di Suryakencana, Jangan Sampai Dilewatkan

Dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Bogor? Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan legendaris di Suryakencana yang tidak boleh kamu lewatkan. Bagi penikmat kuliner, terutama...

Tips Masak Nasi Campur Ayam Bali, Wajib Coba Di Rumah

Dailyxpressnews.com -Bicara tentang masakan Indonesia memang tidak ada habisnya, seperti yang sudah diketahui banyak orang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuliner paling beragam,...