Cara Bersahabat dengan Emosi Negatif, Damai untuk Diri Sendiri!

Dailyxpressnews.com – Pernah nggak sih kamu mengalami emosi hingga menimbulkan dampak negatif yang cukup berat? Kamu harus paham kalau segala sesuatunya itu jika negatif tidak selamanya memiliki dampak yang buruk. Hal itu mungkin saja ketika kita melihatnya dari kacamata lain dan kacamata itu mampu membuat kamu mengenal emosi negatif sebagai musuh yang harus dihindari menjadi sahabat. Bersahabat dengan emosi negatif rupanya mudah untuk diterapkan.

Maka dari itu kamu perlu mengetahui cara-caranya dikarenakan emosi negatif tidak selalu memiliki dampak buruk. Caranya itu cukup menerima adanya emosi negatif jangan berusaha kontrol emosi negatif dan menikmati timbulnya emosi negatif. Masih banyak Cara lainnya yang perlu kamu terapkan sehingga bisa belajar untuk tidak menolaknya. Langsung saja kalau gitu ketahui sederet cara mudahnya untuk kamu terapkan seperti berikut.

Berbagai Cara untuk Bersahabat dengan Emosi Negatif

Bersahabat-dengan-Emosi-Negatif

     1. Menerima Adanya Emosi Negatif

Bersahabat dengan emosi negatif bisa kamu terapkan dengan cara menerima adanya emosi negatif. Bayangkan, kalau kamu memberikan maaf pada orang lain, tapi sebetulnya belum bisa menerima kesalahan yang sudah dilakukannya.

Maka dari itu, supaya tidak sia-sia langkah pertama yang paling sederhana yaitu berdamai untuk emosi yang negatif dan harus menerimanya. Hal itu karena Bagaimana mungkin kamu bisa bersahabat dengannya Jika kamu tidak mampu menerima kehadirannya. Jadi seberat apapun emosi negatif yang bermunculan, belajarlah untuk tidak menolak.

     2. Jangan Berusaha Kontrol Emosi Negatif

Selanjutnya yaitu jangan berusaha kontrol emosi negatif karena tidak selamanya berdampak buruk. Baik dampak buruk terhadap kesehatan fisik, maupun mental yang berkepanjangan, kemampuan mengontrol emosi negatif didasarkan pada keinginan untuk sesegera mungkin mengakhirinya.

Padahal emosi negatif yang muncul merupakan sebuah Respon yang terjadi secara otomatis. Bagaimana mungkin kalau kamu untuk hal yang otomatis? Rasanya memang tidak mungkin dan yang ada saat kamu berusaha mengontrol emosi negatif hasilnya kontradiktif. Jadi mulai sekarang lebih baik tidak perlu berusaha payah untuk mengontrol emosi negatif yang muncul!

     3. Nikmati Timbulnya Emosi Negatif

Kemudian nikmati timbulnya emosi negatif karena kehidupan dari semua manusia pastinya tidak ada yang selalu bahagia. Di mana jika hari ini sedang mendapatkan nikmat esok hari kamu harus siap-siap bisa mengelola masalah hidup yang hadir.

Begitu juga dengan sebuah emosi negatif, Dimana merupakan bagian dari hidup yang tidak bisa terpisahkan. Kau sudah seperti itu Kamu bisa apa? Tidak bisa apa-apa tentunya! Saat kamu menolak emosi negatif yang hadir otomatis juga dirinya tidak akan pergi begitu saja, lebih baik menikmati prosesnya saja.

Kalau emosi sedang naik tidak masalah untuk malam-malam atau kalau emosimu sedang terluka tidak masalah juga untuk menangis dan jangan ragu berteriak kencang-kencang. Menikmati timun emosi negatif bisa membuat kamu kontradiktif karena sifatnya otomatis dan sementara.

     4. Memanfaatkan Adanya Emosi Negatif

Ada juga cara untuk bersahabat dengan sebuah emosi negatif yaitu memanfaatkannya. Selain menikmati proses emosi negatif yang tidak mudah, kamu juga bisa menjadikan manfaat dari emosi tersebut.

Bagaimana mudah bukan untuk menerapkan dari poin yang bisa memanfaatkan emosi negatif? Memanfaatkan ini ternyata bisa membuat sebuah kegiatan produktif yang sangat menghasilkan. Kalau emosi negatif bisa kamu manfaatkan sudah pasti, kamu bersahabat dengan emosi negatif saat ini.

     5. Emosi Negatif Akan Hilang Saat Masanya Telah Habis

Emosi negatif akan hilang saat masanya telah habis sebagai cara berdamai dengan emosi negatif yaitu harus tahu rulesnya. Setiap Segala sesuatu akan ada masa habisnya seperti halnya manusia yang akan meninggal dunia saat takdir usianya sudah usai.

Begitu juga dengan adanya emosi negatif yang telah diterima tidak memaksa untuk dikontrol, dinikmati dan menjadi manfaat yang produktif. Makanya, layaknya permasalahan hidup yang akan berganti dengan kenikmatan hidup, emosi negatif bisa berganti dengan sebuah perasaan yang rileks.

Percayalah saat itu kamu berhasil berdamai dan menjadi sahabat dari sebuah emosi yang negatif. Bukankah seorang sahabat tidak akan menyakiti sahabatnya sendiri? Itulah yang berlaku untuk kamu ingin bersahabat dengan emosi negatif!

Similar Articles

Comments

Most Popular

Cara Mudah & Efektif untuk Selesaikan Konflik dengan Tim Kerja

Dailyxpressnews.com - Didalam dunia pekerjaan, ternyata salah paham pasti akan timbul dan hal ini merupakan masalah yang kerap kali terjadi. Perbedaan pendapat terkadang menyebabkan...

Tips Memiliki Prasangka Baik Sama Orang Lain, Cobalah Empati!

Dailyxpressnews.com - Kamu yang ingin sekali memiliki hubungan baik dengan banyak orang, tentu saja perlu memiliki prasangka baik ke orang lain dulu. Jangan buang...

Agar Hasil Optimal, Ini Dia Cara Benar Menggunakan Masker Spirulina!

Dailyxpressnews.com - Adakah dari anda yang gemar menggunakan masker untuk menghasilkan wajah yang cerah dan terawat? Jika ya, pastinya sudah tidak asing lagi apabila...