Cara Kepribadian Introvert Beradaptasi Di Tempat Kerjanya

dailyxpressnews.com – Selain kamu dapat mempunyai karir dan juga kemampuan yang memang memenuhi stkamur di bidang pekerjaan yang saat ini sedang kamu jalankan. Kamu juga perlu untuk memikirkan salah satu tips karir yang perlu untuk dimiliki oleh setiap orang yang bekerja yakni menjalin relasi secara baik. menjalankan relasi di dunia kerja ini tentunya akan mempunyai berbagai macam keuntungan, seperti membuat pekerjaan lebih mudah dan juga lancar, hingga dapat membuat kamu akan terbebas dari masalah yang ada di tempat kerjamu. Akan tetapi untuk yang mempunyai kepribadian introvert akan ada tantangannya tersendiri untukmu.

Introvert adalah salah satu istilah dari psikologis yang akan diberikan untuk orang yang mempunyai kepribadian suka menyendiri. Tidak heran kalau banyak sekali tigma yang akan menyatakan bahwasanya sosok yang introvert adalah sosok yang pendiam. Walaupun seperti itu, orang yang mempunyai sikap introvert ini bukanlah bagian dari sosok yang kesepian dan juga patut untuk dikasihani. Akan tetapi sebaliknya, introvert juga mempunyai banyak keunggulan yang ada di dalam diri mereka yang akan membuatnya menjadi berbeda di antara orang lainnya.

Tips Menjalankan Karir Untuk kepribadian Introvert

Mungkin kalian mau tahu kan apa yang akan dilakukan sosok yang mempunyai pribadi introvert untuk dapat mengambil karir terbaiknya di dunia kerja? Terlalu jarang berekspresi mungkin itulah yang membuat orang dengan Kepribadian introvert ini sangat sulit juga untuk di tebak oleh orang lain. Hal ini juga dapat membuat mereka akan tampak menjadi misterius dan juga tidak jarang bawasanyta banyak orang yang menang penasaran dengan dirinya. Maka sebab itulah dari keistimewaannya ini, banyak juga yang sedan untuk mendekatinya orang introvert karena tidak dapat mengontrol diri mereka untuk berkata apa.

Meskipun dikenal sebagai pendiam, faktanya juga orang yang mempunyai pribadi yang introvert cenderung memikirkan banyak sekali hal yang berkaitan dengan mereka. Mereka juga akan berpikir keras untuk dapat mencari solusi Kalau memang sedang dihadapkan dengan suatu permasalahan. Akan tetapi dari keistimewaannya ini bagaimana ya, cara mereka para introvert dapat melakukan pencapaian karir yang terbaik dengan menggunakan cara yang mudah untuk dapat dilakukan. Berikut kami rangkum ulasannya untuk anda yang mempunyai sifat introvert dan ingin berkarir di dunia kerja.

  1. Pilih jenis pekerjaan yang tepat
    Sebelum menentukan jenis pekerjaan yang akan kamu ambil, cobalah untuk mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan yang kamu dimiliki. Setelah itu, selaraskan dengan uraian tugas dan tanggung jawab pekerjaan kamu. “Kalau tidak sama, mungkin kamu dapat berbicara dengan atasan kamu untuk menyesuaikan peran yang lebih cocok dengan kamu,” tutur Vicki Salemi, pakar karier asal Amerika Serikat saat diwawancarai Huffpost. Lebih lanjut, Salemi juga mengidentifikasi beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian yang introvert, seperti bidang akuntansi, hingga penulis.
  2. Membangun relasi secara perlahan
    Seperti yang telah kami bahas pada point yang sebelumnya, membangun relasi di dunia kerja memang akan lebih menguntungkan. Untuk kalian yang menjadi bagian dari kaum introvert, cobalah untuk membangun relasi secara perlahan dan tidak terburu-buru. Mulailah berteman dengan 1-2 orang di dalam tim kamu, lalu mintalah untuk dikenalkan ke teman-teman di tim lain. Ulangilah tahapan ini hingga akhirnya kamu memiliki jaringan relasi yang kuat dan juga luas. “maupun Kalau hal itu terasa sulit, kamu dapat membangun hubungan antar individu, daripada dalam sebuah kelompok,” lanjut Salemi 
  3. Memanfaatkan komunikasi online
    Kalau kamu canggung untuk berkomunikasi secara langsung, kamu dapat mengoptimalkan pemakaian metode komunikasi online; seperti email maupun grup WhatsApp. Pemakaian komunikasi online ini dapat kamu manfaatkan untuk berdiskusi dengan rekan kerja. Akan tetapi, metode komunikasi yang dipilih harus disesuaikan dengan lawan bicara kamu ya, Ladies!
  4. Tonjolkan kekuatan kamu saat rapat
    Banyak introvert lebih nyaman berkomunikasi dalam bentuk tulisan daripada lisan. Akan tetapi, Kalau kamu berada di ruangan meeting yang penuh dengan ekstrovert, mungkin hal ini dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. “kamu mungkin merasa dirugikan, padahal sebenarnya tidak. kamu dapat memainkan kekuatan kamu salah satunya dengan mendengarkan,” lanjut Salemi. Salemi menuturkan bahwasanya, introvert cenderung menjadi pendengar yang baik serta juga menjadi anak yang pintar dalam memecahkan berbagai masalah di dalam kepala. Dengan kelebihan itu, introvert dapat diandalkan dalam mencari sebuah solusi dan menjabarkan ide-ide yang mungkin tak pernah dipikirkan oleh pekerja lain.
  5. Keluarlah dari zona nyaman
    Orang introvert cenderung menghindari keramaian, sehingga ia selalu menghindari berbicara di depan umum. Akan tetapi dalam dunia kerja, ini dapat merugikan. “Kalau kamu ingin maju dalam dunia karir, kamu harus berani tampil di depan banyak orang, berani berbicara dengan atasan, dan juga pintar dalam berbicara. Akan tetapi, Kalau hal ini terdengar menakutkan maupun membuat kamu tidak percaya diri, cobalah untuk melakukan berbagai persiapan maupun latihan,” tutup Salemi.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Resiko Ikut Campur Urusan Orang Lain, Ingat Aibmu!

Dailyxpressnews.com - Ibarat kata kalau kamu malah ikut campur urusan orang lain, seperti gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut di ujung sebrang...

Artis Cantik Hollywood Paling Tidak Suka Pakai Bra Saat Beraktivitas

Dailyxpressnews.com - Kemarin tanggal 13 oktober merupakan hari peringatan sehari tidak gunakan bra, dimana hal ini mengingatkan akan dampak negatif dan juga positif ketika...

Rekomendasi Fashion Pria Untuk Date, Pasti Bikin Doi Meleleh!

Dailyxpressnews.com - Ingin kencan bareng doi? Berikut ini rekomendasi fashion pria untuk date agar penampilanmu semakin terlihat kece. Dalam kencan pertama pastinya kamu ingin...